Bukan Mitos, Kamera Xiaomi Mi6 Bisa Membuat Foto Makin Cantik Tanpa Perlu DSLR

Xiaomi Mi6 Lebih Baik dari Galaxy S8

Akhirnya Xiaomi resmi meluncurkan smartphone flagship terbaru mereka, Xiaomi Mi6, Rabu, 19 April 2017 kemarin. Beberapa fitur baru diperkenalkan, seperti anti air, bagian belakang yang mengkurva pada keempat sisinya, hingga dual-camera yang menjanjikan teknologi seperti iPhone 7. Xiaomi juga sudah memperlihatkan seperti apa kecanggihan kamera Xiaomi Mi6 tersebut.

Baca Juga

Xiaomi Mi6 mengggunakan sensor kamera terbaru dari Sony, yaitu Exmor RS IMX386. Bukan hanya satu, melainkan pada konfigurasi dual-camera 12 MP, dengan ukuran sensor masing-masing 1/2.9-inchi, ukuran lensa 27mm, ukuran pixel 1.25 µm bukaan f/1.8, didukung OIS 4-axis. Lensa kedua yang berfungsi memberi dukungan fungsi telephoto ukurannya lebih besar, 52mm, namun ukuran pixelnya hanya 1.0 µm, dengan bukaan f/2.6. Kedua lensa memiliki fokus phase detection, lampu kilat dual-LED (dual tone).

Kamera Xiaomi Mi6

10 Alasan Xiaomi Mi6 Lebih Baik dari iPhone 7 (Bahkan Galaxy S8), yang Harganya 2x Lebih Mahal

Meskipun ada peribahasa rumput tetangga selalu kelihatan lebih hijau, namun pada kenyataannya, Xiaomi Mi6 hadir dengan fitur yang tidak akan membuat pemiliknya kepincut melirik merek sebelah.
Baca Juga

Dengan konfigurasi tersebut, kalian pengguna Xiaomi yang selama ini pasti paham kekurangannya dalam pemotretan low-light, bakal terbayar dengan lensa yang lebih canggih. Lensa yang memiliki bukaan f/1.8 tersebut dipastikan memberi ruang lebih untuk masuknya cahaya. Ditunjang juga adanya optical-image stabilizer, pemotretan dalam kondisi minim cahaya akan terbantu dengan meminimalkan goyangan tangan.

Selain itu, adanya lensa telephoto pada kamera keduanya memungkinkan penggunanya melakukan zoom optic sejauh 2X, atau lossless zoom, selain juga bisa bergantung pada 10X digital zoom seperti yang sudah jamak kita temui dalam tipikal kamera smartphone.

Optical zoom menjadi solusi untuk mengambil foto obyek yang jauh menggunakan zoom, namun dengan hanya sedikit kompensasi penurunan kualitas foto.

Fitur tersebut akhirnya menempatkan Xiaomi Mi6 ini sebanding dengan Asus Zenfone 3 Zoom, yang juga menerapkan konfigurasi dual-camera yang sama dengan sensor sekundernya untuk fungsi telephoto.

Berikut beberapa contoh foto yang diambil menggunakan Xiaomi Mi6.

Fungsi telephoto itu pun juga menyejajarkannya dengan iPhone 7 Plus (bukan iPhone 7 ya), yang harga termurahnya di Indonesia mencapai Rp14 juta, meskipun secara teknologi, sensor Sony Exmor yang digunakan Apple di iPhone 7 Plus termasuk jadul. Dan seperti iPhone 7, kombinasi kameranya memungkinkan kalian menghasilkan foto ala SLR dengan depth of field yang dalam.

Selain itu, Xiaomi juga melakukan pendekatan yang sama seperti LG G6. Flagship LG ini memanfaatkan dual-cameranya lebih untuk pemotretan wide-angle. Lensa pada sensor pertama kamera Xiaomi Mi6 juga merupakan lensa landscape (wide-angle). Dibekingi dengan optical image stabilizer 4 sumbu, ukuran pixel 1.25μm dan bukaan lensa f/1.8, lensa utamanya ini sudah cukup memberi kalian fitur pemotretan wide-angle ala fotografi profesional. Sayangnya, sejauh ini belum jelas apakah OIS ada pada kedua lensa kameranya, atau hanya pada lensa pada sensor kamera utama.

Xiaomi Mi6 Resmi, Ini Dia Ponsel Cina Termurah dengan CPU Snapdragon 835

Ini Xiaomi Mi6! Xiaomi pertama yang anti air, RAM-nya 6GB, ROM-nya mencapai 128GB, CPU sudah gunakan Snapdragon 835, kamera Sony Exmor terbaru, dual-pixel lagi... harganya pun cuma Rp4 jutaan. Siap untuk merusak pasaran!
Baca Juga

Fitur lainnya kamera Xiaomi Mi6 yang diungkapkan selama presentasi Xiaomi kemarin antara lain:

  • Dukungan fokus Phase Detect AF
  • Teknologi Dark Light Enhancement
  • Teknologi High Dynamic Range Adjustment
  • Panorama Mode
  • Continuous Shutter Mode
  • Face Recognition

Selain fitur telephoto, Xiaomi Mi6 juga meminjam mode pemotretan yang sudah jamak di mata pengguna iPhone 7 Plus. Disebut Portrait Mode, fitur ini sebelumnya dikenal hanya untuk iPhone 7 Plus (walaupun beberapa smartphone milik Huawei dengan dual-cameranya juga mampu melakukannya).

Seperti apa sih mode Portrait? Lihat melalui beberapa gambar berikut:

Mode ini ideal digunakan di luar ruangan, dan menggunakan kombinasi hardware dan software, kalian bisa mengambil foto sambil secara luas mengaburkan latar belakangnya, sehingga didapatkan efek bokeh yang keren dari tipikal kamera DSLR.

Seperti ini contoh foto wide-anglenya.

Antara Gosip dan Fakta Xiaomi Mi5c, Android Cina Ini Harganya Bakal Merusak Pasar

Khususnya, pasar Xiaomi Mi5, Mi5s, dan bahkan Mi5 Plus! Bukan hanya itu saja, smartphone Android lain yang harganya lebih mahal seperti Zenfone 3, Oppo F1s, Vivo V5 Plus, bahkan Galaxy A, juga berpotensi kena imbasnya ketika Mi5c dijual nanti!
Baca Juga

Xiaomi Mi6 juga didukung dengan algoritma foto baru Xiaomi yang mereka terapkan pertama kali pada Xiaomi Mi5c. Algoritma ini diklaim mampu meningkatkan sensitifitas kamera dalam menangkap cahaya hingga 150%. Kemudian ada manajemen noise untuk mengurangi banyaknya noise dalam masing-masing frame, sambil tetap menjaga detail gambarnya.

Kamera Xiaomi Mi6 juga memiliki mode HDR yang diklaim menjadi filer yang sangat kuat selama pemotretan, mampu mengurangi detail yang terlalu overexpose, terutama karena efek paparan cahaya matahari, sambil mencerahkan bagian yang gelap obyek pemotretan.

Sumber: MIUI


SHARE
Previous articleDota 2 Update: Perubahan Sistem Matchmaking dan Ban Besar-besaran Akun Bot!
Next article10 Kartini di Industri Game yang Berpengaruh di Indonesia
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.