7 Alasan Kenapa Sinetron Masih Tetap Tayang di Indonesia Mengalahkan Serial Anime

kenapa sinetron masih tetap tayang

Penasaran kenapa sinetron masih tetap tayang di Indonesia? Berikut ini beberapa faktor yang memengaruhinya.

Tanpa kita sadari, sebenarnya tayangan televisi Indonesia sedang dijajah. Lebih tepatnya dijajah oleh serbuan deretan sinetron yang selalu hadir di jam prime time. Mungkin bukan jadi masalah jika serial sinetron tersebut memberikan hiburan sekaligus nilai edukasi. Namun sayangnya, kebanyakan sinetron Indonesia malah hanya memperhatikan hiburannya saja. Terlebih dengan alur cerita yang rumit tanpa arah tujuan yang jelas sehingga membuat jumlah episodenya membengkak sampai ribuan.

Kehadiran banyaknya sinetron tak mendidik juga secara tak langsung memberikan dampak buruk bagi penonton, terutama penonton di bawah umur. Terlebih dengan hilangnya tayangan kartun atau anime yang memang menjadi hiburan utama anak-anak.

Baca Juga

Meski banyak mendapat protes dari banyak kalangan, namun acara-acara sinetron tak mendidik masih saja tayang di berbagai televisi swasta. Mungkin karena beberapa alasan ini kenapa sinetron masih tetap tayang di Indonesia.

1

Punya Basis Penonton yang Banyak

kenapa sinetron masih tetap tayang

Mungkin cukup mengejutkan, tapi nyatanya acara-acara sinetron yang tayang di jam prime time punya basis fan yang cukup masif dan fanatik. Sebut saja seperti Tukang Bubur Naik Haji, Anak Jalanan, atau Tukang Ojek Pengkolan. Ya, Mungkin salah satu penonton setianya adalah orang tuamu.

Hasil riset Nielsen tentang pengukuran pemirsa televisi pada tahun 2012 menunjukan jika sinetron adalah jenis acara paling diminati oleh penonton di Indonesia. Dalam riset tersebut diketahui jika penonton Indonesia bisa menghabiskan sekitar 197 jam untuk menonton sinetron. Angka itu bukan tak mungkin akan terus bertambah setiap tahun mengingat acara-acara sinetron semakin banyak bermunculan.

2

Rating Tinggi

kenapa sinetron masih tetap tayang

Dengan jumlah penonton yang begitu banyak tentu akan berbanding lurus dengan nilai rating yang dihasilkan. Dalam satu bulan terakhir saja, lima rating tertinggi didominasi oleh sinetron-sinetron dari dua saluran televisi swasta yakni RCTI dan SCTV.

Di era modern di mana persaingan begitu ketat, faktor rating menjadi harga mati bagi stasiun televisi. Pasalnya dengan semakin tinggi rating, semakin banyak pemasang iklan. Jadi tak mengherankan mengapa beberapa stasiun televisi begitu bernafsu membuat beragam judul sinetron yang memang punya pangsa pasar besar.

Sebaliknya, cari saja judul anime di 10 besar di atas. Tidak ada, bukan? Setidaknya sih Upin & Ipin serta Adit & Sopo Jarwo masih cukup tinggi ratingnya, memberi harapan bagi penonton Indonesia.

3

Sistem Rating yang rancu

kenapa sinetron masih tetap tayang

Sayangnya sistem rating yang dipakai sekarang tidak bisa sepenuhnya menunjukan jika acara tersebut memang benar-benar bagus. Acara dengan rating yang tinggi belum tentu acara tersebut berkualitas.

Internet cepat belum bisa menjangkau seluruh Indonesia. Tak semua kalangan juga bisa menyaksikan siaran TV kabel dan sejenisnya. Pada akhirnya anggota masyarakat yang tidak beruntung mempunyai akses teknologi hanya bisa mengakses TV lokal. Dan acara yang paling banyak tersedia di TV lokal ya sinetron.


Alasan apalagi yang membuat kenapa sinetron masih tetap tayang di Indonesia? Cek di halaman selanjutnya!

1
2

SHARE
Previous articleGuide Mobile Legends: Kalahkan Alucard Tipe Vampiric dengan Mudah!
Next articleTokoh yang Menginspirasi Desain Karakter Mobile Legends – Bagian 1
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca