Profil 9 Titan Keturunan Ymir di Attack on Titan Yang Sudah Diketahui

Kekuatan Ymir Fritz turun ke sembilan Titan ini!

Profil 9 Titan Keturunan Ymir di Attack on Titan Yang Sudah Diketahui

9 Titan ini memang bikin penasaran. Seperti sudah dibahas sebelumnya di sejarah Marley dan Eldia, konon yang memiliki kekuatan Titan awalnya hanya Ymir Fritz. Lalu Ymir mewariskan kekuatan ini ke sembilan orang, masing-masing memiliki wujud Titan berbeda-beda. 9 Titan inilah yang lalu mendominasi dunia sebelum ditaklukkan oleh Marley.

Jadi, siapa saja sih 9 Titan ini? Kamu bisa melihat daftarnya di bawah. Tapi untuk yang murni menonton animenya sih waspada, ada spoiler besar sekali di bawah. Tentu, yang memang sudah mengikuti komiknya atau tidak peduli spoiler tak akan memiliki masalah berarti.

1. Colossal Titan

Profil 9 Titan Keturunan Ymir di Attack on Titan Yang Sudah Diketahuiinverse.com

Bisa dibilang Colossal Titan adalah maskot dari Attack on Titan. Dia juga sudah dikonfirmasi merupakan salah satu senjata andalan dari Marley, dan memang sempat mengakibatkan kehancuran besar setiap kemunculannya.

Pemilik kekuatan ini tadinya adalah Bertolt, yang sudah memilikinya sejak kecil. Bahkan sebenarnya Colossal Titan yang menyebabkan kehancuran distrik tempat tinggal Eren menyembunyikan wujud Bertolt yang masih sangat muda. Sekarang, kekuatan ini dimiliki oleh Armin. 

2. Female Titan

Profil 9 Titan Keturunan Ymir di Attack on Titan Yang Sudah Diketahuicbr.com

Satu dari 9 Titan yang berikutnya adalah Female Titan. Biasanya Titan tidak memiliki karakteristik seksual yang jelas. Bahkan Pieck sang Cart Titan pun tidak terlihat sebagai perempuan saat dia berubah. Namun Female Titan digambarkan jelas-jelas sebagai perempuan. Mungkin ini adalah aspek dari gender perempuan si Ymir Fritz, sang Titan pertama.

Kekuatan Female Titan sekarang masih dikuasai Annie Leonhart.

Baca Juga: Hajime Isayama Berniat Menamatkan Attack on Titan di Tahun 2020

3. Armored Titan

Profil 9 Titan Keturunan Ymir di Attack on Titan Yang Sudah Diketahuicomicbook.com

Titan berikutnya adalah Armored Titan. Makhluk yang satu ini juga biang kerok dari krisis yang dihadapi umat manusia di Pulau Paradis. Armored Titan adalah salah satu kekuatan yang masih dipertahankan oleh Marley. Pemiliknya sekarang masih Reiner Braun. Tapi usia Reiner juga sepertinya sudah hampir berakhir karena kutukan Ymir, yang membuat durasi hidup pengguna kekuatan Titan sangat terbatas.

Saat ini ada dua orang yang sudah direncanakan untuk mewariskan kekuatan Reiner: Falco dan Gabi. Gabi adalah kandidat terkuat, namun Falco tampaknya berambisi memperoleh kekuatan Armored Titan semata agar Gabi tak terkena kutukan Ymir. Tapi Falco malah kemudian mewarisi kekuatan Jaw Titan. 

4. Founding Titan

Profil 9 Titan Keturunan Ymir di Attack on Titan Yang Sudah Diketahuicrunchyroll.com/Attack on Titan

Founding Titan bisa dibilang adalah yang paling vital dari 9 Titan. Tak tanggung-tanggung, kekuatan makhluk ini adalah Coordinator, yakni mengendalikan para Titan yang tidak memiliki akal. Mengingat manusia kesulitan untuk menghadapi Titan, kekuatan ini bisa jadi senjata super yang tak terhentikan.

Awalnya, Founding Titan adalah warisan turun-temurun keluarga Fritz, yang lalu menjadi keluarga Reiss. Pemilik terakhir kekuatan ini dari silsilah Reiss adalah Frieda. Lalu Grisha Yeager merengut warisan ini dengan memangsa Frieda. Ini dilanjutkan lagi kemudian oleh Eren, yang memangsa ayahnya sendiri. Jadi sekarang kekuatan ini pun dipegang oleh Eren.

5. Attack Titan

Profil 9 Titan Keturunan Ymir di Attack on Titan Yang Sudah Diketahuicrunchyroll.com/Attack on Titan

Attack Titan, si Shingeki no Kyojin yang menjadi judul Jepang anime dan manga ini, adalah warisan Eren dari ayahnya, Grisha. Sebelumnya Grisha sendiri sudah memangsa Eren Krueger si penolongnya. Tapi itu juga karena Eren Krueger sudah berada di akhir masa hidupnya dan menghendaki demikian.

Attack Titan versi Eren sebetulnya sudah tidak murni lagi. Terungkap kemudian kalau sebagai pemangsa Grisha, yang sebelumnya sudah memangsa Frieda, Eren sebetulnya merupakan Attack Titan yang memiliki kemampuan coordinator Frieda Reiss. Bila Eren mengembangkan kekuatan ini dengan maksimal, ia akan bisa menghadapi ancaman pasukan Marley.

Kekuatan Titan sejati Attack Titan adalah mengakses memori masa lalu dan juga masa depan para penggunanya. 

6. Beast Titan

Profil 9 Titan Keturunan Ymir di Attack on Titan Yang Sudah Diketahuicrunchyroll.com/Attack on Titan

Ya, Titan yang baru dikenal oleh penonton season dua anime ini juga adalah satu dari 9 Titan warisan Ymir. Beda dari yang lain, wujudnya lebih menyerupai hewan ketimbang manusia. Ia bahkan ditumbuhi rambut lebat seperti monyet. Tak heran dia memiliki nama seperti itu.

Beast Titan saat ini dikuasai oleh saudara Eren dari ibu berbeda, yakni Zeke. Zeke sendiri, sebagai keturunan keluarga Fritz, memiliki keunikan. Dia mampu menggunakan kekuatan coordinator secara terbatas untuk memimpin para Titan yang disuntikkan cairan tubuhnya. Pemilik kekuatan Beast Titan sebelum Zeke tidak mampu melakukan itu karena tidak memiliki darah keluarga Fritz.

7. Jaw Titan

Profil 9 Titan Keturunan Ymir di Attack on Titan Yang Sudah Diketahuiattackontitan.fandom.com

Jaw Titan adalah salah satu Titan yang kini dikendalikan oleh Marley. Makhluk yang satu ini diwariskan kekuatannya ke Porco Galliard. Sebelumnya, kakak Porco menyertai Bertolt dan Reiner ke Paradis. Tapi dia malah dimangsa Ymir. Ymir sendiri mampu berubah wujud dari Titan reguler ke Dancing Titan yang berakal karenanya. Ymir kemudian menyerahkan diri dan dieksekusi dengan diumpankan ke Galliard.

Porco kemudian membiarkan dirinya dimakan oleh Falco, dan Falco pun menjadi penerus Jaw Titan saat ini. 

8. Cart Titan

Profil 9 Titan Keturunan Ymir di Attack on Titan Yang Sudah Diketahuimangadex.cc/Attack on Titan

Bukan, ini bukan versi Titan Eric Cartmannya South Park. Cart adalah Titan yang bergerak dengan merangkak dan memiliki punggung kuat. Ini membuat dia bisa digunakan sebagai Titan pembawa barang. Di perang Marley, dia bahkan cukup kuat untuk membawa bilik senapan mesin.

Penampilannya terkesan biasa saja, sehingga tak mengherankan kalau awalnya kamu mengira Cart hanya Titan biasa. Namun dalam pertempuran untuk merebut kembali Wall Maria, Cart menunjukkan kecerdasan seperti saat ia menyelamatkan Zeke. Tanpa Cart, Zeke sudah mati dibunuh oleh Levi.

Pemilik kekuatan Cart Titan adalah Pieck, seorang wanita Eldia yang mengabdi di militer Marley. Pieck sendiri pincang. Jadi kemungkinan besar versi Titannya berwujud seperti itu karena kakinya tidak mampu digunakan berdiri

9. War Hammer Titan

Profil 9 Titan Keturunan Ymir di Attack on Titan Yang Sudah Diketahuicomicbook.com

Attack on Titan 101 akhirnya mengungkap wujud Warhammer Titan. Bentuk kepala makhluk ini membuat dia terlihat seperti mengenakan helm kesatria. Mungkin ini tak mengherankan, mengingat kekuatan ini dimiliki oleh keluarga bangsawan Tybur dan sudah diturunkan secara turun temurun.

Kekuatan utama Warhammer Titan adalah menciptakan obyek, di antaranya palu dan pasak. Ia memiliki palu yang merupakan bagian dari transformasinya. Palu ini bisa ia gunakan untuk menghajar Eren habis-habisan. Ia juga bisa memunculkan pasak dari berbagai ukuran, mulai dari yang bisa menembus perut Assault Titan hingga menusuki kakinya.

Awalnya pengguna kekuatan ini diduga Willy Tybur. Tapi itu salah. Willy hanya menempatkan diri sebagai distraksi. Pemilik kekuatan sejati Warhammer Titan adalah saudarinya. Terus sekarang kekuatan ini sudah dimiliki oleh Eren, yang memangsa pemilik kekuatan sebelumnya.

Jadi, itulah pemilik kekuatan 9 Titan yang telah diketahui hingga saat ini. Gimana menurut kamu?

Artikel pertama terbit tanggal 26 Januari 2020 dirilis ulang tanggal 6 November 2023.

Baca Juga: 7 Karakter Attack on Titan Ini Berpotensi Menghentikan Rencana Eren!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU