Review Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales – Sebuah Pertaruhan Besar Menuju Petualangan Akhir

Sempat dikecewakan dengan sekuel keempatnya, akhirnya Disney kembali mengeluarkan sekuel kelima dengan cerita yang lebih bombastis, dengan judul Pirates of the Caribbean : Dead Men Tell No Tales!

Baca Juga

Seperti review film-film sebelumnya, review sekuel kelima PoTC ini dijamin bebas dari spoiler. Penulis tidak akan memberi bocoran momen-momen cerita kecuali yang sudah ditayangkan dalam trailer film dan dimuat dalam Wikipedia.

Jadi, untuk yang masih kurang yakin dengan kualitas ceritanya atau masih bimbang mau beli tiketnya atau tidak, silahkan lanjut saja baca review Pirates of the Caribbean : Dead Men Tell No Tales.

Sinopsis

review pirates of caribbean dead men tell no tales

Sekuel ini merupakan kelanjutan dari seri At World’s End yang berakhir dengan pertemuan William Turner dengan istri dan anaknya, Henry Turner. Seperti yang sudah diperlihatkan di trailer-trailer sebelumnya, akhirnya Henry telah bertumbuh dewasa dan menjadi seorang pelaut.

Naas, kapal yang ditumpanginya memasuki sebuah perairan berbahaya yang dijuluki Segitiga Iblis. Di sana, Armando Salazar beserta anak buahnya melakukan serangan kejutan dan menghabisi semua prajurit dengan mudah.

Kemudian Salazar menuruni tangga dan menemukan selebaran buronan Jack Sparrow. Setelah mengetahui bahwa Henry mengenal Jack, Salazar pun menitipkan pesan dan pergi begitu saja. Setelah berhasil lolos dari maut, Henry pun berkelana melacak keberadaan Jack Sparrow dan Trisula Poseidon, satu-satunya harapan untuk mengalahkan Salazar.

Penuh Aksi dan Komedi yang Intens

review pirates of caribbean dead men tell no talesBisa dibilang, seri kali ini kembali memakai formula lama, aksi-aksi para bajak laut yang mengundang decak kagum namun tak jarang mengundang gelak tawa. Banyaknya kejadian-kejadian konyol di sepanjang awal cerita sukses membuat para penonton terbahak-bahak.

Nilai komedi Dead Men Tell No Tales juga semakin meningkat ketika para figuran lama kembali hadir, di antaranya yang paling ikonik adalah Jack si Monyet, si kerdil Marty, dua prajurit Mulroy-Murtogg dan tak ketinggalan, Scrum, mantan kru Blackbeard. Celotehan khas bajak laut yang kadang bermakna vulgar namun dalam dosis aman kerap menghiasi dialog-dialog di antara mereka.

Dan seperti biasa, seri PoTC memakai adegan stunt yang menggunakan basis keberuntungan Jack Sparrow sebagai plot armor.  Walaupun banyak adegan yang terasa serba kebetulan, namun hal ini tidak mempengaruhi kekocakan film dan bahkan tetap mempertahankan ciri khas PoTC.

Meski tingkat kekerasan film ini masih dalam taraf aman, namun penulis sedikit memperingatkan ada scene yang melibatkan properti anggota tubuh manusia yang termutilasi meski hanya berlangsung beberapa detik.

Formula Lama dengan Fokus Cerita yang Kurang Stabil dan Mudah Diprediksi

review Pirates of the Carribbean: Dead Men Tell No Tales

Alien Covenant, Film Horor Lumayan dengan Karakter Bodoh

Sebagai film horor sci-fi, Alien Covenant sebenarnya adalah film yang lumayan. Bahkan tergolong bagus. Sayang kebodohan karakternya luar biasa. Simak pembahasannya di sini!
Baca Juga

Seri kali ini tidak menawarkan banyak hal baru. Banyaknya pola alur cerita dan karakter yang tak berbeda  dengan seri lama membuat cerita Dead Men Tell No Tales tak bisa memberi kejutan-kejutan plot twist yang berarti. Faktor terlalu banyaknya trailer juga turut memberi spoiler yang justru mengurangi kenikmatan penonton dalam mengikuti alur cerita filmnya.

Perubahan fokus cerita yang terlalu cepat membuat alurnya sendiri terkesan berantakan. Faktor perubahan karakter dan banyaknya penambahan adegan tak perlu juga turut membuat kualitas jalan cerita cenderung menurun dari paruh kedua. Dan tentu saja hal itu berimbas pada pengeksekusian klimaks yang terkesan kurang dramatis.

Dan hal terakhir yang patut disoroti adalah tentang kurangnya pendalaman hubungan antar tokoh, khususnya ayah dan anak seperti Will dan Henry. Ada beberapa hal yang memang terasa janggal karena belum banyak penjelasan baik secara tersirat maupun tersurat mengenai alasan setiap tokoh bertindak, termasuk kenapa Barbossa bisa berubah menjadi pribadi yang berbeda jauh dari bayangan kita selama ini.


Masih penasaran dengan review film ini? Klik halaman kedua!

1
2
REVIEW OVERVIEW
Pirates Score
70 %

SHARE
Previous article8 Film Garapan Zack Snyder, dari Petualangan di RSJ Sampai 300 Kesatria Sparta
Next articleDark Universe, Semesta Gelap Sarang Monster Ala Universal Studios
Mahasiswa Sastra Indonesia yang menyukai konten aksi yang mendebarkan. Paling sering bermain GTA San Andreas dan menulis apa yang terlintas di kepala. Lokasi hotspot adalah habitatnya. Instagram : https://www.instagram.com/guntommo/ Twitter : https://twitter.com/guntomo212