Radeon RX Vega Akan Hadir di Computex 2017!

Radeon RX Vega
Radeon RX Vega

Dalam acara AMA (Ask Me Anything) di Reddit Raja Koduri, pemimpin Radeon Technologies Group, mengatakan bahwa Radeon RX Vega akan hadir dalam konferensi pers Computex 2017.

Berbeda dengan Radeon Vega Frontier Edition yang ditujukan untuk para profesional dalam bidang rendering animasi atau komputasi grafis, Radeon RX Vega adalah lini high-end gaming GPU dari Radeon yang ditujukan untuk para enthusiast gamer. RX Vega adalah produk konsumen pertama yang akan menggunakan teknologi High Bandwidth Memory 2 (HBM 2). Karena teknologi ini masih sangat baru, performa RX Vega belum dapat diketahui dengan pasti, namun jelas mereka ditargetkan untuk berkompetisi dengan lini GTX 1070Ti dan GTX 1080Ti dari NVIDIA.

Baca Juga

Meski tidak secara langsung menjawab apakah Radeon RX Vega memiliki performa sebanding dengan Frontier Edition, Raja mengatakan bahwa RX Vega dioptimasikan bagi judul-judul game paling berat yang saat ini ada. Bahkan beberapa ‘rasa’ RX Vega akan lebih kuat dari Frontier Edition, seri Radeon Vega yang diperuntukkan bagi pengguna profesional.

Radeon Vega water cooled
Apakah RX Vega akan menggunakan water cooling juga?

Komunitas enthusiast gamers mancanegara sudah cukup lama menunggu Radeon Technologies Group mengeluarkan produk flagship terbaru. Produk flagship terakhir dari Radeon yang menargetkan pasar enthusiast gamer adalah lini R9 Fury dan dua GPU water cooled yaitu R9 Fury-X, dan R9 Fury Nano. Meski performanya sangat baik lini GPU ini tidak mampu berkompetisi dengan NVIDIA dalam hal efisiensi energi dan panas. Ketiganya masih ada di pasaran, namun mereka dirilis pada pertengahan tahun 2015. Sejak saat itu belum ada produk baru yang diluncurkan oleh Radeon sehingga high-end gaming GPU dari NVIDIA tidak memiliki kompetitor.


Hal ini menyebabkan NVIDIA sebagai satu-satunya pemain di segmen pasar tersebut mematok harga yang sangat tinggi untuk produk-produk mereka. Bahkan GPU flagship terbaru mereka, GTX 1080Ti, dijual dengan harga di atas Rp 10.000.000 ! Dibandingkan produk-produk flagship sebelumnya yang biasanya dirilis di harga 9 jutaan, jelas ini menunjukkan buruknya efek monopoli bagi konsumen.

Sudah saatnya ada kompetisi di segmen ini. Mari berharap press conference di Computex 2017 membawakan kita pilihan baru dalam membeli GPU.

Diedit oleh Snow


SHARE
Previous articleMain Domino Online Gratis dan Dapat Banyak Teman? Cuma di Game Ini!
Next articleTrailer Far Cry 5 Akhirnya Menunjukan Lokasinya yang Sangat Mengejutkan!