Kira-Kira Seperti Inilah Menonton Dota 2 dan League of Legends di Masa Depan!

Hologram Dota 2
Sumber: esportsportal.com

Teknologi hologram saat ini masih dipandang sebelah mata. Namun, ternyata teknologi ini adalah masa depan bagaimana kita menikmati suatu pertandingan eSport secara langsung.

Jika kamu penggemar DotA 2, maka kamu pasti pernah menyaksikan atau mendengar mengenai The International, sebuah kompetisi eSport terbesar untuk DotA 2 yang menghadirkan banyak momen-momen bersejarah.

Baca Juga

The International 2016 (TI6) dinobatkan sebagai acara eSport dengan teknologi paling canggih saat itu. Hal ini mayoritas karena efek teknologi hologram yang dikenalkan Valve dalam acara tersebut kepada para penonton. Hal ini menjadikan mereka yang pertama kali menerapkan teknologi tersebut ke dalam turnamen eSport.

Jika kamu perhatikan, ketika fase pick hero terlihat bahwa satu tim telah memilih Faceless Void dan tim lainnya memilih Earth Spirit. Hal ini tentunya memudahkan para penonton untuk menyaksikan pertandingan jika dibanding hanya ditampilkan di layar lebar saja.

Selain itu, pada TI6 juga terdapat suatu momen di mana ada sesi wawancara dengan hero dari DotA 2—tentunya dengan menggunakan kembali teknologi hologram. Dalam video di bawah, hero yang di wawancarai adalah Windrunner. Terdapat juga suara-suara dari Windrunner yang diambil dari gameplay yang terdengar kocak dan menghibur.


Sebelumnya, pasti banyak di antara kamu yang penasaran mengenai detail teknologi hologram ini dan bagaimana masa depan MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena seperti Dota 2 dan League of Legends.

Dengan menggunakan teknologi hologram, kamu bisa secara detail melihat sosok obyek dalam bentuk 3D—berbeda dengan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) yang biasanya diimplementasikan dengan headset atau kacamata besar.

Teknologi Hologram
Sumber: bestproducts.com

VR dan AR bukan menunjukkan pada kita 3D yang sesungguhnya, melainkan mereka menampilkan gambar 2D yang diolah oleh alat (headset atau kacamata khusus) agar otak kita membayangkannya sebagai 3D. Hal ini tidak memberikan kita pengalaman 3D yang sesungguhnya.

Sedangkan teknologi yang digunakan oleh Valve dalam TI6 menggunakan laser-laser untuk menciptakan bayangan dengan bentuk utuh. Hal ini tentunya lebih rumit dan lebih mahal dibanding menggunakan kacamata VR semata. Bahkan pada tahun 2012, konser Tupac di Amerika Serikat yang menampilkan bayangan penyanyi Tupac yang bergerak sambil menyanyi menghabiskan biaya $100.00-$400.00 (seharga Ferrari paling baru sekarang).

Lalu, bagaimana kira-kira The International DotA 2 dan League of Legends World Championship selanjutnya kita prediksi bakal menampilkan teknologi hologram yang heboh ini? Seperti inilah kira-kira gambar yang bisa dibayangkan:

Hologram Dota 2

Seperti stadion bola yang mempertontonkan game MOBA bukan? Hanya tinggal dimasukkan hologram dari para hero atau champion yang sedang bertanding. Pastinya penonton serasa berada di dalam dunia game sendiri dan sensasi yang dirasakan tentunya akan berbeda dibanding menonton di layar sebesar apapun. Teknologinya sendiri sebenarnya sudah ada tetapi pertanyaannya adalah kapan akan benar-benar digunakan.

Wings Gaming Jadi Juara Dota 2 The International 2016!

Tim pendatang baru asal Tiongkok jadi juara Dota 2 The International 2016, Setelah mengalahkan Digital Chaos 3-1. Selamat!
Baca Juga

Bagaimana menurut kamu? Apa kamu setuju dengan masa depan turnamen eSport untuk MOBA akan seperti ini? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya…

Diedit oleh Snow


SHARE
Previous articleAkhirnya Big Boss Monster Association Terungkap di One Punch Man 74!
Next articleBocor Lebih Awal, Seperti Inikah Call of Duty: WWII?
I play games, but when i lose I blame it on the lag.