Digelar Beberapa Hari Lagi, Ini Beberapa Info Unik Kiev Major 2017 yang Harus Kamu Tahu!

Beberapa hari jelang Kiev Major 2017 digelar, ada baiknya kalau kamu perhatikan beberapa info unik yang nantinya akan kamu saksikan disana!

Digelar Beberapa Hari Lagi, Ini Beberapa Info Unik Kiev Major 2017 yang Harus Kamu Tahu!

Digelar Beberapa Hari Lagi, Ini Beberapa Info Unik Kiev Major 2017 yang Harus Kamu Tahu! Kiev Major 2017[/caption]

Kiev Major 2017 akan menjadi turnamen Dota 2 berkelas Valve-Premier pertama di tahun ini, dengan tingkat antusiasme yang pastinya sangat tinggi seperti turnamen-turnamen dengan kelas yang sama sebelumnya.

[duniaku_baca_juga]

Kiev Major 2017 sendiri akan dimulai pada tanggal 24 April 2017 dan berakhir pada tanggal 30 April 2017 - dengan Kiev National Palace of Arts sebagai arena pertarungannya. Kiev Major 2017 akan menjadi gelaran turnamen kelas Valve-Premier pertama yang diselenggarakan di region CIS (Commonwealth of Independent States), region persemakmuran bekas Uni Soviet.

Digelar Beberapa Hari Lagi, Ini Beberapa Info Unik Kiev Major 2017 yang Harus Kamu Tahu! Region CIS[/caption]

Sebagai turnamen yang ditunggu-tunggu para penggemar Dota 2 karena tingkat prestise dan juga kehadiran tim-tim kuat dari seluruh dunia, Kiev Major 2017 akan disiarkan secara langsung melalui in-game broadcast ataupun siaran langsung melalui kanal Youtube serta Twitch. Namun sebelum mengikuti turnamen tersebut minggu depan, kalian harus baca beberapa info menarik tentang Kiev Major 2017 nanti!

Digelar Beberapa Hari Lagi, Ini Beberapa Info Unik Kiev Major 2017 yang Harus Kamu Tahu! Roman "Resolut1on" Fominok[/caption]

Yang pertama tentunya adalah dari tempat diselenggarakannya. Kiev adalah ibukota dari Ukraina, salah satu negara yang berhasil lepas dari Uni Soviet pada tahun 1991. Negara yang persis berada di bagian barat Rusia ini memang menjadi salah satu negara di region CIS, bahkan Eropa, yang berhasil "melahirkan" banyak atlet eSport, terutama Dota 2. Sebut saja Roman "Resolut1on" Fominok dan Danil "Dendi" Ishutin.

Digelar Beberapa Hari Lagi, Ini Beberapa Info Unik Kiev Major 2017 yang Harus Kamu Tahu! Danil "Dendi" Ishutin[/caption]

Sebenarnya, penunjukkan Kiev sebagai negara yang akan menyelenggarakan turnamen dari Valve menjadi pertanyaan besar sejak pertama kali diumumkan. Ukraina sedang mengalami perang saudara sejak tahun 2014, yang diperparah dengan pencaplokan wilayah mereka oleh Rusia. Meski sedang menjalankan gencatan senjata, namun faktor keamanan masih menjadi pertanyaan besar.

Digelar Beberapa Hari Lagi, Ini Beberapa Info Unik Kiev Major 2017 yang Harus Kamu Tahu! Penjelasan sistem Swiss Group[/caption]

Fakta unik berikutnya adalah soal format turnamen yang cukup berbeda dengan turnamen kelas Valve-Premier lainnya. Meski penggunaan sistem Single Elimination pada babak utama sudah diimplementasikan sejak Boston Major tahun lalu, namun sistem babak grup yang unik akan dilakukan saat Kiev Major 2017. Babak grup turnamen akhir April ini akan menggunakan sistem Swiss Group.

Digelar Beberapa Hari Lagi, Ini Beberapa Info Unik Kiev Major 2017 yang Harus Kamu Tahu! Eleague Major 2017[/caption]

[duniaku_adsense]

Sistem Swiss Group sebenarnya sudah digunakan Valve ketika menggelar turnamen CS:GO berkelas sama, ELEAGUE Major 2017. Namun penggunaan sistem tersebut di turnamen Dota 2 bisa dibilang menjadi yang pertama kali, yaitu nanti di Kiev Major 2017. Sistem Swiss Group pada Kiev Major 2017 akan berjalan selama 4 ronde dan berlangsung pada dua hari pertama turnamen.

Semenjak terkumpul seluruh peserta dari Kiev Major 2017, tercatat sudah ada tiga perubahan besar yang terjadi dari para peserta tersebut. Perubahan tersebut meliputi 3 tim peserta yang berbeda - yang kesemuanya merupakan perubahan dikarenakan masalah dalam organisasi. Meski tidak melanggar peraturan Valve mengenai organisasi tim, namun beberapa perubahan ini tetap menjadi berita "panas".

Digelar Beberapa Hari Lagi, Ini Beberapa Info Unik Kiev Major 2017 yang Harus Kamu Tahu! Roster Ad Finem yang pindah ke mousesports[/caption]

Perubahan peserta pertama dimulai ketika para pemain Ad Finem yang bersinar di Boston Major keluar dari organisasi. Beberapa masalah internal mengenai kontrak pemain disinyalir menjadi penyebab seluruh pemain dan bahkan manager hengkang dari organisasi asal Yunani tersebut. Sebulan setelah keluar dari Ad Finem, para pemain tersebut diumumkan sebagai bagian dari mousesports - sekaligus menandakan kembalinya organisasi mousesports kancah Dota 2.

[read_more id="305242"]

Digelar Beberapa Hari Lagi, Ini Beberapa Info Unik Kiev Major 2017 yang Harus Kamu Tahu! Shannon "SUNSfan" Scotten[/caption]

Perubahan peserta yang kedua sekaligus yang ketiga terjadi melibatkan dua tim peserta sekaligus. Perubahan yang lagi-lagi juga dimulai karena masalah internal ini "menyerang" salah satu peserta undangan langsung, Digital ChaosFounder sekaligus pemilik dari organisasi Digital Chaos, Shannon "SUNSfan" Scotten, tiba-tiba mengundurkan diri dari organisasi - yang disinyalir buah dari cekcok antara dirinya dengan sang kapten tim Rasmus "MiSeRy" Filipsen.

Digelar Beberapa Hari Lagi, Ini Beberapa Info Unik Kiev Major 2017 yang Harus Kamu Tahu! Roster terdahuilu Digital Chaos saat menjuarai ESL One Genting[/caption]

Setelah SUNSfan keluar, para pemain dari Digital Chaos juga malah keluar dari organisasi - menjadikan slot Digital Chaos menghilang karena para pemain tersebut membentuk tim baru bernama Thunderbirds. Di hari yang sama setelah Thunderbirds berdiri sebagai tim independen, Digital Chaos bergerak cepat dengan merekrut seluruh pemain Team Onyx - yang membuat organisasi Amerika tersebut tetap bisa menjadi peserta Kiev Major 2017 meski dengan isi tim berbeda.

Digelar Beberapa Hari Lagi, Ini Beberapa Info Unik Kiev Major 2017 yang Harus Kamu Tahu! Rasmus "MiSeRy" Filipsen[/caption]

Selain sempat membuat "masalah", Kiev Major 2017 ini ternyata menjadi prestasi baru bagi MiSeRy. Dengan keikutsertaannya di Kiev Major 2017 nanti, menjadikan dia menjadi satu-satunya pemain aktif yang mengikuti seluruh turnamen berkelas Valve-Premier. Sebenarnya ada Saahil "UNiVeRsE" Arora yang juga mengikuti seluruh turnamen dari Valve, namun saat The International 2011 statusnya bukan pemain aktif, hanya sebagai stand-in.

Dengan berbagai hal tersebut, pastinya Kiev Major 2017 semakin menarik untuk diikuti dan ditonton. Jangan lupa, sejak tanggal 24 April 2017 sudah akan dimulai!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU