ASUS Menunjukkan Laptop ROG Baru dengan Ryzen

Laptop ASUS ROG dengan AMD Ryzen!
Laptop ASUS ROG terbaru akan menggunakan AMD Ryzen?!

Republic of Gamers sudah menjadi brand yang tak asing lagi di mata gamers. Beberapa tahun terakhir, ROG hanya menggunakan CPU performa tinggi dari Intel. Namun kali ini beda, laptop terbaru mereka akan memakai AMD Ryzen!

Laptop ROG terkenal di kalangan para gamer karena beberapa hal: performa CPU dan GPU yang mantap untuk melahap game berat, penampilan yang ‘agresif’ untuk dipamerkan ke sesama gamerserta tentu harga yang menunjukkan prestige pemiliknya.

Baca Juga

Selama beberapa tahun terakhir, hanya CPU keluaran Intel saja yang sepertinya dianggap layak oleh ASUS untuk dimasukkan dalam lini ROG. Keputusan tersebut mudah dipahami melihat selama itu Intel adalah satu-satunya pemain pada segmen high-end gaming CPU. Performa single-core yang kuat sesuai dengan kebutuhan game sebelum tahun 2016. Thermal design power yang rendah membuatnya mudah didinginkan, suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh bentuk laptop yang sempit.

Monopoli tersebut nampaknya akan segera berakhir. Kemarin, kanal YouTube ASUS Republic of Gamers menampilkan teaser pendek dengan laptop berlogo ROG di tengah lingkaran yang merupakan logo AMD Ryzen. Sesuatu telah bangkit, kata video tersebut. Jelas teaser ini menunjukkan bahwa laptop ROG akan menggunakan CPU AMD Ryzen dalam waktu dekat ∇

Ryzen, arsitektur CPU terbaru keluaran AMD, diluncurkan awal tahun ini dalam dua segmen: Ryzen 7 dengan 8-core mengincar pasar profesional, sementara Ryzen 5 dengan 6-core dan 4-core ditujukan bagi kalangan konsumen dan enthusiast gamers.

Meski performa single core mereka masih sedikit di bawah Intel, kapasitas multi core yang luar biasa membuatnya memiliki minimum frames yang sangat baik sehingga tidak ada stutter ketika bermain game. Sifat ini menjadikan Ryzen CPU pilihan para gamers untuk kategori mid-end. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa saat ini tidak ada lagi alasan membeli CPU Intel untuk gaming kecuali produk terbawahnya, Pentium G4560, dan produk tertingginya, i7-7700K.


Masih belum diketahui lini Ryzen mana yang akan digunakan oleh laptop ASUS ROG, namun dengan CPU 6-core dan 8-core sekarang beredar luas di pasaran, diharapkan game developer akan mengikuti pasar dan mulai merancang game mereka untuk multi-core.

Apakah kamu tertarik dengan datangnya ASUS ROG yang satu ini? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya…