Ucapkan Selamat Tinggal, Akhirnya Sony Menghentikan Produksi PS3

sony menghentikan produksi ps3

Kabar yang beredar awal tahun 2017 kemarin menjadi kenyataan. Akhirnya Sony menghentikan produksi PS3 di akhir Mei 2017 ini. Ucapkan selamat tinggal!

Setelah kurang lebih satu dekade menghibur gamer di seluruh dunia, akhirnya Sony memutuskan untuk menghentikan produksi PS3 di akhir Mei 2017 ini. Kabar ini sendiri datang setelah sebelumnya pada bulan Maret 2017 kemarin Sony sudah mengungkapkan bahwa pengiriman PS3 ke seluruh dunia akan segera berakhir dalam waktu dekat.

Baca Juga

Kabar Sony menghentikan produksi PS3 ini tercium dari website resmi Sony berbahasa Jepang (yang ditranslasikan oleh Gematsu). Di halaman resmi tersebut, tertulis bahwa “shipment is ended“, yang artinya pengiriman sudah dihentikan. Karena pengirimannya sudah berhenti, maka sudah pasti produksinya pun sudah berhenti, namun disampaikan dengan bahasa yang lebih “halus”.

sony menghentikan produksi ps3

Dengan berakhirnya proses produksi ini, PS3 pun mengikuti jejak “teman seumurannya” Xbox 360 yang sudah dihentikan produksinya tahun 2016 lalu. Yang menghentikan proses produksi dari PS3 ini baru Sony Jepang saja. Namun kabarnya, proses produksi di barat juga tidak lama lagi akan ikut diberhentikan.

PS3 sendiri pertama kali dirilis pada tahun 2006 lalu. Pada saat itu, Sony menjanjikan bahwa mereka akan memberikan dukungan untuk PS3 paling tidak hingga 10 tahun. Nah kebetulan, masa 10 tahun tersebut sudah lewat bulan November 2016, sehingga wajar jika akhirnya Sony menghentikan produksinya di bulan Mei 2017. Super Slim adalah model yang terakhir dirilis, dimana model ini diluncurkan pada tahun 2012 lalu.

sony menghentikan produksi ps3

Dengan dihentikannya produksi PS3, maka bisa dibilang berakhir sudahlah era konsol generasi ketujuh. Xbox 360 sudah lebih dulu dihentikan produksinya pada bulan April 2016 lalu, dan diikuti dengan Wii pada bulan November 2016.

Meskipun bukan konsol terlaris dari Sony, namun penjualan PS3 sangat memuaskan selama satu dekade berada di industri game. Total, konsol ini terjual lebih dari 80 juta unit di seluruh dunia, di bawah PlayStation 2 yang hampir mencapai angka 100 juta unit.

Usai Satu Dekade Menghibur Gamer, Produksi PS3 akan Segera Dihentikan

Jelang usia kesebelas tahun ini, Sony memutuskan produksi PS3 akan dihentikan dalam waktu dekat, paling cepat Maret 2017 ini. Selamat jalan!
Baca Juga

Saat ini, PS4 masih mendominasi pasar konsol dan berjaya di atas Xbox One. Namun bukan tidak mungkin, dengan berhentinya proses produksi PS3 ini, Sony akan segera menyiapkan penerusnya, PS5 dalam waktu dekat. Pertanyaannya, apakah hidup dari PS4 nanti akan selama PS3 dan selaris (atau bahkan lebih laris) dari PS3 hingga akhir hidupnya nanti?

10 Game Eksklusif PS3 Terbaik dan Paling Memorable di Masa Jayanya

Tak terasa sudah satu dekade konsol PlayStation 3 dirilis! Merayakan satu dekade ini, yuk kita lihat kembali 10 game eksklusif PS3 terbaik di masa jayanya.
Baca Juga

Bagi yang punya PS3, konsolmu sekarang bakal menjadi barang kolektor yang dalam beberapa bulan mendatang akan sulit didapatkan. Nostalgia yuk, kira-kira game PS3 apa saja yang paling membekas di ingatanmu? Share pengalamanmu di kolom komentar ya!

Sumber: Sony/Gematsu


SHARE
Previous articleAnime Boruto Akan Mengadaptasi Arc Kontroversial Manga yang Dibuat oleh Masashi Kishimoto?
Next articleWah, Crash Team Racing atau CTR Juga Bakalan di-Remaster Untuk PlayStation 4?
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.