Mobile Legends vs Mobile Arena? Ini Dia Perbandingannya!

Disebut-sebut sama, ternyata Mobile Legends vs Mobile Arena memiliki perbedaan yang cukup mencolok! Tidak hanya dari segi grafis, kedua game ini juga memiliki perbedaan dari sisi sistem. Apa saja perbedaannya? Yuk di simak!

Perbedaan Mobile Arena dan Mobile Legends tampak setidaknya pada empat hal. Yang pertama adalah bentuk dan tampilan peta, kedua adalah tampilan grafis, ketiga sistem arcana dan emblem, dan terakhir adalah spesifikasi yang dibutuhkan.

Inilah Deretan Tipe Pemain Mobile Legends di Indonesia. Adakah yang Mirip Denganmu?

Pastinya kamu pernah melawan deretan tipe pemain Mobile Legends berikut ini. Atau mungkin salah satunya sama dengan tipe kamu?
Baca Juga

Karena Mobile Arena belum diluncurkan secara resmi di Indonesia, perbandingan di bawah ini dibuat menggunakan game Strike of Kings, yaitu Mobile Arena versi Eropa.

1

Peta

Komparasi Mobile Legends vs Mobile Arena pertama disorot dari sisi petaSebagai game multiplayer battle arena, baik Mobile Arena maupun Mobile Legends memiliki bentuk peta yang hampir sama. Masing-masing tim memiliki satu bangunan yang harus dilindungi, yang bila hancur maka tim tersebut akan kalah. Bangunan ini dilindungi oleh total 9 tower: tiga di atas, tiga di tengah, dan tiga di bawah.

Namun, dari segi bentuk peta keduanya berbeda. Dari jumlah semak-semak, misalnya, Mobile Legends memiliki lebih banyak semak-semak beruntun yang bisa digunakan untuk bersembunyi. Semak-semak di Mobile Arena terasa lebih menyebar dan pendek, sehingga lebih cocok digunakan untuk bersembunyi menyerang (ambush) dibanding berlari.

Letak lokasi jungle creep juga berbeda. Pada Mobile Legends, ada tiga jenis jungle creep, creep biasa, creep dengan buff (bisa memberikan aura), dan ancient (Lord dan Turtle). Jungle creep di Mobile Arena lebih kompleks dengan empat kategori: creep biasa, creep dengan buff, dua ekor dragon, dan dua ekor ancient. Dragon ini sebenarnya sama seperti creep dengan buff, namun buff yang diberikannya lebih kuat, yaitu berupa regenerasi HP.

Baca Juga
2

Grafik

Mobile Legends dan Mobile Arena sama-sama menggunakan gaya grafis cel shading, yaitu grafis 3 dimensi yang menggunakan warna datar sehingga tampak seperti kartun 3D. Namun, penggunaan warna dan tekstur pada Mobile Arena tampak lebih kaya dan mendetail, sementara pada Mobile Legends tampak sangat sederhana, seperti ditampilkan pada gambar di bawah.

Tidak hanya pada hero, detail grafis ini juga tampak berbeda pada map-nya. Mobile Legends memiliki map yang lebih colorful, sementara map pada Mobile Arena terkesan dark. Tampak perbandingannya di bawah.

Mana yang lebih baik dari sisi map? Tentunya ini merupakan selera. Saya pribadi lebih menyukai warna yang cerah dan terang, seperti yang terdapat pada map Mobile Legends. Kamu?


Bagaimana dengan spesifikasi minimalnya? Yuk simak di halaman berikutnya!

1
2

SHARE
Previous articleBenarkah Inspirasi Jack Sparrow adalah Bajak Laut Muslim? Ini Pembahasannya!
Next articleRekomendasi 5 Film Bulan Juni 2017 Terbaik yang Cocok Menemani Ibadah Puasamu!

Tertarik dengan dunia game sejak kecil. Baginya, game tidak hanya sekedar hiburan, tetapi juga sarana untuk belajar dan refleksi diri. Game yang ia senangi antara lain Grand Theft Auto V, seri Europa Universalis, seri Crusader King, dan seri Romance of the Three Kingdoms.