Memahami Posisi-Posisi Pemain Eyeshield 21 – Penjelasan Mendalam Tim Defense Futbol Amerika

penjelasan tim defense futbol Amerika

Sebelumnya, Duniaku.net sudah memberi penjelasan posisi pemain Eyeshield 21 untuk tim penyerang. Sekarang giliran tim defense futbol Amerika dapat sorotan!

Baca Juga

Ya, penjelasan soal tim defense futbol Amerika ini merupakan kelanjutan dari pembahasan posisi pemain penyerang Eyeshield 21.

Kebanyakan posisi tim penyerang sudah disorot di manga heboh yang satu ini. Tidak demikian dengan tim defense futbol Amerika, di mana hanya beberapa saja yang mendapat sorotan penting.

Jadi, kalau kamu memang penasaran dengan futbol Amerika, coba saja baca penjelasan ini untuk memahami dengan lebih lengkap permainannya. Pertama-tama, lihat saja skema pertahanan standar di bawah ini.

image credit: conceptdraw.com

Lalu mari kita mulai pembahasannya.

1

Defensive Tackle (DT)

Memahami Posisi-Posisi Pemain Eyeshield 21 – Penjelasan Mendalam Soal Posisi Anggota Offense

Tidak paham posisi-posisi pemain Eyeshield 21 sampai manganya tamat? Jangan khawatir. Kamu bisa membaca pembahasannya di sini!
Baca Juga

Offensive lineman adalah para pembuka jalan untuk tim penyerang. Terkadang mereka akan menyerbu maju, agar para pelari memiliki ruang untuk melesat. Terkadang mereka akan mundur, membentuk pagar betis agar quarterback dapat mengumpan bola tanpa dihajar.

Sebaliknya, defensive lineman adalah ujung tombak tim bertahan untuk menyerbu musuh. Sering kali orang-orang di posisi ini adalah yang terbesar dan terkuat di tim defense futbol Amerika. Jumlah defensive lineman biasanya antara 4 (dalam formasi 4-3) atau 3 (dalam formasi 3-4).

Posisi defensive tackle berada di bagian tengah defensive lineman. Biasanya yang menempati posisi ini adalah lineman terbesar dan terkuat. Terkadang, tugas mereka hanya bertahan agar tidak terdorong. Dengan begitu, para pelari musuh bisa kesulitan untuk menembus mereka.

Pemain yang Menempati Posisi Ini: Gao, Otawara, Kurita (semuanya saat bertahan, berhubung saat menyerang mereka semua menjadi center)

2

Defensive End


Defensive end adalah lineman yang berada di sisi-sisi samping. Tugas mereka adalah sebisa mungkin memastikan running back atau quarterback tidak bergerak ke sisi mereka, sehingga tim bertahan bisa fokus menghadapi kemungkinan serangan datang dari tengah.

3

Linebacker (WLB, MLB, SLB)

Linebacker adalah posisi tim defense futbol Amerika yang cukup disorot di manga Eyeshield 21. Biasanya tim dengan pertahanan bagus memiliki linebacker hebat yang minimal dapat membuat Deimon Devil Bats kesulitan.

Berdiri di belakang para defensive lineman, linebacker sebenarnya adalah lineman cadangan. Kalau ada running back yang bisa lolos dari para lineman atau wide receiver maupun tight end yang menangkap bola di area yang mereka jaga, sudah tugas mereka untuk melumpuhkan pemain musuh.

Linebacker sendiri terbagi menjadi weakside linebacker (WLB), middle linebacker (MLB), dan strongside linebacker (SLB).

Middle linebacker adalah quarterback dari tim defense futbol Amerika. Merekalah yang akan menerima instruksi dari pelatih untuk mengatur strategi di lapangan. Selain itu, mereka juga diharapkan bisa melakukan segala sesuatu di tim bertahan, mulai dari menghajar running back, merebut operan musuh, hingga mengawasi pergerakan quarterback.

Strongside linebacker berdiri di sisi pertahanan musuh yang memiliki tight end. Berhubung biasanya running back akan lari mengikuti perlindungan tight end, pemain di posisi ini harus siaga menghadapi serbuan pelari musuh.

Sebaliknya, weakside linebacker biasanya adalah yang tercepat di tim karena mereka sering kali harus menangani umpan musuh.

Pemain yang Menempati Posisi Ini: Shin Seijuro, Rui Habashira


 

Di atas disebutkan soal formasi 4-3 dan 3-4. Yang dimaksud di sini adalah jumlah dari lineman dan linebacker. Di formasi 4-3, yang juga merupakan formasi paling umum di Eyeshield, ada 4 lineman dan 3 linebacker. Sementara itu di 3-4 ada 3 lineman dan 4 linebacker. Berhubung lineman-nya sedikit, di formasi 3-4 yang menempati defensive tackle adalah pemain paling besar dan kuat. Tipe-tipe dengan tubuh dan tenaga seperti Gao dan Kurita.

Tapi selain 7 itu, ada lagi para defensive back. Apa fungsi mereka? Cek halaman berikutnya!

1
2

SHARE
Previous articleSadar Tidak? Inilah Daftar Easter Egg di Guardians of the Galaxy vol.2!
Next article6 Kisah Pembunuhan Detective Conan Ini akan Membuat Kamu Ngeri!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.