Noctua Rilis NF-A12x15, Kipas Kecil yang Jaga Desktop-mu Tetap Dingin Tanpa Berisik!

Dua jenis Noctua NF-A12x15
Kipas Noctua slim 120mm

Noctua, perusahaan komponen komputer dari Austria, pertama kali menunjukkan purwarupa kipas 120mm slim di Computex 2014. Tiga tahun kemudian, mereka resmi meluncurkan Noctua NF-A12x15.

Sejak tahun 2014 dan di setiap acara Computex setelahnya, Noctua terus memamerkan desain terbaru dari kipas slim 120mm mereka. Setiap tahun desainnya sedikit berubah agar lebih efisien, dan akhirnya tahun ini Noctua NF-A12x15 PWM dan NF-A12x15 FLX resmi dirilis. Jadi, pada Computex 2017 di akhir bulan Mei, tidak hanya purwarupa lagi yang akan hadir namun produk yang siap muncul ke pasaran.

Walau sebagian besar kipas memiliki ketebalan standar 25mm, kipas slim dengan ketebalan 15mm sebetulnya bukan hal baru. Sudah banyak produsen komponen yang menghasilkan produk serupa, misalnya CoolerMaster XtraFlo 120 Slim.

NF-A12x15 bagian belakang
Penampilan belakang NF-A12x15

Penggunaan SSO2 bearing dengan batasan ukuran ini sepertinya merupakan hal yang sulit, terlihat dari lamanya Noctua mengerjakan produk ini sejak penampilan perdananya tiga tahun yang lalu di Computex 2014. Menurut dokumen marketing dari Noctua, tipe bearing ini memunculkan masalah stabilitas kipas, sehingga perlu ditambahkan penguat dari metal di tengah, seperti dapat dilihat dalam gambar.

Hal yang menjadikan produk Noctua ini unik adalah bearing-nya. Karena batasan ukuran yang tipis, sebagian besar kipas 15mm menggunakan ball bearing atau sleeve bearing. Meski performa kedua bearing tersebut sangat baik, mereka seringkali menghasilkan efek suara menggerus halus yang dapat mengganggu. Noctua memilih menggunakan SSO2 bearing (semacam fluid dynamic bearing yang dimodifikasi), sehingga semestinya tidak ada efek suara tersebut.

NF-A12x15 tampak depan
Penampilan depan Noctua NF-A12x15 dengan warna beige yang kontroversial

Menurut spesifikasi dari Noctua, kedua jenis kipas ini maksimal berputar dengan kecepatan 1850 RPM dengan kecepatan 24 dB. Meski demikian menurut pengalaman saya performa kipas dalam dunia nyata seringkali berbeda jauh dari spesifikasi perusahaan pembuatnya, jadi informasi tersebut sebaiknya tidak dipercaya begitu saja.

Asesoris tambahan Noctua NF-A12x15
Kelengkapan box Noctua NF-A12x15

Kedua model datang beserta kabel extension, dudukan anti-getar buatan Noctua NA-AV3, sekrup secukupnya, Low Noise Adapter (yang sebetulnya hanya nama keren untuk kabel dengan resistor untuk menurunkan voltase, dan karenanya menurunkan RPM, sehingga lebih sunyi), dan memiliki garansi 6 tahun.

Baik NF-A12x15 PWM maupun FLX dirilis dengan harga $19.90, dan menurut press release keduanya sedang dalam perjalanan ke distributor dan akan hadir di pasaran dalam waktu dekat.

Diedit oleh Snow.


SHARE
Previous articleIni 5 Pasangan Guru dan Murid Terbaik dan Favorit Fans Jepang. Kamu Setuju?
Next articleFilm Cyborg Dijanjikan akan Tetap Rilis Tahun 2020!