6 Rahasia Bermain Pro Evolution Soccer dari Bayu Mockingjay, Talent Scout PES Ternama Indonesia

Tips rahasia bermain pro evolution soccer Bayu Mockingjay
Bayu Mockingjay

Pada perhelatan PES League Indonesia 2017 lalu, Duniaku.net berkesempatan untuk menggali berbagai tips menarik tentang Pro Evolution Soccer dari Bayu Mockingjay. Inilah enam rahasia bermain Pro Evolution Soccer yang memungkinkan kamu bermain seperti pro!

Baca Juga

Hal-hal penting ketika bermain PES

“Ya, kalau yang secara alami, tidak cukup dengan sering mengikuti lomba atau banyaknya jam terbang. Akan tetapi dia harus memahami semua permainan, mengenai yang sudah saya katakan tadi. Passingnya harus tepat, jangan sampai salah. Pressingnya juga bisa menghambat serangan lawan. Finishingnya 90% di depan gawang menjadi gol. Dribblenya juga harus banyak teknik yang dikuasai, link feint juga. Dan satu lagi yang kelima mencari pola serangan yang efektif.”

Pola serangan yang paling efektif di PES 2017

“Crossing dan heading sangat-sangat menonjol di PES 2017. Di edisi ini sepertinya kita dimanjakin dengan heading-heading yang 90 persen bisa menghasilkan gol. Akan tetapi, jika level permainan sudah sama, ada beberapa player yang sudah bisa mengatasi heading dan crossing yang berbahaya. Dan akhirnya harus main masuk ke dalam pertahanan lawan.”

data pack 3 pes 2017

Tip mengatasi heading

“Antisipasi crossing. Belajar pressing di lini pertahanan LB RB, sayap kita. Jangan mudah melepas untuk lawan melakukan crossing.”

Formasi efektif

“Keseimbangan 4-3-3 cukup efektif. Memang ada tipikal formasi timpang dari player-player zaman dulu. Mereka punya kelebihan untuk edit position yang berat di kiri atau kanan. Itu memudahkan mereka untuk membuat peluang crossing dan menciptakan gol dari heading.”

“Jari Patah”

Tak hanya tips-tips PES yang bisa dipelajari di atas, Bayu juga mengungkapkan keahlian dalam bermain PES juga dipengaruhi oleh kondisi fisik yang “spesial” dari pemainnya. Pemain yang memiliki ibu jari yang bersendi “patah” memiliki grip yang lebih baik daripada pemain lainnya dan berpotensi menjadi pemain pro yang lebih baik.

Hal ini, ungkap Bayu, adalah hasil dari penelitian dan observasi yang ia lakukan selama ia menjadi talent scout pemain PES. Ia melihat bahwa pemain yang memiliki sendi ibu jari yang patah mampu mengontrol pemainnya lebih baik dan merespons permainan lebih cepat daripada yang memiliki sendi “normal”.

tipe pemain pes


Pentingnya menguasai body balance

Body balance, ungkap Bayu, merupakan statistik yang paling penting di PES 2017. Untuk bisa menguasai permainan dan mendominasi lawan, pemahaman dan penggunaan body balance adalah yang terpenting. Apalagi, dengan unggulnya heading dan crossing di PES 2017, adu fisik adalah hal yang sangat kentara.

Untuk menguasai body balance, tentunya kamu harus mencari tim dengan rata-rata body balance yang baik. Tak hanya itu, teknik bermainmu juga harus berpusat pada dominasi body balance. Salah satu caranya adalah dengan menguasai teknik Super Cancel (jika di PS4, menekan R1+R2), sebuah teknik yang memungkinkan kamu untuk membatalkan gauge passing atau shoot, serta memungkinkan kamu mengontrol pemain secara manual ketika mengejar bola.

Dengan teknik ini, kamu bisa mencari posisi yang lebih unggul dari lawanmu. Kamu pun mampu mendominasi adu badan dan perebutan bola-bola atas.

4 Tips Meraih Kemenangan dengan Mudah di PES 2017

Terlebih menang di PES bisa dibilang gampang-gampang susah. Nah untuk itu, Duniaku akan memberikan sedikit tips meraih kemenangan di PES 2017
Baca Juga

Nah itulah 6 rahasia bermain Pro Evolution Soccer dari Bayu Mockingjay. Lalu siapa sih Bayu Mockingjay itu? Yuk kita intip profilnya di halaman kedua!