Xiaomi Mi6 Resmi, Ini Dia Ponsel Cina Termurah dengan CPU Snapdragon 835

UPDATE: Berapa harga keluarga Xiaomi Mi6? Langsung masuk ke artikel kami lainnya di sini!

Akhirnya Xiaomi resmi meluncurkan smartphone flagship terbaru mereka, Xiaomi Mi6, hari ini Rabu, 19 April 2017. Apa saja kehebatan ponsel cina termurah dengan CPU Snapdragon 835 ini?

Ternyata Murah Banget, Xiaomi Mi6 Dijual dengan Harga Mulai Rp4 Jutaan!

Ternyata Murah Banget, Xiaomi Mi6 Dijual dengan Harga Mulai Rp4 Jutaan! Harga Xiaomi Mi6 Indonesia, jual Xiaomi Mi6 benchmark, beli Xiaomi Mi6
Baca Juga

Spesifikasi Xiaomi Mi6

  • OS Android 7.1.1 Nougat (MIUI 8)
  • Layar 5,15-inchi (Full-HD) 1920 x 1080-pixel, kerapatan pixel 428-ppi, dengan kecerahan layar mencapai maksimal 600 nits (minimalnya 1 nits untuk melindungi mata)
  • Pengaturan kecerahan layar mencapai 4096 tingkatan (untuk menghasilkan perubahan kecerahan layar yang halus)
  • Prosesor Snapdragon 835
  • GPU Adreno 540
  • RAM 6 GB LPDDR4X 64 bit
  • Storage: 64/128 GB
  • Kamera Belakang: Sony Exmor RS IMX386 dual-camera 12 MP, dengan ukuran sensor 1/2.9-inchi, ukuran lensa 27mm, ukuran pixel 1.25 µm bukaan f/1.8, didukung OIS 4-axis. Lensa kedua ukurannya 52mm, ukuran pixel 1.0 µm, dengan bukaan f/2.6. Kedua lensa memiliki fokus phase detection, lampu kilat dual-LED (dual tone)
  • 8 MP di depan (kedua lensa kameranya tidak menonjol)
  • Konektivitas: 4G LTE dengan kecepatan unduh maksimal 600Mbps, dan kecepatan unggah maksimal 100Mbps, 2×2 Dual MIMO WiFi, Bluetooth, NFC, GPS, USB Type-C
  • Sensor Accelerometer, Gyroscope, Proximity, Light, Barometer, Fingerprint pada tombol Home
  • Baterai 3350 mAh, fast charging
  • Pilihan Warna: Blue, Ceramic, dan warna limited edition Silver, dengan harga termahal yang dilengkapi dengan finishing cermin, frame stainless steel dan panel belakangnya yang berlapis kaca 3D, mengkurva pada keempat sisinya.
Baca Juga

Stainless Stell Berlapis Kaca Mengkurva Empat Sisi


Salah satu yang diunggulkan Xiaomi adalah kualitas build yang makin tinggi. Xiaomi Mi6 kini tampak makin solid, dengan frame berbahan stainless stell, serta baik sisi depan dan belakangnya berlapis kaca. Kemudian bagian punggungnya, yang oleh Xiaomi begitu diunggulkan, keempat sisinya (atas, bawah, kiri dan kanan) mengkurva, atau sedikit melengkung, untuk membuat genggaman penggunanya makin nyaman.

CPU Snapdragon Terkencang


Kedua Xiaomi Mi6 yang lahir hari ini sama-sama menggunakan prosesor terkencang dari Qualcomm, Snapdragon 835. Meskipun data hasil benchmark sebelumnya memperlihatkan kecepatan yang di bawah standar, namun ternyata Xiaomi tidak menahan keduanya, yang langsung dengan clock speed tertinggi, 2.45GHz.

Snapdragon 835 merupakan CPU tercanggih Qualcomm saat ini. Baru diumumkan 17 November 2016 lalu, dan menjanjikan banyak perubahan dibandingkan kakaknya, Snapdragon 821.

Selain Kini Anti Air, Fakta Baru Xiaomi Mi6 Ini Bakal Otomatis Bikin Mifans Illfeel

Selain Kini Anti Air, Fakta Baru Xiaomi Mi6 Ini Bakal Otomatis Bikin Mifans Illfeel, spesifikasi Xiaomi Mi6, harga Xiaomi Mi6 benchmark
Baca Juga

Diantararanya adalah penggunaan prosesor jenis baru, Kryo 200 dengan delapan inti prosesor, mendukung format storage eMMC 5.1 atau UFS 2.1 (sebelumnya hanya eMMC 5.1 atau UFS 2.0 saja), dibangun pada manufaktur berteknologi terkecil pada saat ini: proses CPU 10 nm, memungkinkan prosesornya dirancang di atas silikon yang berbeda dari yang pernah ada sebelumnya.

Mereka juga menggunakan desain yang revolusioner Fin Field Effect Transistors (FinFET), yang notabene teknologi milik Samsung. Hasilnya, membuatnya lebih efisien hingga 30%, memberikan kinerja penuh dengan perkiraan 27% lebih baik dari prosesor sebelumnya, sekaligus mengurangi konsumsi daya hingga 40% dibandingkan Snapdragon 821.

Smartphone dengan Snapdragon 835 Pertama, Xiaomi Mi6 Dijual Murah (Cuma Rp3 Jutaan!)

Selain Lebih Cepat dari GalaxyS8, Xiaomi Mi6 Dipastikan Lebih Murah (Cuma Rp3 Jutaan!) Android dengan Snapdragon 835, smartphone dengan Snapdragon 835
Baca Juga

Ada Kamera Sony Exmor Tercanggih


Di sisi kamera, Xiaomi Mi6 mengggunakan sensor kamera terbaru dari Sony, yaitu Exmor RS IMX362, yang memiliki resolusi maksimal 12-megapixel saja. Namun jangan salah, ada beberapa fitur terkini di dalamnya.

Sony Exmor RS IMX362 yang juga digunakan untuk Asus Zenfone 3 Zoom, Vivo Xplay 6 dan Motorola Moto G5 ini merupakan salah satu sensor kamera terbaru yang diproduksi oleh Sony. Resolusi maksimalnya memang hanya 12-megapixel, namun Exmor RS IMX362 memiliki teknologi dual autofocus pixel (biasa disebut dual-pixel) ala Galaxy S7, serta ukuran masing-masing pixelnya yang cukup besar, 1.4 μm (mikron pixel).

Awas Ngeces! Spesifikasi Xiaomi Mi6 Plus Bocor, Pasti Bikin yang PO Galaxy S8 Nyesel!

Awas Ngeces! Spesifikasi Xiaomi Mi6 Plus Bocor, Pasti Bikin yang PO Galaxy S8 Nyesel! Spesifikasi Xiaomi Mi6, harga Xiaomi Mi6 Plus, harga Xiaomi Mi6 Plus
Baca Juga

Dual-pixel sangat membantu dalam menentukan fokus dan mempengaruhi juga kecepatan shutter, karena ada lebih banyak pixel yang digunakan dalam menentukan fokus (melalui sistem phase-detection) yang akan diambil. Menurut Samsung, Galaxy S7 mereka memanfaatkan semua, atau 100% pixel yang dimiliki kameranya dalam mendukung proses fokus.

Hasilnya, meskipun ini bukan autofokus laser yang diklaim memiliki kecepatan sepersekian detik dalam menentukan fokusnya, dual-pixel juga sangat cepat dalam menentukan fokus, dan itu jelas mendukung penggunanya dalam melakukan pemotretan yang cepat.

Ukuran sensornya sendiri tidak terlalu impresif, 1/2.55″ saja. Well, jika kalian mencari Xiaomi dengan kamera tercanggih, sejauh ini masih dipegang posisinya oleh Xiaomi Mi5s, dengan ukuran sensor terbesar di kelas Sony Exmor, yaitu 7.81 mm (1/2.3″), dan besar pixel 1.55 μm.

Ini Kelebihan dan Kekurangan dari Spesifikasi Asus Zenfone 3 Zoom

Ini Kelebihan dan Kekurangan dari Spesifikasi Zenfone 3 Zoom, Kelebihan dan Kekurangan Zenfone 3 Zoom, harga Zenfone 3 Zoom
Baca Juga

Selain itu, kamera tersebut juga didukung dengan fitur optical image stabilisation 4-axis (yang sempat dibuang dari Xiaomi Mi5s), dan adanya sensor sekunder, 12MP, yang berfungsi sebagai lensa telephoto. Menggunakan lensa telephoto, dual-camera Xiaomi Mki6 ini memungkinkan penggunanya melakukan zoom optic sejauh 2X, atau lossless zoom, selain juga bisa bergantung pada 10X digital zoom seperti yang sudah jamak kita temui dalam tipikal kamera smartphone.

Fitur tersebut akhirnya menempatkan Xiaomi Mi6 ini sebanding dengan Asus Zenfone 3 Zoom, yang juga menerapkan konfigurasi dual-camera yang sama dengan sensor sekundernya untuk fungsi telephoto.

Lanjut ke halaman 2… untuk fitur lainnya yang lebih keren!


1
2

SHARE
Previous articleBukan Cuma Gong Yoo, Inilah 5 Artis Korea yang Pernah Berlibur Ke Indonesia
Next articleInilah 5 Aksi Heboh yang Membuat Ring WWE Roboh!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.