6 Rahasia Bermain Pro Evolution Soccer dari Bayu Mockingjay, Talent Scout PES Ternama Indonesia

Sudah membaca tips Pro Evolution Soccer seabrek tapi masih kalah juga? Ini nih tips rahasia dari masternya Pro Evolution Soccer langsung! Di sini juga diungkapkan ternyata pemain pro bisa dilihat dari bentuk fisik jari lho!

6 Rahasia Bermain Pro Evolution Soccer dari Bayu Mockingjay, Talent Scout PES Ternama Indonesia

6 Rahasia Bermain Pro Evolution Soccer dari Bayu Mockingjay, Talent Scout PES Ternama Indonesia Bayu Mockingjay[/caption]

Pada perhelatan PES League Indonesia 2017 lalu, Duniaku.net berkesempatan untuk menggali berbagai tips menarik tentang Pro Evolution Soccer dari Bayu Mockingjay. Inilah enam rahasia bermain Pro Evolution Soccer yang memungkinkan kamu bermain seperti pro!

[duniaku_baca_juga]

Hal-hal penting ketika bermain PES

"Ya, kalau yang secara alami, tidak cukup dengan sering mengikuti lomba atau banyaknya jam terbang. Akan tetapi dia harus memahami semua permainan, mengenai yang sudah saya katakan tadi. Passingnya harus tepat, jangan sampai salah. Pressingnya juga bisa menghambat serangan lawan. Finishingnya 90% di depan gawang menjadi gol. Dribblenya juga harus banyak teknik yang dikuasai, link feint juga. Dan satu lagi yang kelima mencari pola serangan yang efektif."

Pola serangan yang paling efektif di PES 2017

"Crossing dan heading sangat-sangat menonjol di PES 2017. Di edisi ini sepertinya kita dimanjakin dengan heading-heading yang 90 persen bisa menghasilkan gol. Akan tetapi, jika level permainan sudah sama, ada beberapa player yang sudah bisa mengatasi heading dan crossing yang berbahaya. Dan akhirnya harus main masuk ke dalam pertahanan lawan."

6 Rahasia Bermain Pro Evolution Soccer dari Bayu Mockingjay, Talent Scout PES Ternama Indonesia

Tip mengatasi heading

"Antisipasi crossing. Belajar pressing di lini pertahanan LB RB, sayap kita. Jangan mudah melepas untuk lawan melakukan crossing."

Formasi efektif

"Keseimbangan 4-3-3 cukup efektif. Memang ada tipikal formasi timpang dari player-player zaman dulu. Mereka punya kelebihan untuk edit position yang berat di kiri atau kanan. Itu memudahkan mereka untuk membuat peluang crossing dan menciptakan gol dari heading."

"Jari Patah"

Tak hanya tips-tips PES yang bisa dipelajari di atas, Bayu juga mengungkapkan keahlian dalam bermain PES juga dipengaruhi oleh kondisi fisik yang "spesial" dari pemainnya. Pemain yang memiliki ibu jari yang bersendi "patah" memiliki grip yang lebih baik daripada pemain lainnya dan berpotensi menjadi pemain pro yang lebih baik.

Hal ini, ungkap Bayu, adalah hasil dari penelitian dan observasi yang ia lakukan selama ia menjadi talent scout pemain PES. Ia melihat bahwa pemain yang memiliki sendi ibu jari yang patah mampu mengontrol pemainnya lebih baik dan merespons permainan lebih cepat daripada yang memiliki sendi "normal".

6 Rahasia Bermain Pro Evolution Soccer dari Bayu Mockingjay, Talent Scout PES Ternama Indonesia

[duniaku_adsense]

Pentingnya menguasai body balance

Body balance, ungkap Bayu, merupakan statistik yang paling penting di PES 2017. Untuk bisa menguasai permainan dan mendominasi lawan, pemahaman dan penggunaan body balance adalah yang terpenting. Apalagi, dengan unggulnya heading dan crossing di PES 2017, adu fisik adalah hal yang sangat kentara.

Untuk menguasai body balance, tentunya kamu harus mencari tim dengan rata-rata body balance yang baik. Tak hanya itu, teknik bermainmu juga harus berpusat pada dominasi body balance. Salah satu caranya adalah dengan menguasai teknik Super Cancel (jika di PS4, menekan R1+R2), sebuah teknik yang memungkinkan kamu untuk membatalkan gauge passing atau shoot, serta memungkinkan kamu mengontrol pemain secara manual ketika mengejar bola.

Dengan teknik ini, kamu bisa mencari posisi yang lebih unggul dari lawanmu. Kamu pun mampu mendominasi adu badan dan perebutan bola-bola atas.

[read_more id="268906"]

Nah itulah 6 rahasia bermain Pro Evolution Soccer dari Bayu Mockingjay. Lalu siapa sih Bayu Mockingjay itu? Yuk kita intip profilnya di halaman kedua!

6 Rahasia Bermain Pro Evolution Soccer dari Bayu Mockingjay, Talent Scout PES Ternama Indonesia Bayu menjadi salah satu analis di PES League Indonesia 2017[/caption]

Halo Mas Bayu, bisa memperkenalkan diri dulu?

Saya Bayu Mockingjay, founder dari Mockingjay Academy Jakarta

Apa itu Mockingjay Academy?

Semacam sekolah PES tapi tidak begitu formal. Jadi kita mengajarkan kepada player-player yang masih pemula untuk bisa masuk ke jajaran pemain pro nantinya. Terbuka buat siapa saja.

[duniaku_baca_juga]

Apa saja prestasinya?

Ada. Mockingjay sudah dua generasi. Setiap generasi ada lima siswa. Sekarang sudah generasi kedua. Bulan ini mungkin mau buka generasi ketiga. Dari generasi pertama yang berprestasi adalah Ghifary Mockingjay. Pernah menjuarai kejuaraan nasional dengan total hadiah Rp10 juta. Di final mengalahkan Rizky Batara, pemain timnas 2016.

Yang kedua Epin MJ. Kita biasa disebut MJ (singkatan Mockingjay). Masuk menjadi juara series PES League ketiga di Jakarta. Di generasi kedua ada Gilang MJ menjadi juara ketiga di kejuaraan di Mangga Dua total hadiah 5 juta.

6 Rahasia Bermain Pro Evolution Soccer dari Bayu Mockingjay, Talent Scout PES Ternama Indonesia

Apakah ada seleksi tertentu untuk bisa masuk Mockingjay?

Biasanya dari dua generasi kemarin kebetulan masih menggunakan cara pilihan saja. Saya mencari dari kompetisi, lalu melihat ada beberapa anak yang saya anggap bakal berpotensi menjadi pemain pro.

Sejak kapan Mockingjay berdiri?

Berdiri sejak 19 Juni 2016.

[read_more id="269544"]

Sebelum di MJ, apa kegiatan Mas Bayu?

Aku player sejak tahun 1999 di Winning Eleven 3 PS1. Saya menjadi pemain PES sekitar 2-3 tahun. Kemudian sebagai penyelenggara kompetisi, kemudian menjadi manajer, lalu membentuk tim. Saya dulu memiliki tim Jaguar. Sekitar 1999-2009, hampir seperti Mockingjay dan sudah sampai 5 generasi.

Saya sempat vakum dari 2009 baru 2016 saya kembali membangun Mockingjay.

Kenapa namanya Mockingjay?

Sehabis nonton Mockingjay (Hunger Games), jadi rasanya ini adalah nama yang tepat dan booming saat itu.

6 Rahasia Bermain Pro Evolution Soccer dari Bayu Mockingjay, Talent Scout PES Ternama Indonesia

Bagaimana menurut mas Bayu tentang talenta-talenta PES di Indonesia?

Luar biasa antusiasme kali ini (PES League Indonesia 2017, red). Jauh dari tahun kemarin. Karena lebih global seleksinya, di Asia Tenggara dan online juga. Banyak player-player WE  (Winning Eleven) yang tadinya sudah mundur dari dunia kompetisi akhirnya berminat menjadi salah satu pemain timnas karena PES League ini. Saya yakin tahun depan akan lebih banyak lagi peminatnya.

Pemain yang mengejutkan di PES League 2017?

Jamaluddin dari Makassar itu bagus. Di luar dugaan sekali.

Apa sih kegiatan di Mockingjay?

Di Mockingjay PES Academy ini diajarkan bagaimana meningkatkan grade permainan. Ada 4 dasar yang akan dilatih, sehingga pemain pemula bisa sejajar permainannya dengan pemain pro yang sudah lama jam terbangnya. Nanti akan dikasih metode latihan yang tujuannya untuk meningkatkan dribble, passing, finishing, pressing, yang tadinya belum mencapai grafik 90 persen di Mockingjay bisa naik menjadi 90 persen.

Terus pengetahuan tentang formasi, penjarian cara memegang stick yang sempurna, itu beberapa hal yang diajarkan. Nanti kita juga carikan sparing yang sudah pro. Mereka akan dicarikan sparing pro yang sudah menjuarai berbagai turnamen.

[read_more id="310354"]


Ya, itulah wawancara Duniaku.net bersama sang talent scout yang sudah malang melintang di dunia PES Indonesia, Bayu Mockingjay! Apakah kini kamu tertarik menjadi pemain pro PES?

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU