Bagaimana Sih Langkah-langkah Menerbitkan Game di Steam?

Bagaimana sih langkah-langkah dalam menerbitkan game di Steam? Hendrianto Kusuma dari Anoman Studio pun menceritakan pengalaman dan ilmunya dalam Campus Checkpoint dari Duniaku.net.

Hampir seluruh pengembang game ataupun yang sedang belajar mengembangkan game ingin game buatannya atau buatan timnya diterbitkan di salah satu portal game terbesar di dunia – Steam. Steam seakan menjadi jaminan “laku” atau “bagus” apabila ada game yang berhasil diterbitkan di portal tersebut – belum lagi karena game tersebut bisa disebarkan secara luas ke seluruh penjuru dunia!

Baca Juga

Tema “PC Game Publishing in Steam” pun menjadi topik yang dibawa Hendiranto Kusuma atau yang biasa dipanggil Hendrik ini dalam Campus Checkpoint di Universitas Paramadina, Jakarta pada tanggal 11 April 2017 kemarin. Hendrik membagikan ilmu dan pengalamannya bersama Anoman Studio di hadapan puluhan mahasiswa jurusan IT yang memiliki peminatan dalam pembuatan game.

Hendrik bersama Anoman Studio sendiri memang sudah mengembangkan beberapa game hasil karya mereka sendiri – dengan salah satu game yang berhasil diterbitkan melalui Steam. Game tersebut bernama Orbiz, sebuah permainan untuk perangkat komputer yang mengambil tema penyelamatan diri dari serangan zombi-zombi di dunia.

Sebagai salah satu pengembang game indie di Indonesia, Hendrik bersama Anoman Studio memang menginginkan produknya dapat dirilis melalui portal Steam – yang bisa memberikan jaminan mutu dari game tersebut ditambah dengan benefit lainnya. Berbagai macam tantangan dan rintangan pun dia ceritakan kepada para mahasiswa selama perjalanannya menerbitkan produk mereka ke Steam.

Hendrik memulainya dengan berbagai macam portal game yang ada di dunia ditambah dengan deskripsi singkat dari para portal tersebut. Setelah membeberkan portal-portal tersebut, penjelasan pun berlanjut ke hanya Steam saja – mengapa dia begitu dikenal dan mengapa Steam sangat “seksi” untuk dijadikan sebagai portal utama dalam menerbitkan game.

Steam sendiri tidak serta merta memasukkan game buatan orang untuk langsung diterbitkan – game tersebut harus lolos “uji tahan banting” melalui Steam Greenlight. Steam Greenlight adalah semacam kampanye di dalam Steam dimana para developer game melakukan kampanye mengenai game mereka (atau pengembangannya ke depan), dimana komunitas akan memberikan voting layak atau tidak game tersebut masuk Steam kedepannya.

Anoman Studio sudah melalu tahapan tersebut ketika mengembangkan Orbiz. Setelah sebelumnya membayar registrasi untuk Steam Greenlight sebesar $99 atau Rp1,3 juta, mereka segera memulai kampanye mengenai Orbiz – tentunya melengkapkan judul game, gambar yang menjadi tampilan utama permainan, deskripsi game, kategori game tersebut, serta kepemeilikan hak cipta game tersebut.

Apa Modal yang Harus Disiapkan untuk Meniti Karir di Industri Kreatif?

Riris Marpaung dan Dodick Sudirman dari Gamechanger Studio menjawab pertanyaan tersebut di sini!
Baca Juga

Selama melengkapkan data-data tersebut, Hendrik memberikan tips yang bisa membantu komunitas menilai baik game buatan kita. Yang pertama, dalam tampilan harus diberikan video trailer yang bagus dan memuat cara bermain dalam game. “Selain itu, tulis deskripsi game dengan bahasa Inggris yang baik dan bagus. Orbiz pernah dapat kampanye negatif hanya karena deskripsi dengan Bahasa Inggris yang dinilai buruk oleh beberapa pihak” Ujar Hendrik mengenang pengalamannya sambil terkekeh.

Mau tahu kelanjutan dari cerita Hendrik dan Anoman Studio? Yuk langsung lanjut ke halaman kedua!

1
2

SHARE
Previous articleGuide Johnson Mobile Legends: Tabrak Musuhmu Hingga Tak Berdaya!
Next articleIni Apple atau Xiaomi? iPad Murah Kualitas Tinggi Diluncurkan Apple!
e-Sports Enthusiast, Game Connoisseurs. Penikmat berbagai macam genre game, terutama yang berupa RPG – online maupun offline. Keranjingan juga dengan beberapa arcade game bertipe Ryhthm Game, juga pemain-yang-lebih-cocok-jadi-pelatih/manager di berbagai game dengan genre MOBA dan RTS. Bisa menguras emosi bagi setiap lawan (dan kawan) dalam berbagai macam Boardgames.