5 Anime yang Lebih Sukses dari Manganya. Adakah Anime Favoritmu?

Meski sulit, namun tak sedikit anime yang lebih sukses dari manganya. Contohnya seperti deretan judul anime berikut ini.

Sudah sewajarnya jika versi manga kebanyakan memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan adaptasi anime. Banyak faktor yang memengaruhi, termasuk salah satunya biaya yang cukup mahal untuk mengadaptasi manga ke dalam bentuk anime.

Tak aneh ketika banyak anime berusaha menghemat biaya dengan cara mengambil plot sedikit berbeda lalu memotong beberapa bagian cerita. Atau juga membuang karakter-karakter yang tak terlalu penting.

Baca Juga

Namun tak sepenuhnya manga selalu lebih bagus dari adaptasi animenya. Beberapa judul ini membuktikan jika versi anime bisa lebih sukses dari manga. Anime mana sajakah itu?

1

Gintama

anime yang lebih sukses dari manganya

Jika harus memilih untuk membaca manga atau menonton animenya, kebanyakan dari kita mungkin akan memilih nonton animenya. Ini bukan berarti manga Gintama buruk, tapi kamu akan merasakan bagaimana unsur-unsur kelucuan yang hadir di setiap karakter terasa lebih hidup dan kena jika ditampilkan dalam versi anime.

Tak aneh juga situs myanimelist memberikan rating di atas 9 kepada seri-seri dari anime Gintama.

2

Initial D

anime yang lebih sukses dari manganya


Initial D menceritakan kehidupan pemuda bernama Takumi dalam dunia balapan ilegal di Jepang. Kemampuan drift yang dimiliki Takumi membuat ia ahli balapan mobil di pegunungan berkelok-kelok.

Terdiri dari 26 episode, anime balapan Initial D dirilis pertama kali tahun 1998 dan merupakan salah satu anime balap tersukses sampai saat ini. Initial D diangkat dari manga karya Shuichi Shigeno yang telah terbit sebanyak 48 jilid sejak 1995 hingga 2013.

Initial D bisa dibilang sebagai anime yang lebih sukses dari manganya. Tentu hal tersebut tak terlepas dari ketegangan adu balap yang tidak mampu digambarkan secara maksimal lewat manga.

3

Kuroko no Basuke

anime yang lebih sukses dari manganya

Seperti kebanyakan genre olahraga lainnya, kita lebih bisa menikmati pertandingan-pertandingan olahraga seru dalam versi anime ketimbang manganya. Kuroko no Basuke adalah salah satu bukti nyata yang membenarkan teori tersebut.

Anime yang lebih sukses dari manganya ini mampu memberikan dimensi lain bagi penonton saat melihat aksi-aksi seru Kuroko Tetsuya di atas lapangan.

4

K-On

anime yang lebih sukses dari manganya

Tidak ada yang berharap banyak dari adaptasi yonkoma (4-panel) manga. Karena setiap strip hanya terdiri dari 4 panel, mereka bergantung pada humor cepat dan surealis. Sementara Azumanga Daioh adalah adaptasi yonkoma pertama yang sukses, K-On! Adalah hit komersial pertama. Sebelum animenya tayang, K-On! tidak begitu populer.

Tapi, apa yang dilakukan Kyoto Animation sangat ajaib. Mereka mengambil humor berdasarkan musik dan meningkatkan pengembangan karakter. Fan menyukainya. Volume pertama blu-ray-nya terjual 33.000 kopi dalam minggu pertama. Tak heran K-on! disebut anime yang lebih sukses dari manganya.

5

Lupin III

anime yang lebih sukses dari manganya

Bukan hal aneh jika banyak penggemar animanga tak mengetahui serial Lupin III adalah adaptasi dari manga. Pasalnya, seri terakhir manganya sendiri dirilis tahun 1981 lalu.

Ternyata Manga One Piece Adalah Manga yang Paling Banyak Ditinggalkan oleh Fans!

Ternyata manga One Piece menjadi manga paling banyak ditinggalkan fan karena ceritanya yang sangat panjang. Apakah kamu salah satunya?
Baca Juga

Meski harus mengalami masa-masa sulit, Lupin III akhirnya menemukan penonton selama penayangan ulang, dan menjadi sangat populer. 4 TV series, 8 film, dan 5 OVA menjadi bukti kepopuleran sang pencuri ulung ini.

Mana nih yang jadi favoritmu?

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari