Steam Direct Patok US $100 Per Game yang akan Dijual Developer, Keputusan yang Tepat?

Steam Direct

Steam Direct semakin dekat dengan perilisannya, dan Valve mematok harga US $100 untuk setiap game yang akan dirilis. Apakah keputusan ini tepat?

Bulan Februari 2017 kemarin komunitas developer indie di seluruh dunia mendapatkan kabar yang cukup mengejutkan. Valve memutuskan untuk menghapus program Steam Greenlight yang selama ini menjadi “pintu masuk” developer indie yang ingin menjual game-nya di Steam. Sebagai gantinya, Valve siap meluncurkan program baru yang disebut dengan Steam Direct, dengan biaya dan proses yang sepenuhnya berbeda.

Baca Juga

Steam Direct bisa dibilang “memotong jalan” dari Steam Greenlight, dimana developer indie cukup mengikuti langkah-langkah yang diberikan Steam, dan menunggu kurasi internal sebelum dipublikasikan. Tanpa harus menunggu hasil kurasi dari user layaknya Greenlight. Tentu saja, dengan tidak lupa membayar biaya registrasi yang pada saat itu masih belum ditentukan besarannya.

Mengenai biaya registrasi ini, Valve sudah mempertimbangkan angka mulai dari US $100 hingga US $ 5.000 (sekitar Rp1,3 juta hingga Rp65 juta) untuk setiap game yang didaftarkan. Mereka juga tidak lupa meminta pendapat dari para developer indie, berapa harga yang mereka rasa pas untuk menjual tiap game yang dibuat di portal game PC terbesar ini.

Steam Direct

Dan di awal Juni 2017 ini lewat update di halaman resmi Steam, Valve memberikan update terbaru mengenai Steam Direct. Kali ini, mereka sudah mematok harga yang harus dibayarkan oleh developer untuk setiap game yang didaftarkan di Steam. Dan, Valve pun akhirnya mematok angka US $100, alias Rp1,3 juta untuk tiap game yang akan dijual di Steam.

Kabar lebih lanjut menyebutkan, bahwa uang US $100 bisa dikembalikan ke developer setelah game yang didaftarkan berhasil meraup pendapatan minimal US $1000 atau kurang lebih Rp13 juta.

Steam Direct

Angka sebesar ini lebih mahal dibandingkan nominal yang harus dibayarkan developer untuk mendaftarkan diri di Steam Greenlight dulu. Sebagai catatan, untuk Steam Greenlight developer harus membayar US $100 cukup sekali, tidak peduli berapapun game yang akan didaftarkan. Namun tentu saja, sebelum game yang didaftarkan bisa dijual di Steam, developer harus melakukan kampanye dulu untuk mendapatkan suara dari para pengguna Steam dan menunggu Valve memberikan status Greenlit.

Program Steam Greenlight akan Dihapus, Digantikan Steam Direct. Bagaimana Masa Depannya?

Steam Greenlight akan dihapus oleh Valve, digantikan program yang lebih simpel bernama Steam Direct. Berita baik atau buruk?
Baca Juga

Namun, apakah keputusan mematok harga sebesar US $100 untuk tiap game di Steam Direct ini tepat?

Lanjut di halaman 2!

1
2

SHARE
Previous articleDapatkan Bonus Menarik Hingga Satu Unit PS4 di Perayaan 7 Tahun PlayStation Plus!
Next articleReview Wonder Woman: Film Superhero DC Extended Universe Paling Solid
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.