Review Wonder Woman: Film Superhero DC Extended Universe Paling Solid

review wonder woman

Akumulasi kritikus yang dikumpulkan Rotten Tomatoes memberi penilaian 94%. Apakah filmnya sebagus itu? Baca saja review Wonder Woman dari Duniaku.net ini!

Sinopsis

Baca Juga

Diana of Themyscira adalah sosok yang istimewa. Dia adalah satu-satunya anak di pulau para Amazon. Dikatakan kalau Ratu Hippolyta begitu menginginkan anak hingga ia menciptakan patung tanah liat dan menghendaki kehidupan dari Zeus.

Diana awalnya menjalani kehidupan yang tenang dan menyenangkan. Ia bahkan tidak diperbolehkan untuk belajar bertarung, walau seluruh Amazon adalah pejuang. Tapi pada dasarnya petarung, Diana pun pada akhirnya menempa kemampuannya walau harus sembunyi-sembunyi.

Masalah datang saat sebuah pesawat jatuh. Kabar dari Steve Trevor, pilot pesawat tersebut, menyampaikan tentang keberadaan perang besar di luar Themyscira. Mengira perang itu ulah Ares, Diana bergegas keluar untuk berjuang. Namun benarkah Ares sang musuh bebuyutan Amazon terlibat? Ataukah pada dasarnya yang akan Diana hadapi hanyalah keburukan jiwa manusia?

Paling Solid dari Film DC Extended Universe Sejauh Ini


Kalau kamu tidak suka film DC Extended Universe lain, mungkin kamu masuk ke review Wonder Woman ini untuk melihat apakah film ini memiliki kelemahan-kelemahan film lainnya. Jawabannya? Menurut penulis sih film ini adalah yang terbangun paling baik.

Batman v Superman dikritik karena ditimpa oleh begitu banyak subplot hingga cerita utamanya sendiri tersendat. Wonder Woman menyajikan satu plot besar yang disajikan dengan jelas, hingga kamu tidak akan merasakan masalah seperti di BvS.

Suicide Squad dikritik karena penyajian cerita yang terkesan kacau balau dan lebih mengedepankan style ketimbang isi. Dikatakan kalau itu terjadi karena banyaknya intervensi dari Warner Bros, terutama setelah BvS dicabik-cabik kritikus.

Wonder Woman juga tak terasa memiliki kelemahan tersebut. Sempat ada rumor kalau proses pembuatan film ini juga sebenarnya bermasalah. Entah itu benar atau tidak, tapi kalau iya, maka Patty Jenkins selaku sutradara berhasil menanganinya dengan baik. Cerita yang disajikan kokoh. Simpel memang, tapi itu justru menjadi nilai plus mengingat BvS mengincar terlalu banyak.

Esensi Karakter Wonder Woman Tidak Hilang

Inilah Film Legendaris yang Menjadi Inspirasi Patty Jenkins Membuat Wonder Woman!

Banyak sutradara menggunakan film lain sebagai inspirasi mereka, namun, bagaimana dengan Wonder Woman? Apa ada film yang menginspirasi film tersebut?
Baca Juga

Banyak rumor meresahkan soal film Wonder Woman dulu. Termasuk pengungkapan kalau kostum Wonder Woman menjadi merah karena berlumur darah dari banyak sekali pertempuran. Sempat ada fan setia penasaran, akankah karakter Wonder Woman berubah menjadi petarung brutal yang paranoid seperti Batman?

Ternyata tidak. Bahkan untuk review Wonder Woman kali ini penulis harus menyiapkan satu ruang khusus untuk membahas karakterisasi Wonder Woman yang disajikan dengan sangat bagus.

Sutradara Patty Jenkins berhasil membawakan sosok Wonder Woman yang ideal. Dia adalah seorang pejuang Amazon yang super kuat. Tapi di sini dijelaskan betul latar belakangnya, apa motivasinya untuk bertarung, bahkan keputusannya setelah motivasi tersebut seperti salah.

Lalu ada juga pemahaman Diana setelah konflik film ini mencapai klimaks. Untuk yang itu rasanya kamu wajib melihat sendiri. Tapi dalam adegan itu Patty Jenkins berhasil menunjukkan dirinya memang memahami siapa itu Wonder Woman, dan ia mengadaptasi karakter ini dengan sempurna ke layar lebar.

Pada akhirnya, sebenarnya hanya itu yang penulis inginkan dari sebuah film superhero. Silakan utak-atik karakternya untuk menyesuaikan narasi. Buat dia jadi lebih kelam bila diperlukan. Namun jangan sampai melupakan esensi dari karakternya sendiri.

Baik karakter Batman maupun Superman sempat mengalami masalah ini di BvS. Sebaliknya, Wonder Woman justru menjelma menjadi sosok yang paling akurat penyajiannya, bahkan setelah modifikasi-modifikasi yang diberikan untuk latar belakangnya.


 

Kesimpulan dari review Wonder Woman ini bisa kamu baca di bawah. Tapi mungkin kamu masih butuh pembahasan lebih dalam, terutama kekuatan dan kelemahan film ini? Kalau begitu, cek halaman kedua!

1
2
REVIEW OVERVIEW
Skor Film
85 %

SHARE
Previous articleSteam Direct Patok US $100 Per Game yang akan Dijual Developer, Keputusan yang Tepat?
Next articlePembahasan Dragon Ball Super 93 – Bisakah Goku Merekrut Frieza?
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.