Wajib Tahu! Fakta yang Mungkin Belum Kalian Tahu Tentang Esport!

Kalian pernah dengar tentang esport? Apakah kalian tahu kenapa esport bisa booming seperti sekarang? Apa kalian juga tahu ada berbagai pilihan karier dalam esport yang bisa kalian tekuni? Penasaran kan? Yuk kita simak fakta dan data mengenai esport yang mungkin kalian belum tahu!


1

Banyak Tim Olahraga Profesional yang Terjun ke Dunia Esport!

Industri esport mencapai nilai $696 juta pada tahun 2017. Dan nilai tersebut diperkirakan oleh para ahli akan mencapai dua kali lipatnya pada tahun 2020! Dengan nilai industri yang besar tersebut, tidak heran banyak pihak yang berusaha mendapat keuntungan dari indsutri ini.

Hal ini menarik berbagai organisasi untuk terjun berkecimpung di dunia esport, termasuk tim olah raga profesional. Tim olah raga sekelas Paris Saint Germain, Manchester City, dan Philadelphia 76’ers merupakan beberapa nama yang memutuskan untuk terjun ke dunia esport.

Beberapa contoh nyata adalah FC Schalke yang akan terjun ke scene FIFA dan League of Legends, dan Valencia FC yang akan terjun ke scene Rocket League. Selain dari pada tim yang disebutkan di sini masih banyak tim olahraga lain yang terjun ke dunia esport.

Baca Juga
2

Umur Rata-Rata Atlet Esport

Para atlet esport atau gamer profesional terkenal memulai dari umur yang sangat muda, tidak jarang dimulai dari umur belasan tahun mereka sudah mulai bermain secara profesional dan terikat kontrak dengan sebuah tim esport.

Namun apakah kalian tahu berapa umur rata-rata para atlet esport? penelitian terakhir menunjukan umur 33 adalah rata-rata umur dari para gamer yang masih bermain secara kompetitif di industri esport. Data tersebut diolah dari beberapa pemain game populer seperti Dota 2, League of Legends, CS:GO, Street Fighter 4, dan lain-lain.

Penelitian tersebut memang belum sempurna karena keterbatasan waktu dan data mengenai topik ini, namun cukup masuk akal mengingat respon dan daya tangkap manusia yang terus berkurang seiring usia yang bertambah. Tidak heran banyak gamer profesional yang memutuskan pensiun di bawah usia 30 tahun karena mereka merasa tidak dapat bersaing dengan talenta baru yang berusia lebih muda.

3

Banyak Pilihan Karir yang Menjanjikan di Dunia Esport!

Kalau kalian berpikir hanya gamer profesional yang ahli dalam suatu game yang dapat berkarir dalam esport, kalian salah besar!

Semakin berkembangannya industri esport ke arah yang lebih profesional, beragam profesi muncul dan berkembang dengan sangat cepat. Seperti layaknya tim olah raga profesional, jabatan pelatih, manajer, marketing, bahkan terapis bisa kalian temukan dalam sebuah tim esport.

Pertandingan eSport akan Masuk Sebagai Cabang Asian Games! Sudah Siapkah Indonesia?

Perhelatan olahraga terbesar se-Asia memasukkan eSport sebagai salah satu cabang. Siapkah Indonesia dalam menggelar dan mengikuti eSport di Asian Games?
Baca Juga

Belum lagi bila kita berbicara penyenggaraan sebuah turnamen raksasa sekelas The International atau LoL World Championship yang memerlukan berbagai teknisi dan talent untuk memastikan acara berlangsung lancar tanpa masalah. Kedepannya, jabatan seperti legal manager, talent scout, atau team psychologist akan menjadi lumrah di scene esport.

Itulah beberapa fakta esport yang mungkin belum ketahui! Bila kalian tertarik untuk mengetahui fakta lainnya, jangan lupa cek video di atas dan ikuti terus seri WAJIB TAHU! di youtube channel Duniaku.net ya! Jangan lupa di like, share dan subscribe ya guys!