Berusia 81 Tahun, Nenek Ini Berhasil Ciptakan Game di Smartphone!

nenek berusia 81 tahun

Usia bukanlah halangan bagi seseorang untuk terus berkarya. Itulah yang ditunjukkan oleh seorang nenek berusia 81 tahun asal Jepang yang baru-baru ini sukses menciptakan sebuah aplikasi permainan di smartphone.

Masako Wakamiya, seorang nenek asal Jepang, nampaknya punya semangat tinggi di tengah masa uzurnya. Alih-alih berpangku tangan kepada cucu-cucunya, nenek yang satu ini malah menyibukkan diri berkutat dengan dunia programming yang identik dengan anak muda.

Baca Juga

Hasilnya pun tak mengecewakan. Masako Wakamiya akhirya sukses merilis aplikasi smartphone pertamanya yang bernama Hinadan. Cara bermainnya cukup sederhana, para pemain hanya diharuskan menyusun deretan boneka dalam sebuah urutan.

Game ini dibuat Masako dalam rangka memperingati Hinamatsuri, yaitu hari perempuan di Jepang. Pada hari itu, wanita di Jepang bakal memajang boneka khusus di depan rumah.

Game buatan nenek berusia 81 tahun ini dikhususkan untuk para lansia yang kekurangan hiburan di usia senja. Masako merasa terdorong melakukan sesuatu setelah melihat sedikitnya aplikasi menarik bagi para lansia.

Meskipun aplikasi game yang diciptakan cukup sederhana, tapi bukan hal mudah bagi Masako Wakamiya mempelajari dunia programming di kala senja. Terlebih ia tak memiliki latar belakang apapun yang mendukung ketertarikannya itu.

nenek berusia 81 tahun


Masako Wakamiya baru benar-benar belajar pemrograman pada usia 60 tahun, tepatnya saat ia pensiun dari pekerjaannya sebagai pegawai bank. Ia pun kemudian membeli komputer pertamanya dan mulai belajar tentang pemograman secara otodidak dan dengan chatting online bersama programmer lain yang membantunya.

Selain menciptakan aplikasi permainan di smartphone, nenek berusia 81 tahun juga turut membuat blog pribadi yang berisi tutorial untuk mengoperasikan komputer bagi orang-orang paruh baya.

Di blog-nya juga, Masako Wakamiya mengajarkan cara membuat karya seni dengan memanfaatkan program Excel dan menceritakan kisah-kisah pribadinya mengenai perjalannya ke luar negeri.

Semangat Masako Wakamiya dalam membuat game di usia 81 tahun nyatanya mampu menginspirasi banyak anak muda Jepang agar terus berkarya. Tak jarang, Masako Wakamiya ikut turun langsung berdiskiusi dengan para anak muda yang sangat terinspirasi dari kisah dan perjuangannya.

Selain Menonton Kartun, Inilah 5 Larangan Unik yang cuma Ada di Cina

Banyaknya larangan unik yang dibuat oleh pemerintah Cina ini membuat kita sangat bersyukur tinggal di negara Indonesia. Kamu setuju?
Baca Juga

Apa kamu juga ikut terinspirasi dari semangat nenek berusia 81 tahun, Masako Wakamiya?

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


SHARE
Previous articleIni Bukti Boruto Episode 4 Hanya Milik Sarada, Sasuke + Sakura Ikutan “Muncul!”
Next articleTips Mengalahkan Fanny, Hero Terlicin di Mobile Legends Bang Bang
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca