Inilah Pasona O2, Teknologi Harvest Moon Futuristik di Dunia Nyata!

Futuristic Harvest Moon

Teknologi dalam game Harvest Moon yang futuristik kini sudah ada di dunia nyata, lho! Inilah dia, Pasona O2!

Salah satu serial spin-off dari Harvest Moon, yaitu Innocent Life: A Futuristic Harvest Moon, mengangkat kisah mengelola pertanian di masa depan. Kamu akan dibawa pada tahun 2022 di mana berkebun dan bertani dilakukan di dalam ruangan. Game spin-off ini bertujuan untuk mengembalikan kejayaan tanah dengan meruntuhkan kutukan dari sang penguasa. Ternyata, konsep pertanian dan perkebunan di dalam ruangan yang diangkat dalam Innocent Life: A Futuristic Harvest Moon sudah diaplikasikan di Jepang oleh salah satu perusahaan, Pasona O2.

Baca Juga

Pasona O2 adalah suatu teknologi yang memungkinkan bercocok tanam di dalam ruangan, termasuk sayur mayur dan padi. Dengan tidak adanya sinar matahari, tanaman ditumbuhkan oleh cahaya buatan dari dioda pemancar cahaya, lampu halida logam, dan lampu uap natrium bertekanan tinggi.

Suhu ruangan dikendalikan oleh komputer dan sayuran ditanam dengan metode bebas pestisida dimana pupuk dan karbon dioksida disampaikan dengan penyemprotan. Sistem hidroponik, yang mana tanaman tumbuh di air dan hampir tidak ada tanah yang digunakan, merupakan salah satu metode budidaya yang digunakan di fasilitas ini.

teknologi Futuristic Harvest Moon pasona o2

Pasona sendiri adalah perusahaan asal Jepang yang bergerak di bidang agrikultural. Sebelumnya, Pasona mempunyai lahan pertanian dan perkebunan konvensional. Lahan-lahan tersebut dikerjakan oleh orang-orang pengangguran yang menggantungkan hidupnya pada pekerjaan paruh waktu.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi, Pasona mulai mengembangkan Pasona O2. Shigeharu Shimamura, ahli fisiologi tanaman dan CEO Mirai, telah mengubah pabrik Sony yang ditinggalkan di Prefektur Miyagi, Jepang, menjadi pertanian indoor terbesar di dunia.

Ada 6 lantai yang digunakan oleh Pasona O2:

Futuristic Harvest Moon

Lantai 1 – Kebun Bunga: menggunakan lampu LED RGB dan lampu halida logam

Lantai 2 – Kebun Rempah: menggunakan lampu halida logam

Lantai 3 – Sawah: menggunakan lampu halida logam dan lampu uap natrium bertekanan tinggi.

Futuristic Harvest Moon

Lantai 4 – Kebun Buah dan Sayur: menggunakan lampu 3 gelombang, bersuhu 5000 Kelvin, dan lampu fluorescent berfrekuensi tinggi

Lantai 5 – Kebun Sayur: menggunakan lampu halida logam

Lantai 6 – Tempat Pembibitan

Futuristic Harvest Moon

Pasona O2 hadir menjadi solusi bagi masalah ketahanan pangan Jepang dan dunia. Selain itu, gabungan antara agrikultur dan teknologi juga menjadi kemenarikan tersendiri bagi para kaum muda. Bercocok tanam kini tidak lagi membutuhkan lahan yang luas, tetapi dapat dilakukan dengan lahan sempit. Bayangkan saja, di kemudian hari akan ada gedung, seperti perkantoran, 20 lantai, yang berisi lahan pertanian dan perkebunan.


Sepertinya tidak perlu menunggu tahun 2022 seperti di Innocent Life: A Futuristic Harvest Moon ya, untuk mewujudkan pertanian dan perkebunan dalam ruangan. Apakah kalian tertarik untuk melihat salah satu sawah indoor ini di Indonesia?