13 Anime-Manga tentang Pekerjaan, Jalan Ceritanya Ringan!

Kisahnya relate sama kehidupan kerja kamu gak, nih?

13 Anime-Manga tentang Pekerjaan, Jalan Ceritanya Ringan!

Anime adalah salah satu tontonan favorit yang menyajikan beragam tema, salah satunya anime tentang pekerjaan. Nah, biasanya, genrenya akan berkaitan seputar slice of life, komedi, bahkan romansa.

Anime tentang pekerjaan mengandung jalan cerita yang ringan untuk diikuti. Berikut ini ada sejumlah rekomendasi yang harus kamu coba tonton. Simak, yuk!

1. The Devil is a Part-Timer

13 Anime-Manga tentang Pekerjaan, Jalan Ceritanya Ringan!dok. White Fox/ Hataraku Maou-sama

Pertama, ada The Devil is a Part-Timer atau dikenal juga dengan judul Hataraku Maou-sama. Manga yang telah diadaptasi menjadi anime ini menceritakan karyawan restoran cepat saji bernama Sadao Maou.

Akan tetapi, Maou sebenarnya adalah Raja Iblis Satan yang sedang kabur dari dunianya dan menyamar menjadi manusia. Dia terdesak oleh pahlawan Emilia yang berhasil menggagalkan usahanya untuk menaklukkan Ente Isla, sehingga harus melarikan diri dan berakhir di dunia modern manusia.

Baca Juga: 10 Aeni Terbaik, Anime Korea Buat Temani Waktu Santaimu!

2. Wotakoi: Love is Hard for Otaku

13 Anime-Manga tentang Pekerjaan, Jalan Ceritanya Ringan!dok. A-1 Pictures/ Wotakoi: Love is Hard for Otaku

Selanjutnya adalah Wotakoi: Love is Hard for Otaku. Manga dan anime yang juga dikenal dengan judul Wotaku ni Koi wa Muzukashii ini bercerita tentang Narumi Momose, seorang otaku sekaligus fujoshi.

Di tempat kerja barunya, Narumi berusaha menutupi jati dirinya. Namun, usaha Narumi langsung gagal karena ternyata senior kerjanya adalah teman masa sekolah yang mengetahui bahwa Narumi adalah otaku dan fujoshi.

Beruntung, senior yang bernama Hirotaka Nifuji tersebut tampak tak mempermasalahkannya, sebab dirinya juga seorang otaku gamer. Tak hanya itu, dua rekan kerja Narumi yang lainnya, yaitu Hanako Koyanagi dan Tarou Kabakura ternyata juga seorang otaku!

3. Hanasaku Iroha

13 Anime-Manga tentang Pekerjaan, Jalan Ceritanya Ringan!dok. P.A. Works/ Hanasaku Iroha

Hanasaku Iroha juga merupakan manga yang telah diadaptasi menjadi anime dan mengandung cerita berkaitan dengan dunia kerja. Lewat karya ini, penonton disajikan kisah Ohana Matsumae, anak perempuan yang harus tinggal bersama neneknya yang tegas.

Nenek Ohana adalah pemilik sebuah penginapan. Di sana, Ohana harus membantu para karyawan penginapan. Berkat itu, Ohana tumbuh dengan mempelajari berbagai hal tentang hidup.

4. Servant x Service

13 Anime-Manga tentang Pekerjaan, Jalan Ceritanya Ringan!dok. A-1 Pictures/ Servant x Service

Ikuti cerita kehidupan para pegawai pemerintahan lewat manga dan anime Servant x Service, yuk! Lewat karakter Lucy Yamagami, kamu akan diajak menjadi saksi bagaimana kantor pemerintahan di Jepang bekerja.

Lucy sendiri sebenarnya bekerja demi membalas dendam. Soalnya, Lucy kesal kepada pegawai pemerintahan yang telah mengesahkan nama aslinya yang sebenarnya sangat panjang, yaitu Lucy Kimiko Akie Airi Shiori Rinne Yoshiko Ayano Tomika Chitose Sanae Mikiko Ichika.

5. Shirobako

13 Anime-Manga tentang Pekerjaan, Jalan Ceritanya Ringan!dok. P.A Works/ Shirobako

Berikutnya ada pemenang Animation Kobe Television Award 2015, yaitu anime dan manga berjudul Shirobako. Shirobako menceritakan lima sekawan bernama Aoi Miyamori, Ema Yasuhara, Midori Imai, Shizuka Sakaki, dan Misa Toudou yang sama-sama menyukai anime dan membentuk klub animasi. Tak hanya itu, mereka berhasil membuat sebuah anime amatiran.

Dua setengah tahun kemudian, kelimanya mulai merasakan beratnya persaingan di dunia kerja. Meski begitu, mereka tetap percaya bahwa cita-cita pasti dapat diraih lewat ketekunan.

6. Bakuman

13 Anime-Manga tentang Pekerjaan, Jalan Ceritanya Ringan!dok. J.C.Staff/ Bakuman

Bakuman adalah manga dan anime yang akan memberikanmu gambaran tentang dunia para mangaka. Kisahnya mengikuti Moritaka Mashiro, seseorang yang bertekad untuk menjadi mangaka hebat seperti sang paman.

Untuk mencapai tujuan itu, Moritaka berkolaborasi dengan sahabatnya, Akito Takagi. Keduanya bekerja keras agar dapat menjadi mangaka profesional.

7. Barakamon

13 Anime-Manga tentang Pekerjaan, Jalan Ceritanya Ringan!dok. Kinema Citrus/ Barakamon

Barakamon adalah manga dan anime yang menceritakan Sei Handa, seorang ahli kaligrafi muda. Suatu ketika, karyanya yang berhasil memenangkan penghargaan dianggap tidak orisinal alias hasil meniru. Sei sangat marah karena hal tersebut.

Kemudian, ayahnya, mengasingkan Sei ke Kepulauan Goto, wilayah yang belum tersentuh gaya modern Jepang. Ayahnya percaya, Sei dapat berintrospeksi jika tinggal di sana. Di Kepulauan Goto, Sei bertemu dengan berbagai karakteristik orang. Berkat itu, Sei berhasil mempelajari banyak hal. Tak hanya itu, inspirasi kaligrafinya pun berkembang.

8. Working!!

13 Anime-Manga tentang Pekerjaan, Jalan Ceritanya Ringan!dok. A-1 Picture/ Working!!

Anime dan manga berjudul Working!! bercerita tentang Souta Takanashi, seorang pekerja di restoran. Souta tak sendiri, ada pegawai restoran lainnya yang punya kepribadian beragam. Lewat Working!! penonton diajak mengikuti cerita Souta dan teman-teman di dunia kerja dalam bidang kuliner.

9. New Game!

13 Anime-Manga tentang Pekerjaan, Jalan Ceritanya Ringan!dok. Doga Kobo/ New Game!

Kamu salah besar jika mengira anime dan manga New Game! akan menyajikan cerita tentang orang-orang yang bermain game. Faktanya, ceritanya lebih dari itu!

Kisahnya berfokus pada Aoba Suzukaze, seseorang yang sangat menyukai game Fairies Story. Ketika lulus SMA, kecintaannya pada game tersebut menuntunnya untuk bekerja di perusahaan yang memproduksi Fairies Story.

Jadi, tak hanya melihat orang bermain game, anime dan manga New Game! akan mengajak penggemar untuk melihat bagaimana orang-orang yang bekerja di industri pembuatan game!

10. Kiyo in Kyoto: From the Maiko House

13 Anime-Manga tentang Pekerjaan, Jalan Ceritanya Ringan!dok. J.C.Staff/ Kiyo in Kyoto

Tak asing dengan profesi Maiko di Jepang? Nah, anime berjudul Kiyo in Kyoto: From the Maiko House atau Maiko-san Chi no Makanai-san adalah serial yang akan mengajakmu mengikuti perjuangan Kiyo dan Sumire dalam mewujudkan mimpi mereka untuk menjadi seorang Maiko.

11. Great Teacher Onizuka

13 Anime-Manga tentang Pekerjaan, Jalan Ceritanya Ringan!dok. Pierrot/ Great Teacher Onizuka

Bagaimana mungkin seorang mantan ketua geng motor menjelma dan berupaya menjadi guru yang baik? Eikichi Onizuka akan membuktikan bahwa hal tersebut bisa terjadi!

Great Teacher Onizuka adalah manga dan anime yang bercerita tentang mantan ketua geng motor yang kini mengabdikan dirinya sebagai seorang guru. Tentu saja, dia akan menghadapi berbagai kesulitan, terutama masalah psikologis karena para muridnya yang cukup bermasalah.

12. BLEND-S

13 Anime-Manga tentang Pekerjaan, Jalan Ceritanya Ringan!dok. A-1 Pictures/ BLEND-S

BLEND-S adalah anime adaptasi manga empat panel yang akan menyuguhkan kisah pelayan kafe yang sadis bernama Maika Sakuranomiya. Kisah bermula ketika Maika memutuskan bekerja paruh waktu agar dapat bersekolah di luar negeri.

Akan tetapi, Maika selalu ditolak karena tampangnya yang mengerikan ketika disuruh tersenyum. Maika akhirnya berkesempatan untuk bekerja di Cafe Stile yang punya sebuah keunikan, yaitu para pelayan yang bekerja sesuai dengan karakteristiknya sendiri.

13. My Senpai is Annoying

13 Anime-Manga tentang Pekerjaan, Jalan Ceritanya Ringan!dok. Doga Kobo/ My Senpai is Annoying

Anime dan manga selanjutnya yang akan menggambarkan kehidupan dunia kerja adalah My Senpai is Annoying. Kisahnya mengikuti Futaba Igarashi, seorang pramuniaga yang berhasil bekerja dengan baik berkat seniornya, Harumi Takeda.

Takeda adalah senior yang sebenarnya kerap membuat Igarashi kesal sebab sering meledek tubuh kecilnya. Namun, di balik itu, Takeda benar-benar cerminan seorang senior yang andal bagi Igarashi.

Itulah rekomendasi 13 anime manga tentang pekerjaan dengan cerita ringan yang cocok kamu tonton di sela-sela kesibukan. Kira-kira, ada yang ceritanya relate gak, nih, sama kamu?

 

Penulis: Viky Nursyafira

Baca Juga: Perbedaan Anime, Donghua, dan Aeni yang Perlu Kamu Tahu

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU