Misteri The Last Jedi Mulai Terungkap. Benarkah Luke adalah Jedi Terakhir?

jedi terakhir the last jedi luke skywalker

Sutradara Star Wars The Last Jedi akhirnya angkat bicara mengenai siapa Jedi terakhir yang dimaksud dalam judul. Benarkah Luke?

Saat pertama kali mendengar judul dari Star Wars The Last Jedi, banyak penggemar Star Wars yang bertanya-tanya sekaligus berspekulasi. Apakah Jedi yang dimaksud dalam judul ini entitas individu atau jamak? Benarkah Luke-lah yang dimaksud sebagai “The Last Jedi” seperti yang terungkap dalam opening crawl The Force Awakens? Jika benar Luke adalah “The Last Jedi,” apakah film ini akan menandai akhir “karirnya” di dunia Star Wars?

Baca Juga

Tidak perlu menunggu berlama-lama sampai filmnya tayang, karena penjelasan ini akhirnya keluar dari mulut sang sutradara The Last Jedi sendiri, Rian Johnson. Dalam sebuah wawancara dengan Good Morning America, Johnson mengungkapkan sebuah pernyataan menarik, bahwasanya dia terkejut saat banyak penggemar melakukan analisa mengenai judul The Last Jedi yang dipilihnya!

Dalam pemikirannya, Jedi terakhir yang dimaksud dalam judul yang dipilihnya adalah sosok individu, bukan jamak seperti yang diprediksi oleh segelintir penggemar. Dan Johnson pun mengiterasi apa yang disebutkan dalam opening crawl The Force Awakens, bahwa “The Last Jedi” yang dimaksud adalah Luke Skywalker!

“Sudah terungkap dalam The Force Awakens bahwa Luke harus pergi mencari kuil Jedi terakhir dan Luke adalah Jedi terakhir,” ungkap Johnson dalam wawancara tersebut.

jedi terakhir star wars the last jedi

Sebenarnya bukan hal yang terlalu mengejutkan jika Jedi terakhir yang dimaksud adalah Luke. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, jika Luke adalah Jedi yang terakhir, lantas mengapa dalam trailer Luke terlihat melatih Rey dengan sangat intens?

jedi terakhir star wars the last jedi

Jawabannya sendiri sebenarnya sedikit disebutkan dalam salah satu bagian dari trailer, yaitu saat Rey mengucapkan “light“, “darkness“, dan “balance”. Setelah itu, terdengar suara Luke yang menyebutkan bahwa “lebih besar dari pada itu.” Hal ini sedikit mengindikasikan bahwa yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan kekuatan Force di alam bukanlah teori Jedi yang harus melawan Sith karena masing-masing memiliki kelebihan. Melainkan satu entitas yang diharapkan bisa menguasai dan mengendalikan dua sisi tersebut dengan baik.

jedi terakhir star wars the last jedi

Apakah itu? Mungkin jawaban pastinya akan kita temukan dalam filmnya nanti. Namun bisa jadi kekuatan inilah yang dicari Luke di kuil Jedi terakhir. Sebuah kekuatan yang bisa menyeimbangkan Force, tanpa harus terikat di salah satu sisi dan memiliki kelebihan masing-masing sisi. Dan kekuatan inilah yang (mungkin) digambarkan dalam poster perdana The Last Jedi, Rey yang memegang lightsaber berwarna biru dan berubah menjadi merah di atasnya dan berada di tengah-tengah Luke (light side) dan Kylo Ren (dark side).


Jika Rey akhirnya dilatih menjadi sosok yang lebih kuat dari Jedi ataupun Sith, maka semakin jelas bahwa Luke adalah Jedi terakhir. Apalagi dalam trailer terdapat suara (mungkin Luke?) yang menyebutkan bahwa sudah saatnya Jedi berakhir. Sudah saatnya perseteruan antara Jedi dan Sith dihentikan setelah berlangsung sekian lama.

Bendu saat berkomunikasi dengan Kanan di Star Wars Rebels

Di universe Star Wars sendiri (yang kanon), sebenarnya sudah ada satu entitas yang berada di “tengah-tengah” light dan dark. Jika kamu mengikuti serial animasi Star Wars Rebels, maka kamu sudah tidak asing dengan Bendu, sosok raksasa yang terlihat menjadi mentor dari Kanan maupun Ezra. Bendu sendiri merupakan sosok yang Force sensitive, namun dia menolak untuk memilih apakah dia berada di sisi light atau dark.

Jedi and Sith wield the Ashla and Bogan. The light and the dark. I’m the one in the middle. The Bendu,” Bendu dalam Star Wars Rebels.

Bendu di trailer The Last Jedi?

Nah, apakah Rey akan dilatih sehingga akan menjadi seperti Bendu? Benarkah Bendu akan muncul lagi dalam The Last Jedi? Yang menarik jika kamu perhatikan salah satu screenshot potongan trailer The Last Jedi, tampak ada deretan buku (termasuk Journal of Whills) di atas sebuah rak yang mirip dengan tanduk Bendu.

Atau mungkin juga Rey akan dilatih sehingga menjadi Guardian of Whills, sosok yang terikat dengan Force namun juga tidak memilih salah satu kubu. Yah, mirip-mirip dengan Chirrut Imwe yang kita temui dalam Rogue One kemarin.

10 Hal Penting yang Terungkap dari Trailer Perdana Star Wars: The Last Jedi

LucasFilm akhirnya merilis trailer perdana Star Wars: The Last Jedi! Simak penjelasan dan kejutan adegan demi adegannya di sini!
Baca Juga

Tentu saja semua teori ini hanya spekulasi, dan jawaban pastinya bisa kamu temukan dalam filmnya yang siap ditayangkan pada 15 Desember 2017 nanti. Bagaimana menurutmu sendiri, apakah Rey akan menjadi sosok yang lebih kuat dari Jedi ataupun Sith manapun dengan menguasai kekuatan keduanya?

Sumber: GMA/Star Wars Wiki


SHARE
Previous articleBoruto “Meniru” Jurus Sasuke? 9 Hal Yang Mungkin Kalian Lewatkan di Anime Boruto Episode 2!
Next articleIngin Meningkatkan Permainanmu Dalam Dota 2? Pelajari Langkah-Langkah Berikut!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.