Ternyata, Jadwal Rilis FF VII Remake dan KH III Masih (Sangat) Lama!

jadwal rilis ff VII remake

Jadwal rilis FF VII Remake dan KH III ternyata masih lama. Bahkan bisa jadi bakal dirilis tiga tahun lagi!

Final Fantasy (FF) VII Remake memang sudah memulai pengembangan pada tahun 2014 lalu. Kingdom Hearts (KH) III lebih lama lagi, dikonfirmasikan setahun lebih awal atau pada tahun 2013. Namun sayang, salah satu dari dua judul tersebut ternyata jadwal rilisnya masih sangat lama. Belum pasti tahun ini atau bahkan tahun depan. Benarkah?

Baca Juga

Yap, itulah yang tertulis di laporan finansial Square Enix yang baru saja dirilis secara online akhir Mei 2017 ini. Ada satu halaman menarik yang ada di laporan tersebut, yang menuliskan hasil yang dicapai selama tahun fiskal 2017, dan rencana jadwal rilis game untuk tahun fiskal 2018 mendatang. Simak kutipan dari laporan tersebut di bawah ini.

jadwal rilis ff VII remake

Seperti yang kita lihat, dalam tahun fiskal 2017 Square Enix sudah merilis beberapa judul menarik yang mempertebal pundi-pundi uang mereka, mulai dari Rise of the Tomb Raider hingga yang paling masif tentu saja, FF XV. Namun yang lebih menarik ada di bagian sebelah kanan, dimana Square Enix menuliskan rencana jadwal rilis beberapa game andalan mereka di tahun fiskal 2018 mendatang dan seterusnya.

Selain Dragon Quest IX dan FF XII Zodiac Age yang akan dirilis di bulan Juli, ada yang ditunggu-tunggu para gamer di bagian kanan: jadwal rilis FF VII Remake dan KH III (plus satu game yang menggunakan IP Marvel). Sayangnya, kedua judul ini masih dilabeli dengan “To be announced” untuk jadwal rilisnya, yang artinya bisa jadi dua game ini akan dirilis di tahun fiskal 2018, bisa jadi juga dirilis lebih lama (mengingat ada kata “beyond” di bagian atas laporan tersebut).

jadwal rilis ff VII remake

Dan hal tersebut dipertegas di halaman selanjutnya dari laporan ini:

“This slide shows our release lineup for FY2017/3 as well as for FY2018/3 and beyond. We plan to launch each of these upcoming titles in the next three years or so.”

Ya, para penggemar FF dan KH harus siap-siap kecewa. Menurut Square Enix, mereka akan merilis judul-judul tersebut dalam jangka waktu tiga tahun ke depan, atau bahkan lebih lama. Artinya, bisa jadi kamu bisa memainkan FF VII Remake dan KH III pada tahun 2020, atau bisa jadi lebih lama lagi…

jadwal rilis FF VII remake

Pengumuman ini tentu berbanding lurus dengan pernyataan beberapa anggota kunci dalam pengembangan FF VII Remake beberapa hari sebelumnya. Pada saat itu, beberapa pemain kunci seperti Yoshinori Kitase dan Tetsuya Nomura “ramai-ramai” mengajak para developer game di seluruh dunia untuk bergabung dalam pengembangan proyek FF VII Remake ini. Hal ini mengindikasikan bahwa mereka saat ini kekurangan tenaga, yang (mungkin) mengakibatkan progress pengembangan FF VII Remake saat ini masih sangat lambat.

Kerennya Pertarungan Final Fantasy VII Remake, Penuh Aksi Tanpa Ada Jeda!

Gameplay yang lebih aksi, namun tidak menghiangkan ciri khas turn based-nya. Yang jadi pertanyaan sekarang, kapan rilis?
Baca Juga

Semoga saja mereka segera mendapatkan orang-orang yang dibutuhkan, dan pengembangannya bisa berjalan lebih cepat. Semoga saja, kita tidak perlu menunggu tiga tahun lagi untuk memainkan FF VII Remake dan KH III. Semoga…

Sumber: Square Enix/Siliconera