Selamat! Inilah 10 Game Wakil Indonesia dalam Indie Prize Casual Connect Asia 2017!

Semoga tahun ini bisa membawa pulang gelar bagi Indonesia ya!

6

Nonstop Show (Wisageni Studio)-Android

Nonstop Show merupakan versi global dari Ngamen Nonstop yang dirilis akhir tahun 2016 lalu. dalam game ini kamu akan memerankan seorang pengamen di sebuah bus. Tugasmu tentu saja adalah untuk menghibur para penumpang dengan nyanyian dan goyanganmu, serta mengumpulkan uang dari mereka.

Seperti tipikal game idle/clicker lainnya, kamu harus tap layar untuk membuat si pengamen bergoyang. Kamu juga bisa tap uang-uang yang muncul untuk menggandakan pendapatanmu. Seiring permainan berjalan, kamu bisa meng-upgrade beberapa aspek dalam game ini, mulai dari penampilan sang pengamen, skill mengamen, hingga rute bus untuk membuat pendapatanmu berlipat ganda. Yang menarik, kamu juga bisa menggoyangkan handphone-mu untuk memainkannya!

7

Kitten Mita (Eggion)-PC

Kombinasi dari genre life simulation dan RPG menarik yang baru saja mendapatkan status Greenlit di Steam beberapa waktu lalu. Dalam Kitten Mita, kamu akan memerankan sosok kucing kecil bernama Mita yang tengah dalam perjalanannya untuk memahami arti dari kasih sayang ibunya.

Pengembangan game ini sendiri terinspirasi dari beberapa RPG klasik seperti Digimon World, Persona dan Atelier. Terdapat sistem pertarungan turn based yang unik, dimana setiap musuh yang kamu temui dan lawan akan berbeda-beda. Game ini juga menyediakan banyak quest yang bisa kamu selesaikan, serta mini game untuk membuat permainanmu lebih menarik seperti memancing dan menambang.

8

Valthirian Arc: Red Covenant (Agate Studio)

Menghadirkan RPG dibalut dengan simulasi akademi yang menjadi ciri khas Valthirian Arc, game yang dikembangkan dengan engine Unity untuk PC dan Mac ini siap kembali memuaskan fans Valthirian Arc yang sebelumnya dikembangkan untuk web browser. Ini juga menandai keikutsertaan kedua dalam dua tahun berturut-turut untuk game yang baru saja sukses dalam kampanye Kickstarter keduanya ini.

Salah satu fitur Valthirian Arc: Red Covenant yang diunggulkan adalah simulasi membangun sekolah yang merupakan ciri khas dari seri ini. Sebagai kepala sekolah, kamu diberi kebebasan untuk membangun dan mengembangkan sekolah menurut selera masing-masing. Begitu pula dengan pelatihan yang kamu lakukan terhadap para siswa dapat divariasikan sesuai dengan kebutuhan.

9

Umbra: Amulet of Light (Niji Games)

Umbra: Amulet of Light menawarkan gameplay puzzle balok ala Tetris, namun dengan gaya yang sedikit berbeda. Dalam game ini kamu tidak menyusun balok-balok secara vertikal, melainkan menyusun “bayangannya” agar sesuai dengan pola yang muncul di layar.

Kamu bisa menggeser balok-balok yang ada agar bayangannya bertemu dengan pola di layar dengan hanya menggunakan sentuhan jari. Kamu juga bisa melakukan double tap untuk memutar balok tersebut, seperti yang kamu lakukan saat bermain Tetris. Yang menarik adalah balok ini bisa berputar secara tiga dimensi, sehingga cukup memutar otakmu untuk mencocokkan bayangannya dengan pola! Stuck di satu level tertentu? Game ini juga menyediakan hint yang bisa kamu buka.


CONTINUE READING BELOW

Mengintip Aktivitas Developer Indonesia Peserta Indie Prize Casual Connect Asia 2016!

Meskipun hanya empat studio yang jadi peserta Indie Prize Showcase, namun developer Indonesia yang menghadiri Casual Connect Asia 2016 ternyata banyak!


UPDATE 4 Mei 2017

10

Word Adventure (Dragon Game Studio)

Bagaimana jadinya jika gameplay susun kata dikombinasikan dengan puzzle ala kubus rubiks? Nah, Word Adventure inilah jawabannya. Untuk menyusun kata, kamu bisa menggeser balok-balok huruf secara vertikal atau horizontal sehingga membentuk kata yang bermakna.

Dragon Game Studio sendiri bukan studio yang benar-benar baru. Studio yang dibentuk di Bali ini sebelumnya sudah pernah merilis beberapa game untuk mobile seperti Balified dan Ninja Dive.

Selamat untuk kesembilan game yang lolos! Semoga tahun ini bisa membawa gelar lagi untuk Indonesia di ajang Indie Prize Casual Connect Asia 2017 ya!


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.