Ini Dia Alasan Kenapa Banyak Karakter Kartun Dibuat Berwarna Kuning!

Karakter Kartun Berwarna Kuning

Apa persamaan dari karakter The Simpsons, Spongebob Squarepants, Tweety, dan Winnie the Pooh? Ya, selain semuanya adalah kartun populer, deretan karakter kartun tadi diciptangan dengan warna yang sama, kuning. Jadi, kenapa banyak karakter kartun berwarna kuning dibuat oleh para animator?

Bukan tanpa alasan mengapa banyak karakter kartun berwarna kuning kerap kali wara-wiri di acara animasi. Matt Groening, sang kreator kartun The Simpsons menuturkan jika pemilihan warna untuk karakter yang dibuat adalah salah satu faktor penting dan perlu pemikiran yang matang.

Dengan menampilkan warna-warna cerah, secara visual karakter-karakter tersebut akan lebih mudah menarik perhatian penonton. Salah satu yang dipilih adalah warna kuning. “Saya ingin meninggalkan kesan pada penonton saat dirinya mengganti saluran televisi dan melihat sekelibatan berwarna kuning, mereka sudah tahu bahwa itu The Simpsons,” ujar Matt Groening.

Baca Juga

Lewat saluran ChannelFrederator, seorang Youtubers berusaha menjelaskan kenapa banyak karakter kartun berwarna kuning. Berdasarkan teori-teori yang dipaparkan, program televisi di era modern kebanyakan memakai warna merah, biru, dan hijau dibanding warna-warna standar lainnya.

Berdasarkan skala RGB, warna kuning dan biru merupakan warna yang saling melengkapi satu sama lain. Ya, sejak latar belakang kebanyakan menggunakan biru langit atau laut, warna kuning pun menjadi pilihan yang tepat sebagai warna kontras yang dapat menarik perhatian penonton.

Karakter Kartun Berwarna Kuning


Faktor psikologi juga turut memengaruhi pilihan warna kuning. konteks budaya menentukan dengan tepat warna apa yang ada pada otak manusia. Dan warna kuning dalam film-film animasi sering kali mengekspresikan sifat energik, aktivitas, dan kegembiraan. Sebut saja seperti para Minion di film Despicable Me atau Joy dalam Inside Out.

Karena warnanya yang cukup mencolok, tak aneh warna kuning juga dipilih sebagai latar belakang dari rambu-rambu peringatan yang biasa kita lihat di pinggir jalan raya.

Alasan itu juga kenapa taksi-taksi di Amerika identik dengan warna kuning, yap salah satunya adalah agar para penumpang dapat dengan mudah menemukan taksi di tengah padatnya jalan raya Amerika.

Hebat! 5 Serial Kartun Ini Sukses Meramalkan Kejadian di Masa Depan

Terdapat beberapa serial kartun yang meramalkan masa depan. Mulai dari kematian selebriti sampai pemilihan presiden Amerika. Inilah daftarnya!
Baca Juga

Jadi sekarang kamu sudah paham kan kenapa banyak karakter kartun berwarna kuning dibuat.

Diedit oleh Fachrul Razi