Memahami Posisi-Posisi Pemain Eyeshield 21 – Penjelasan Mendalam Soal Posisi Anggota Offense

posisi pemain eyeshield 21

Tidak paham posisi-posisi pemain Eyeshield 21 sampai manganya tamat? Jangan khawatir. Kamu bisa membaca pembahasannya di sini!

Baca Juga

Pada dasarnya, posisi pemain Eyeshield 21 terbagi ke dua peran besar: tim penyerang atau tim bertahan. Masing-masing tim terdiri dari 11 orang.

Kalau mau dibuat realistis, Riichiro Inagaki harus menulis peran untuk 22 karakter berbeda. Yusuke Murata pun harus merancang 22 tokoh. Karenanya, tidak heran Deimon Devil Bats dipenuhi oleh manusia super yang bisa bermain di kedua tim tanpa perlu khawatir cidera. Masing-masing anggota Devil Bats pun terkadang harus memegang peran rangkap antara penyerang dan bertahan.

Untuk memulai pembahasannya, mari kita mulai dari tim penyerang.

Formasi Tim Penyerang

Image credit: Concept Draw

Ini adalah formasi I, yang sering digunakan oleh tim-tim penyerang di manga dan animenya. Dari susunan posisi ini, mari kita mulai membedah peran masing-masing posisi pemain Eyeshield 21.

Quarterback (QB)

Peringkat 6 Tim Terbaik Eyeshield 21 – Siapa yang Paling Hebat?

Dari semua tim futbol Amerika di manga olah raga luar biasa ini, siapakah tim terbaik Eyeshield 21? Inilah pembahasan lengkapnya!
Baca Juga

Ini adalah posisi paling vital di sebuah tim futbol Amerika, terutama di liga NFL. Kualitas quarterback akan menentukan apakah suatu tim itu tergolong bagus atau jelek.

Tugas quarterback adalah mendistribusikan bola. Dalam formasi lari, ia akan menyerahkan bola ke running back. Sementara itu dalam formasi umpan dia akan melempar bola ke wide receiver, tight end, atau running back, pokoknya ke siapa pun yang terlihat kosong.

Quarterback yang bagus juga diharapkan dapat beradaptasi terhadap kondisi pertandingan. Bila musuh seperti telah membaca pola serangan, maka quarterback wajib menyesuaikan. Di NFL itu bukan hal yang sulit mengingat helm quarterback dipasangi mikrofon, sehingga mereka bisa mengatur formasi sesuai kehendak pelatih.

Pemain yang menempati posisi ini: Hiruma, Kid, Takami

Running Back (RB)

Posisi running back memiliki satu tugas utama: berlari membawa bola. Tapi yang dibutuhkan dari posisi ini bukan hanya kemampuan lari cepat. Seorang running back wajib memiliki visi yang baik untuk menemukan lubang di celah pertahanan musuh. Tanpa visi yang baik, sang running back bisa dihentikan sebelum dia bergerak terlalu jauh.

image credit: Boston.com

Coba lihat saja gambar ini. Ingat kalau para lineman itu ukurannya bisa rata-rata dua meter, dan mereka akan beradu dengan pemain bertahan musuh yang ukurannya sama besarnya. Seorang running back harus memiliki visi yang terlatih untuk menemukan celah, dan kadang harus berimprovisasi bila dibutuhkan.

Running back sekarang juga diharapkan tak hanya bisa membawa bola namun juga dapat menangkap umpan dari quarterback.

Pemain yang menempati posisi ini: Sena, Riku, Panther

Fullback

Fullback adalah pelindung ekstra untuk running back. Kamu mungkin sudah tahu kalau para lineman adalah pembuka jalan untuk running back saat dia berlari. Nah fullback bisa dianggap sebagai mini lineman untuk membantu blok pemain bertahan yang menyerbu si pelari.

Karena kewajibannya sebagai mini lineman, fullback awamnya memiliki tubuh besar. Di Eyeshield 21 sih posisi ini terkenal dikuasai oleh Ishimaru dari Deimon Devil Bats (yang sering kali terlupakan) serta Hayato Akaba dari Bando Spiders yang tubuhnya ramping namun mampu mementalkan orang dengan teknik.

Di NFL, fullback juga diharapkan bisa membawa bola dalam situasi tertentu dan juga menangkap bola.

Pemain yang menempati posisi ini: Akaba, Ishimaru


 

Masih tertarik mengetahui makna posisi pemain Eyeshield 21? Cek halaman kedua untuk mengetahui lebih banyak soal posisi tim penyerang di futbol Amerika!

1
2

SHARE
Previous articleKeren! Kini Sistem Skill Dragon Quest XI akan Meniru Skill Panel Milik Final Fantasy
Next articleGuide Deck YuGiOh Duel Links: One Turn Kill dengan Kartu Karate Man!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.