6 Game Terbaik Shinji Mikami, Bapaknya Genre Survival Horror

Shinji Mikami
Shinji Mikami.

Pamornya mungkin tak sementereng Hideo Kojima. Namun, khususnya bagi pecinta game bergenre survival-horror, nama Shinji Mikami akan senantiasa dianggap sebagai pria paling berjasa di industri video game.

Shinji Mikami adalah pria Jepang yang lahir 52 tahun silam. Ia adalah seorang sutradara, produser, dan penulis judul video game kawakan. Kepiawaiannya sudah sangat dihormati di industri ini.

Namanya melejit tinggi pasca kesuksesannya menjadi sutradara dalam salah satu game terbaik yang pernah ada, Resident Evil. Seiring dengan pamornya yang dikenal luas dan andil besarnya dalam genre yang satu ini, ia kemudian dianugerahi julukan The Godfather of Survival Horror.

Kali ini, kami akan sedikit mengulas beberapa judul video game terbaik yang pernah mendapat sentuhan emasnya. Karena keterbatasan ruang dan waktu, dalam artikel ini kami hanya akan menyantumkan game terbaik yang pernah ia buat ketika ia menduduki posisi sutradara.

Apa saja game-game hebat yang pernah ia ciptakan selama menjadi sutradara? Ini dia!

6

Dino Crisis (1999)

Shinji Mikami

Kesuksesan Resident Evil membuat Mikami penasaran untuk mengadaptasikan formula game tersebut ke dalam game lain, namun dengan atmosfer dan alur sejenis. Atas dasar pemikiran tersebut, lahirlah sebuah IP baru bernama Dino Crisis.

Layaknya Resident Evil, dalam game ini kamu akan berperan sebagai seorang agen khusus yang diterjunkan ke sebuah tempat misterius dengan misi untuk memverifikasi kebenaran adanya ekspresimen mematikan yang dilakukan oleh ilmuwan gila. Hanya saja, dalam Dino Crisis, alih-alih bersua zombie, kamu justru akan berhadapan dengan dinosaurus.


Shinji Mikami

Meski masih terdapat banyak kekurangan, seperti pergerakan yang lambat hingga sedikitnya jenis dinosaurus yang ada, namun Dino Crisis pertama mendapat sambutan yang baik pada masanya dan cukup sukses di pasaran. Game ini kemudian mendapatkan port untuk Dreamcast dan PC.

Pantaskan IP Dino Crisis dibangkitkan di konsol next-gen?

Ultralist ini menghadirkan sepuluh IP yang layak dibangkitkan kembali di PlayStation 4, mengingat beberapa IP di PlayStation mengalami nasib tidak jelas.
Baca Juga

Sedikit basa-basi, kami tahu, kecenderungan untuk mengambil pendekatan aksi yang terlalu kental dalam Resident Evil 5, sempat menorehkan aib bagi waralaba Resident Evil. Namun, bisa kamu bayangkan apabila seandainya Shinji Mikami (The Godfather of Survivor-Horror himself) duduk di kursi sutradara dan membuat sekuel game ini dengan fitur kooperatif layaknya RE 5 dan grafis memukau di konsol next-gen? Kami yakin, sekuel game ini, entah itu Dino Crisis 4 atau apapun namanya nanti, akan sangat meledak di pasaran.

5

God Hand (2006)

Shinji Mikami

God Hand adalah sebuah game baku hantam yang dikembangkan oleh Studio Clover dan diterbitkan oleh Capcom eksklusif untuk platform PlayStation 2. Sebuah studio yang juga bertanggung jawab atas pengembangan salah satu judul maha karya di konsol PlayStation 2, Ōkami.

Dalam game bergenre third person beat-em-up ini, kamu akan mengendalikan Gene, seorang ahli bela diri yang dikaruniai sepasang “tangan dewa” yang membuatnya dapat mendaratkan pukulan serta tendangan dengan kekuatan selevel dewa. Namanya juga God.

Pertama kali kamu memainkannya, kamu pasti tak akan sadar kalau dalang di balik game “konyol” ini adalah Shinji Mikami. Terang saja, game ini lumayan tak lazim jika dibandingkan dengan game besutan Mikami yang lain dalam daftar ini.

Mengusung sistem mekanik yang sedikit komikal, saking kuatnya pukulan atau dentuman yang dilancarkan oleh Gene, setiap musuh yang kamu hajar dapat dengan mudah terpelanting dari satu sudut ruangan ke sudut lainnya, atau bahkan melesat hingga ke awang-awang. Lengkap dengan suara menggelikan seiring musuh menyentuh angkasa. Jika itu masih terdengar biasa saja, kamu juga bisa menampar bokong musuh dengan kecepatan cahaya. Astaga …

Shinji Mikami
Yup, seperti yang telah kami katakan.

Kendati demikian, desain karakter, musuh, bos, hingga level yang ada dinilai cukup memikat kala itu dan membuat game ini menjadi begitu asyik dan seru untuk dimainkan.

Kritik terhadap game ini cukup bervariasi seperti GameSpot yang memberinya nilai 8/10. Sedangkan, di lain sisi, IGN justru mempersembahkan nilai 3/10, meski pada akhirnya game ini juga masuk daftar 100 game PlayStation 2 terbaik versi mereka. Di agregator ulasan Metacritic, God Hand mendapatkan skor 73 dari total 100 yang dapat diraih.

Tak pelak, God Hand berhasil membelah gamer hanya ke dalam dua kubu. Gamer yang benar-benar menyukainya serta gamer yang benar-benar membencinya. Tak ada pilihan lain selain itu. (Kalau kamu penasaran, penulis sendiri benci game ini). Sekadar diketahui, God Hand adalah judul terakhir yang dirilis oleh Studio Clover.


Mau tahu game yang berada di posisi 4 dan 3? Klik aja langsung halaman selanjutnya …