Benarkah Inspirasi Jack Sparrow adalah Bajak Laut Muslim? Ini Pembahasannya!

Katanya sih tokoh bajak laut yang menginspirasi Jack Sparrow itu berdasarkan seorang bajak laut Muslim. Benarkah? Ini pembahasannya!

Benarkah Inspirasi Jack Sparrow adalah Bajak Laut Muslim? Ini Pembahasannya!

Katanya sih tokoh bajak laut yang jadi inspirasi Jack Sparrow itu berdasarkan seorang bajak laut Muslim. Benarkah? Ini pembahasannya!

Tokoh fiksi didasarkan dari tokoh nyata itu biasa. Di One Piece saja ada Marshall D. Teach alias Blackbeard, yang sangat terinspirasi dari Edward Teach, bajak laut Blackbeard asli di dunia nyata. Tapi tokoh inspirasi Jack Sparrow ini menarik. Ada bisik-bisik kalau sosok yang menginspirasi tokoh utama Pirates of the Caribbean ini adalah seorang Muslim. Benarkah? Mari kita periksa.

1. Mengenal Jack "Birdy" Ward

Benarkah Inspirasi Jack Sparrow adalah Bajak Laut Muslim? Ini Pembahasannya!Berbagai sumber

Inspirasi dari Jack Sparrow bernama John Ward. Dia juga dikenal dengan nama Jack Ward dan memiliki julukan "Birdy." Hmmm, Jack Birdy dan Jack Sparrow. Bahkan nama mereka saja sebenarnya sudah cukup mirip. Pada awal hidupnya, Jack Ward adalah seorang nelayan. Lalu dia menjadi seorang Privateer. Seperti Shichibukai di One Piece, Privateer adalah kumpulan bajak laut yang dipekerjakan resmi. Mereka semua menjarah kapal-kapal Spanyol atas nama pemerintahan Inggris.

Tapi saat perang Inggris-Spanyol berakhir, jasa Privateer seperti Ward pun habis. Kalau para Privateer masih lanjut menjarah, maka mereka akan dianggap sebagai bajak laut biasa. Ward awalnya sempat pulang dan menjadi nelayan lagi. Ward lalu menjadi anggota Angkatan Laut. Tapi dikatakan kalau ia justru menggunakan kapal dinasnya untuk merebut kapal asal Prancis yang berukuran besar. Dia lalu pergi ke Tunisia dan menggunakan wilayah itu sebagai markas untuk aksinya.

2. Jack Ward dan Islam

Benarkah Inspirasi Jack Sparrow adalah Bajak Laut Muslim? Ini Pembahasannya!(Dok. histroyextra)

John Ward, yang dikenal juga dengan nama Jack Ward, memiliki nama lain lagi: Yusuf Reis. Dia menggunakan nama itu setelah beralih memeluk agama Islam. Tak hanya dia, dikatakan kalau seluruh kru Ward pun ikut-ikutan kapten mereka menjadi mualaf. Perubahan agama ini memancing kontroversi besar di negara asalnya, Inggris. Dan ya, kejadian di hidup Jack Ward ini benar-benar terjadi. Salah satu catatan yang mengabadikan momen ini adalah naskah drama A Christian Turn'd Turk karya Robert Daborne, yang menyorot kejadian penting di hidup Ward tersebut.

Ward sendiri adalah satu, dari sepertinya sangat sedikit, bajak laut yang memiliki akhir relatif bahagia. Dia tidak pernah tertangkap oleh pihak Inggris dan tidak terbunuh di lautan. Malah ia hidup makmur di Tunisia, hingga akhirnya menemui ajal akibat Wabah Hitam yang legendaris itu.

3. Apakah Jack Sparrow Juga Muslim?

Benarkah Inspirasi Jack Sparrow adalah Bajak Laut Muslim? Ini Pembahasannya!syfy.com

Kalau dicocok-cocokkan, sebenarnya gaya berpakaian Jack Sparrow juga memiliki unsur Muslim. Ikat kepala yang ia kenakan bisa terlihat sebagai kain serban yang jarang sekali ia lepaskan. Bahkan ada yang menemukan simbol bulan bintang di antara salah satu aksesoris Jack. Tapi selain nama yang sedikit mirip, Jack sendiri adalah karakter unik yang berbeda dari banyak sisi dengan Ward. Selama berkarir, Ward dikenal sebagai bajak laut buas. Jack Sparrow mungkin tidak ragu membunuh dalam situasi tertentu, tapi dia lebih sering terlihat sebagai pria eksentrik dengan fokus bertualang. Di sisi lain, jelas Ward juga tidak pernah memimpin kapal bernama Black Pearl maupun memancing amarah Armando Salazar.

Selain itu, ya, Jack Sparrow sendiri tidak pernah diperlihatkan beribadah atau pun menunjukkan keterikatan religius terhadap agama tertentu. Disney mungkin mengambil inspirasi dari Jack Ward, namun mereka sepertinya ingin membuat Sparrow sebagai tokoh netral. Singkatnya begini: sampai terbukti sebaliknya, Jack Sparrow sepertinya bukan Muslim. Tapi Jack "Birdy" Ward si inspirasi Jack Sparrow memang Muslim. Bagaimana pendapatmu soal Jack Ward yang menjadi inspirasi Jack Sparrow ini? Sampaikan di kolom komentar! Sumber: The Modern Religion

Baca Juga: Profil Monkey D. Luffy, Calon Raja Bajak Laut di One Piece!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU