Inilah Alasan Mengapa Shadow Shaman Dapat Mengantarmu Menuju Kemenangan

Sumber: Dota Geeks

Rhasta sang Shadow Shaman adalah hero yang cukup unik. Dia dapat menyesuaikan diri dalam berbagai situasi, memberikan disable yang efektif, nuke damage yang berbahaya, dan potensi pushing di atas rata-rata. Namun, anehnya dia menjadi salah satu hero yang diabaikan baik oleh para pemain profesional maupun publik. Apakah ini berarti dia tidak pantas berada dalam meta yang sekarang?

Core Shadow Shaman, Baik atau Buruk?


Sumber: Cyber Frags

Baca Juga

Secara singkat jawabannya adalah tidak. Patch 7.03 telah memberikan Shadow Shaman sebuah perubahan besar yang sepertinya dilewatkan oleh banyak orang. Walaupun attack range yang dia miliki berkurang dari 500 menjadi 400, base damage dari Rhasta telah meningkat dari 26 – 33 menjadi 45 – 51. Jika perubahan tersebut ditambahkan dengan perubahan base armor dan pemilihan talent yang tepat, tidak heran jika win rate dari hero yang satu ini meningkat drastis dalam pertandingan publik.

Guide Earth Spirit ala Profesional Ini Bisa Bikin Kamu Rampage

Kesulitan menguasai Earth Spirit? Ingin terlihat seperti profesional menggunakan hero ini? Yuk, kita pelajari langsung dari para profesional!
Baca Juga

Pada saat ini Shadow Shaman adalah hero ketiga dengan damage tertinggi pada awal permainan. Satu-satunya Hero yang dapat mengalahkan dirinya adalah Trent Protector, sementara Tiny tidak memiliki perbedaan damage yang signifikan jika dibandingkan dengan Shadow Shaman. Namun, dalam hal ini Bane juga harus mendapatkan honorable mention karena dia adalah hero range kedua dengan damage tertinggi.

Buff yang dia dapat telah membuat Shadow Shaman berada dalam posisi yang cukup unik: walaupun dia tetap dapat terbunuh dengan mudah, dia masih bisa bersaing dengan hero offlane lawan atau bahkan mengalahkannya berkat bantuan consumable dan status awal yang lebih tinggi. Ditambah lagi, memiliki Ether Shock yang dapat menghasilkan damage sebesar 140 pada level 1 juga membuatnya sangat ditakuti.

Sumber: Dota Geeks

Berkat damage yang dia miliki, Shadow Shaman telah memiliki kemampuan sebagai seorang roamer. Seringkali seorang support menggunakan Smoke of Deceit dan Shackles untuk melakukan gank, namun, sekarang auto-attack juga dapat digunakan apabila dirinya tidak memiliki mana. Pada awal permainan mana adalah suatu hal yang harus dimaksimalkan, sehingga Shackles yang memiliki mana cost sebanyak 140 terkadang bukanlah hal yang bisa diandalkan dalam sebuah gank.

Wajib Baca! Guide Slardar Dota 2 Ini Dijamin Bikin Kamu Makin GG

Slardar telah terlahir kembali dalam patch 7.00. Namun, bagaimana cara menggunakannya dengan benar dalam patch terbaru ini?
Baca Juga

Walaupun tidak menjadi hero yang terlalu IMBA (imbalanced) atau OP (overpowered), untuk pertama kalinya Shadow Shaman dapat menjadi pilihan yang terbaik bagi para pemain support. Menurut data yang di dapat dari Dotabuff, sepanjang patch 7.03 hingga sekarang win rate yang dia miliki dalam permainan publik telah meningkat drastis dari 50.54% menjadi 53.60% sementara pick rate-nya juga bertambah dari 5.38% menjadi 7.46%. Walaupun angka tersebut masih berada di bawah rata-rata, kelihatannya bisa dipastikan kamu akan sering melihat kehadiran hero ini dalam pertandingan publik.

Meta yang ada pada saat ini lebih berfokus terhadap siapa yang lebih bisa menguasai lane mereka. Hal ini membuat kedua tim harus berusaha mengakhiri permainan dengan cepat sebelum kehabisan tempat untuk bergerak. Untungnya, dalam situasi seperti ini Shadow Shaman adalah salah satu hero yang bisa melakukan hal tersebut dengan mudah.

Hero Support Dengan Potensi Push Terbaik (Untuk Saat Ini)!


Ada dua fungsi utama yang dimiliki oleh hero ini setelah fase laning telah berakhir. Dia dapat melakukan push berkat sebuah skill yang dapat menyapu bersih sekelompok creep dalam sekejap dan membantu team fight dengan dua buah disable yang efektif untuk mengunci pergerakan seorang carry. Ditambah lagi, jika kamu telah memiliki hero lainnya dengan potensi push yang cukup tinggi, Shadow Shaman dapat melakukan split-push untuk mengakhiri permainan lebih cepat. Potensi push-nya yang sangat besar adalah satu-satunya hal yang membuat dirinya lebih unggul daripada hero support dan disable lainnya seperti Lion, Bane dan bahkan Rubbick.

Sumber: Dota Fire

Jika kita melihat permainan MMR 5k++ hingga profesional, pasti setidaknya ada satu hero yang dapat membantu melakukan push baik dengan bantuan aura ataupun skill yang dia miliki. Inilah alasan mengapa Lone Druid, Troll Warlord, Shadow Fiend dan beberapa hero lainnya menjadi bagian dari meta. Tidak hanya mereka adalah seorang carry yang kuat secara individual, mereka juga memiliki kemampuan untuk memanfaatkan team fight demi map control yang lebih dominan.

Sayangnya, hal tersebut telah membuat Shadow Shaman terlihat lebih lemah jika dibandingkan dengan hero lainnya. Potensi push yang dia miliki menjadi tidak berguna dan tergantikan oleh skill lainnya yang jauh lebih berguna ditengah team fight. Dalam kondisi seperti sekarang, Shadow Shaman seringkali berada dalam situasi yang sangat unik dimana kamu ingin membantu teman satu tim, tapi juga ingin menggunakan ultimate yang kamu miliki secara efektif.

Jika kamu menggunakan Mass Serpent Ward untuk mengunci gerakan seorang carry, maka kamu telah kehilangan sebuah skill yang sangat berguna, dan terkadang hal ini sangat menentukan kemenanganmu.

Ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana memaksimalkan kemampuan Shadow Shaman? Lanjut ke halaman berikutnya!

1
2

SHARE
Previous articleSelain Naruto, Ini 5 Anime yang Harus Ditonton Jokowi di Kala Senggang
Next articlePenuh Tipu Daya dan Korupsi, Berikut Ini 5 Pemerintahan Terburuk yang Ada di Anime
Penikmat musik rock dan band-band di era 90 an. Memiliki hobi bermain game Action hingga RPG, menonton series, movie, anime, dan seorang Game Theorist. Salah satu fans berat DC dan marvel.