Ngobrol Bareng Kreator Komik TAWUR C. Suryo Laksono: Buatlah Cerita Yang Absurd!

Bingung bagaimana cara menulis cerita yang menarik? Ingin tahu bagaimana kisah komik TAWUR ke depannya nanti? Yuk, kita simak orbrolan kru Duniaku.net dengan sang kreator TAWUR!

Ngobrol Bareng Kreator Komik TAWUR C. Suryo Laksono: Buatlah Cerita Yang Absurd!

Ngobrol Bareng Kreator Komik TAWUR C. Suryo Laksono: Buatlah Cerita Yang Absurd! art by: Richard Suwono[/caption]

Bingung bagaimana cara menulis cerita yang menarik? Ingin tahu bagaimana kisah komik TAWUR ke depannya nanti? Yuk, kita simak orbrolan kru Duniaku.net dengan sang kreator komik TAWUR, C. Suryo Laksono!

Pada tanggal 29 April kemarin, kru Duniaku.net berkesempatan untuk meliput event Creators Super Fest 2017. Pada event tersebut, kita bisa bertemu dengan banyak cosplayer internasional dan juga kreator-kreator komik lokal. Nah, salah satu kreator komik lokal yang muncul dalam event tersebut adalah C. Suryo Laksnono sang kreator komik TAWUR. Saya pun segera menghampiri dan bercakap-cakap ringan dengannya.

[duniaku_baca_juga]

Bagi kamu yang belum tahu apa itu TAWUR, komik ini menceritakan tentang Budi, seorang siswa SMA dengan kemampuan terpendam yang unik. Bersama dengan sahabatnya, Wiji, dia nekat mengikuti program rahasia TAWUR demi mendapatkan dana S.O.S (Subsidi Operasional Sekolah).

Ngobrol Bareng Kreator Komik TAWUR C. Suryo Laksono: Buatlah Cerita Yang Absurd! Dari atas ke bawah: Budi, Wina, Wiji[/caption]

Ketika ditanya apa yang menginsiprasi pembuatan TAWUR ini, Suryo pun menjawab bahwa dia terinspirasi dari tawuran sehari-hari para pelajar Indonesia yang sering dia tonton melalui layar kaca. Menurut komikus yang suka menggambar secara tradisional ini, fenomena seperti tawuran adalah sesuatu yang sering terjadi di Indonesia dan menarik untuk dikembangkan menjadi sebuah kisah fiksi. Dari sanalah, dia memulai pembuatan dari TAWUR ini.

Dalam pembuatannya sendiri, sang kreator memasukkan beberapa elemen action dan komedi dengan bumbu-bumbu supernatural yang absurd. Menurut dia, cerita yang menarik itu harus memiliki sebuah keabsurdan tersendiri, tetapi tetap menarik dan mampu “memaksa” pembaca untuk menerima keabsurdan tersebut.

[read_more id="238084"]

Ngobrol Bareng Kreator Komik TAWUR C. Suryo Laksono: Buatlah Cerita Yang Absurd!

Lantas, bagaimana cara mengetahui cerita yang hendak dikembangkan itu bagus atau tidak? Suryo pun memberi saran untuk membuat premis terlebih dahulu. Premis ini adalah sebuah rangkuman kalimat yang menjelaskan cerita secara keseluruhan. Nah, menariknya adalah, Suryo menyarankan untuk membuat satu kalimat saja.

Ya, buatlah satu kalimat yang mampu menjelaskan cerita buatanmu secara keseluruhan! Satu kalimat tersebut haruslah menarik dan mampu membuat pembaca penasaran. Sebuah kalimat yang menarik adalah kalimat yang bisa dikembangkan, memiliki banyak sekali kemungkinan sehingga membuat pembacanya berimajinasi liar.

Ngobrol Bareng Kreator Komik TAWUR C. Suryo Laksono: Buatlah Cerita Yang Absurd!

Selain membahas tentang pembuatan cerita yang menarik, saya pun menyempatkan diri bertanya mengenai beberapa hal di dalam komik, seperti: apakah itu aspek TAWUR? Kenapa hanya kepala suku yang memiliki kemampuan spesial? Siapa yang memberi mereka kekuatan? Dan kenapa pula salah satu karakter bisa kehilangan kekuatannya?

Sayangnya, Suryo tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan saya. Sang kreator komik TAWUR ini hanya tersenyum dan berkata kalau nanti dia jawab, maka akan jadi spoiler berat! Meski begitu, Suryo memberikan beberapa hint mengenai kisah TAWUR ini ke depannya nanti. Akan lebih banyak konspirasi yang terjadi nantinya, tetapi TAWUR akan tetap dikemas secara ringan sehingga mampu dinikmati oleh pembaca remaja. Wah, jadi nggak sabar nih! Hehe...

[read_more id="309262"]

[duniaku_adsense]

Sudahkah kamu membaca komik TAWUR? Bagaimana menurutmu tentang komik ini? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya...

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU