Misteri The Last Jedi Mulai Terungkap. Benarkah Luke adalah Jedi Terakhir?

Jika Luke Jedi terakhir, lantas Rey akan dilatih sebagai apa? Benarkah Rey bakal dilatih agar bisa lebih kuat dari Jedi maupun Sith manapun?

Misteri The Last Jedi Mulai Terungkap. Benarkah Luke adalah Jedi Terakhir?

Misteri The Last Jedi Mulai Terungkap. Benarkah Luke adalah Jedi Terakhir?

Sutradara Star Wars The Last Jedi akhirnya angkat bicara mengenai siapa Jedi terakhir yang dimaksud dalam judul. Benarkah Luke?

Saat pertama kali mendengar judul dari Star Wars The Last Jedi, banyak penggemar Star Wars yang bertanya-tanya sekaligus berspekulasi. Apakah Jedi yang dimaksud dalam judul ini entitas individu atau jamak? Benarkah Luke-lah yang dimaksud sebagai "The Last Jedi" seperti yang terungkap dalam opening crawl The Force Awakens? Jika benar Luke adalah "The Last Jedi," apakah film ini akan menandai akhir "karirnya" di dunia Star Wars?

[duniaku_baca_juga]

Tidak perlu menunggu berlama-lama sampai filmnya tayang, karena penjelasan ini akhirnya keluar dari mulut sang sutradara The Last Jedi sendiri, Rian Johnson. Dalam sebuah wawancara dengan Good Morning America, Johnson mengungkapkan sebuah pernyataan menarik, bahwasanya dia terkejut saat banyak penggemar melakukan analisa mengenai judul The Last Jedi yang dipilihnya!

https://twitter.com/GMA/status/853004555423973376

Dalam pemikirannya, Jedi terakhir yang dimaksud dalam judul yang dipilihnya adalah sosok individu, bukan jamak seperti yang diprediksi oleh segelintir penggemar. Dan Johnson pun mengiterasi apa yang disebutkan dalam opening crawl The Force Awakens, bahwa "The Last Jedi" yang dimaksud adalah Luke Skywalker!

"Sudah terungkap dalam The Force Awakens bahwa Luke harus pergi mencari kuil Jedi terakhir dan Luke adalah Jedi terakhir," ungkap Johnson dalam wawancara tersebut.

Misteri The Last Jedi Mulai Terungkap. Benarkah Luke adalah Jedi Terakhir?

Sebenarnya bukan hal yang terlalu mengejutkan jika Jedi terakhir yang dimaksud adalah Luke. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, jika Luke adalah Jedi yang terakhir, lantas mengapa dalam trailer Luke terlihat melatih Rey dengan sangat intens?

Misteri The Last Jedi Mulai Terungkap. Benarkah Luke adalah Jedi Terakhir?

Jawabannya sendiri sebenarnya sedikit disebutkan dalam salah satu bagian dari trailer, yaitu saat Rey mengucapkan "light", "darkness", dan "balance". Setelah itu, terdengar suara Luke yang menyebutkan bahwa "lebih besar dari pada itu." Hal ini sedikit mengindikasikan bahwa yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan kekuatan Force di alam bukanlah teori Jedi yang harus melawan Sith karena masing-masing memiliki kelebihan. Melainkan satu entitas yang diharapkan bisa menguasai dan mengendalikan dua sisi tersebut dengan baik.

Misteri The Last Jedi Mulai Terungkap. Benarkah Luke adalah Jedi Terakhir?

Apakah itu? Mungkin jawaban pastinya akan kita temukan dalam filmnya nanti. Namun bisa jadi kekuatan inilah yang dicari Luke di kuil Jedi terakhir. Sebuah kekuatan yang bisa menyeimbangkan Force, tanpa harus terikat di salah satu sisi dan memiliki kelebihan masing-masing sisi. Dan kekuatan inilah yang (mungkin) digambarkan dalam poster perdana The Last Jedi, Rey yang memegang lightsaber berwarna biru dan berubah menjadi merah di atasnya dan berada di tengah-tengah Luke (light side) dan Kylo Ren (dark side).

[duniaku_adsense]

Jika Rey akhirnya dilatih menjadi sosok yang lebih kuat dari Jedi ataupun Sith, maka semakin jelas bahwa Luke adalah Jedi terakhir. Apalagi dalam trailer terdapat suara (mungkin Luke?) yang menyebutkan bahwa sudah saatnya Jedi berakhir. Sudah saatnya perseteruan antara Jedi dan Sith dihentikan setelah berlangsung sekian lama.

Misteri The Last Jedi Mulai Terungkap. Benarkah Luke adalah Jedi Terakhir? Bendu saat berkomunikasi dengan Kanan di Star Wars Rebels[/caption]

Di universe Star Wars sendiri (yang kanon), sebenarnya sudah ada satu entitas yang berada di "tengah-tengah" light dan dark. Jika kamu mengikuti serial animasi Star Wars Rebels, maka kamu sudah tidak asing dengan Bendu, sosok raksasa yang terlihat menjadi mentor dari Kanan maupun Ezra. Bendu sendiri merupakan sosok yang Force sensitive, namun dia menolak untuk memilih apakah dia berada di sisi light atau dark.

"Jedi and Sith wield the Ashla and Bogan. The light and the dark. I'm the one in the middle. The Bendu," Bendu dalam Star Wars Rebels.

Misteri The Last Jedi Mulai Terungkap. Benarkah Luke adalah Jedi Terakhir? Bendu di trailer The Last Jedi?[/caption]

Nah, apakah Rey akan dilatih sehingga akan menjadi seperti Bendu? Benarkah Bendu akan muncul lagi dalam The Last Jedi? Yang menarik jika kamu perhatikan salah satu screenshot potongan trailer The Last Jedi, tampak ada deretan buku (termasuk Journal of Whills) di atas sebuah rak yang mirip dengan tanduk Bendu.

Atau mungkin juga Rey akan dilatih sehingga menjadi Guardian of Whills, sosok yang terikat dengan Force namun juga tidak memilih salah satu kubu. Yah, mirip-mirip dengan Chirrut Imwe yang kita temui dalam Rogue One kemarin.

[read_more id="306276"]

Tentu saja semua teori ini hanya spekulasi, dan jawaban pastinya bisa kamu temukan dalam filmnya yang siap ditayangkan pada 15 Desember 2017 nanti. Bagaimana menurutmu sendiri, apakah Rey akan menjadi sosok yang lebih kuat dari Jedi ataupun Sith manapun dengan menguasai kekuatan keduanya?

Sumber: GMA/Star Wars Wiki

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU