Tips Pemula Mobile Legends: Cara Cepat Naik Rank dari Warrior Menjadi Grand Master!

Kamu masih berkutat di level Warrior atau Elite? Sudah mencoba berbagai hero tapi masih kalah juga? Bingung dengan sistem item di Mobile Legends? Cobalah tips pemula Mobile Legends yang satu ini, yang (semoga) akan membantu kamu naik dari ranking Warrior/Elite ke Master, bahkan Grand Master!

Baca Juga

Mobile Legends memang sedang booming akhir-akhir ini. Komunitasnya sudah sangat besar dan tersebar di seluruh dunia. Dengan semakin banyaknya pemain, tentu persaingan untuk menjadi yang terbaik juga semakin sulit, begitu juga dengan meningkatkan rank kita.

Oiya, sekadar informasi, rank yang ada di Mobile Legends secara berurutan dari bawah ke atas adalah: Warrior, Elite, Master, Grand Master, Epic, dan Legend. Nah, tanpa panjang lebar lagi, yuk simak tips pemula Mobile Legends berikut ini!

1

Kuasai Hero Awal, Layla

Ah, Layla, gunner manis yang satu ini sudah setia menemani kita semua sejak awal bermain Mobile Legends. Dia memang didesain khusus untuk pemain baru, dengan skill yang fokus kepada damage saja. Layla adalah hero jenis marksman dengan skill nuke (skill dengan damage besar) yang cukup menyakitkan, apalagi skill ultimate-nya, Destruction Rush.

Sebagai marksman, pastikan kamu selalu menjaga jarak dengan pertarungan. Gunakan skill ultimate Layla ketika hero musuh sedang ramai atau ada yang mencoba untuk kabur. Kamu harus bertahan hidup hingga late game, di mana equipment kamu sudah “jadi”. Ketika kamu sudah memiliki item bagus, itulah saatnya kamu menjadi pembunuh berantai!

Jika kamu benar-benar menguasai hero Layla (dan juga beruntung), bukan tak mungkin kamu bisa mencapai rank Master atau bahkan Grand Master. Terbukti, teman saya pernah melakukannya!

Guide Layla Mobile Legends: Bunuh Musuhmu dari Jarak Terjauh!

Bunuh musuhmu dari jarak terjauh! Juga buat musuhmu berpikir dua kali mendekatimu! Simak guide Layla Mobile Legends disini!
Baca Juga
2

Gunakan Free Rotation untuk Mempelajari Hero Lain

Free Rotation Mobile Legends

Selanjutnya di tips pemula Mobile Legends adalah menggunakan free rotation. Mempelajari dan menguasai hero lain sangat penting dalam bermain Mobile Legends. Pertama agar kamu bisa menyeimbangkan tim ketika bermain Ranked Match (akan dijelaskan lebih lanjut nanti).

Kedua adalah untuk mempelajari hero musuh yang merepotkan kamu, sehingga nantinya kamu dapat mengetahui kelebihan dan kelemahan mereka ketika bertemu. Yang ketiga dan paling penting adalah untuk mencari hero yang benar-benar cocok dengan gaya bermainmu. Alasan terakhir ini penting sebelum kamu memutuskan untuk membeli sebuah hero secara permanen.

Ada juga cara lain untuk mengetes hero yang belum kamu miliki, yaitu dengan menggunakan Custom Mode dan memilih mode Draft Pick. Tapi tentunya pengalaman kompetitifnya berbeda dengan Match Up Mode.


3

Belajar Menjadi Team Player

tips pemula mobile legends
Tanker, jenis hero yang tidak “wah” tapi sangat berguna bagi tim.

Ketika masuk ke dalam fase pemilihan hero, terkadang jika kamu kalah cepat maka hero favorit (baca: Layla) bisa saja sudah diambil orang lain. Atau mungkin jumlah hero jenis marksman sudah terlalu banyak di dalam satu tim (biasanya 2 marksman sudah cukup). Nah, jika sudah begini, tips nomor dua di atas pasti akan sangat membantu kamu.

Ketika kamu sudah mencoba dan menguasai hero lain, maka tim akan diuntungkan karena kamu bisa memilih hero jenis lain. Yang jelas, dengan jenis hero yang bervariasi, kesempatan kamu menang akan lebih tinggi, apalagi bila kamu memilih hero yang cocok satu sama lain.

Selain dalam fase pemilihan hero, ketika permainan berlangsung pun kamu harus berusaha menjadi team player. Caranya adalah dengan bermain sesuai dengan peran masing-masing, apakah kamu marksman, tanker, charger, mage, atau support.

4

Gunakan Peta Sebaik Mungkin

Masih dalam rangka menjadi team player yang baik, kamu harus memperhatikan peta di sudut kanan atas layar sebaik mungkin. Ketahui tower/anggota tim mana yang sedang memerlukan pertolongan, atau hero musuh mana yang lengah dan bisa di-gank. Peta juga bisa menjadi alat komunikasi paling efektif untuk membuat tim kamu waspada.

Kalau ada yang protes ke kamu untuk “lihat peta”, ya biasanya itu karena kamu tidak merespons sinyal bantuan mereka atau kamu mengabaikan tower di dekatmu yang diserang. Jadi, jangan lupa untuk mengecek peta secara berkala ya!

7 Hero Mobile Legends Terbaik yang Mudah Dipakai Untuk Pemain Pemula

Bingung memilih hero yang mana untuk bertanding? Tujuh hero Mobile Legends terbaik ini sangat cocok untuk kamu yang baru saja mencoba permainan ini.
Baca Juga

Simak tips pemula Mobile Legends selanjutnya di halaman kedua! Ada satu kebiasaan pemula yang sering menjadi masalah!