Ngobrol Bareng Kreator Komik TAWUR C. Suryo Laksono: Buatlah Cerita Yang Absurd!

komik tawur reon comics c suryo laksono
art by: Richard Suwono

Bingung bagaimana cara menulis cerita yang menarik? Ingin tahu bagaimana kisah komik TAWUR ke depannya nanti? Yuk, kita simak orbrolan kru Duniaku.net dengan sang kreator komik TAWUR, C. Suryo Laksono!

Pada tanggal 29 April kemarin, kru Duniaku.net berkesempatan untuk meliput event Creators Super Fest 2017. Pada event tersebut, kita bisa bertemu dengan banyak cosplayer internasional dan juga kreator-kreator komik lokal. Nah, salah satu kreator komik lokal yang muncul dalam event tersebut adalah C. Suryo Laksnono sang kreator komik TAWUR. Saya pun segera menghampiri dan bercakap-cakap ringan dengannya.

Baca Juga

Bagi kamu yang belum tahu apa itu TAWUR, komik ini menceritakan tentang Budi, seorang siswa SMA dengan kemampuan terpendam yang unik. Bersama dengan sahabatnya, Wiji, dia nekat mengikuti program rahasia TAWUR demi mendapatkan dana S.O.S (Subsidi Operasional Sekolah).

komik tawur reon comics
Dari atas ke bawah: Budi, Wina, Wiji

Ketika ditanya apa yang menginsiprasi pembuatan TAWUR ini, Suryo pun menjawab bahwa dia terinspirasi dari tawuran sehari-hari para pelajar Indonesia yang sering dia tonton melalui layar kaca. Menurut komikus yang suka menggambar secara tradisional ini, fenomena seperti tawuran adalah sesuatu yang sering terjadi di Indonesia dan menarik untuk dikembangkan menjadi sebuah kisah fiksi. Dari sanalah, dia memulai pembuatan dari TAWUR ini.

Dalam pembuatannya sendiri, sang kreator memasukkan beberapa elemen action dan komedi dengan bumbu-bumbu supernatural yang absurd. Menurut dia, cerita yang menarik itu harus memiliki sebuah keabsurdan tersendiri, tetapi tetap menarik dan mampu “memaksa” pembaca untuk menerima keabsurdan tersebut.

Review Komik TAWUR Volume 1: Ketika Tawuran Sekolah di Indonesia Menjadi Sangat Menarik!

Bosan dengan komik action/fantasi khas Indonesia yang temanya Kerajaan atau Wayang melulu? Komik TAWUR ini akan menyajikan action/fantasi khas Indonesia!
Baca Juga

kreator komik tawur c. suryo laksono

Lantas, bagaimana cara mengetahui cerita yang hendak dikembangkan itu bagus atau tidak? Suryo pun memberi saran untuk membuat premis terlebih dahulu. Premis ini adalah sebuah rangkuman kalimat yang menjelaskan cerita secara keseluruhan. Nah, menariknya adalah, Suryo menyarankan untuk membuat satu kalimat saja.

Ya, buatlah satu kalimat yang mampu menjelaskan cerita buatanmu secara keseluruhan! Satu kalimat tersebut haruslah menarik dan mampu membuat pembaca penasaran. Sebuah kalimat yang menarik adalah kalimat yang bisa dikembangkan, memiliki banyak sekali kemungkinan sehingga membuat pembacanya berimajinasi liar.

Selain membahas tentang pembuatan cerita yang menarik, saya pun menyempatkan diri bertanya mengenai beberapa hal di dalam komik, seperti: apakah itu aspek TAWUR? Kenapa hanya kepala suku yang memiliki kemampuan spesial? Siapa yang memberi mereka kekuatan? Dan kenapa pula salah satu karakter bisa kehilangan kekuatannya?

Sayangnya, Suryo tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan saya. Sang kreator komik TAWUR ini hanya tersenyum dan berkata kalau nanti dia jawab, maka akan jadi spoiler berat! Meski begitu, Suryo memberikan beberapa hint mengenai kisah TAWUR ini ke depannya nanti. Akan lebih banyak konspirasi yang terjadi nantinya, tetapi TAWUR akan tetap dikemas secara ringan sehingga mampu dinikmati oleh pembaca remaja. Wah, jadi nggak sabar nih! Hehe…

Review TAWUR Volume 2: Semakin Seru dengan Karakter Baru!

Melanjutkan kisah sebelumnya, kini Budi harus berhadapan dengan musuh baru yang lebih kuat! Seperti apakah TAWUR volume 2? Simak saja review-nya di sini!
Baca Juga

Sudahkah kamu membaca komik TAWUR? Bagaimana menurutmu tentang komik ini? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya…


SHARE
Previous articleBocoran Dragon Ball Super 88 Mengungkap Hadirnya Mystic Gohan dan Female Broly
Next articleSquare Enix Perkenalkan Re:Legend, Game Simulasi Bertani dan Memelihara Monster
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.