Steam Direct Patok US $100 Per Game yang akan Dijual Developer, Keputusan yang Tepat?

Apakah dengan biaya dan sistem baru ini bakal membuat Steam sepadat Google Play Store atau iTunes App Store?

Steam Direct

Selamat jalan, Steam Greenlight

Setiap keputusan tentu ada plus dan minusnya. Dengan biaya sebesar ini (apalagi uangnya bisa ditarik kembali setelah game-nya mulai laris), tentu akan meringankan developer indie yang ingin game-nya dijual di Steam. Namun sisi negatifnya, bisa jadi pasar Steam akan terlalu “padat” seperti platform self published lain seperti Google Play Store ataupun iTunes App Store, yang membuat sebuah game sulit ditemukan gamer karena saking banyaknya game baru yang muncul setiap hari.

Apalagi kabarnya Steam tidak akan melakukan kurasi yang terlalu ketat untuk game-game yang didaftarkan di Steam Direct ini, sehingga apapun game baik yang keren ataupun berkualitas rendah sekalipun bisa dengan mudah masuk. Asalkan membayar biaya registrasinya.

Ada satu sisi positif lagi mengenai uang US $100 yang bisa dikembalikan ke developer. Keputusan ini tentu bisa cukup membuat developer berpikir lebih dari sekali sebelum melempar game ke Steam. Mereka tentu akan sedikit “terpacu” untuk mendapatkan uang tersebut kembali, sehingga kualitas game yang dirilis pun tidak asal jadi. Dan uang yang kembali bisa “diputar” untuk merilis game selanjutnya bukan?

Dengan kata lain, hal ini secara tidak langsung bisa menjadi salah satu sistem “kurasi” dari Steam untuk memilah-milah, mana developer yang benar-benar serius merilis game dan mana yang hanya sekedar main-main dan merilis game asal jadi.

Dengan tidak adanya sistem kurasi yang lebih ketat untuk game-game baru yang akan masuk, Valve pun mulai fokus untuk memperbaiki sistem discovery di Steam. Tujuannya adalah untuk lebih banyak memberikan rekomendasi kepada gamer mengenai game-game baru yang dirilis, terutama yang mirip dengan game-game yang sudah dimainkan.

steam direct

Salah satu fitur yang akan diimprovisasi adalah Curators, dimana para kurator nantinya diperbolehkan untuk memberikan informasi dari luar Steam. Contohnya, seorang YouTuber bisa mengunggah video yang sudah dibuat untuk game yang ia rekomendasikan. Selain itu, nantinya developer juga bisa memberikan akses kepada para kurator untuk game-game yang dibuat sebelum game-nya rilis di pasaran.

Sayangnya, belum ada keputusan resmi dari Valve mengenai kapan Steam Direct ini akan diluncurkan. Namun kabarnya, Steam Direct ini bakal dirilis tidak lama lagi dan kita hanya tinggal menunggu pengumuman selanjutnya di blog resmi Steam.


CONTINUE READING BELOW

Program Steam Greenlight akan Dihapus, Digantikan Steam Direct. Bagaimana Masa Depannya?

Steam Greenlight akan dihapus oleh Valve, digantikan program yang lebih simpel bernama Steam Direct. Berita baik atau buruk?


Bagaimana menurutmu mengenai biaya Steam Direct ini? Apakah akan berdampak baik, atau buruk untuk developer indie dan juga untuk pengguna Steam?

Sumber: Steam


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.