10 Rahasia yang Bikin Iklan Ramayana Pantas Jadi Iklan Ramadhan Terbaik 2017!

Apa rahasia di balik iklan Ramayana edisi Ramadhan?

10 Rahasia yang Bikin Iklan Ramayana Pantas Jadi Iklan Ramadhan Terbaik 2017!

 

Iklan Ramayana spesial Ramadhan mengangkat tema kekeluargaan yang menyentuh hati.

Ramadhan telah tiba. Di bulan ibadah puasa ini merupakan momen istimewa bagi umat Islam. Rutinitas keseharian menjadi berubah karena ibadah menahan hawa nafsu dan lapar dahaga. Dan menyambut bulan Ramadhan ini, tidak aneh berbagai iklan komersial membuat iklan spesial Ramadhan yang khusus ditayangkan selama bulan Ramadhan berlangsung. [duniaku_baca_juga] Salah satu iklan spesial Ramadhan adalah iklan Ramayana. Namun walaupun berbagai iklan spesial Ramadhan bermunculan, iklan Ramayana memiliki keistimewaan tersendiri. Bahkan tidak aneh jika kita menganggap iklan Ramayana spesial Ramadhan merupakan iklan spesial Ramadhan terbaik tahun ini.

Video ini diunggah di akun Youtube Ramayana Department Store pada tanggal 26 Mei 2017. Kronologis kisah pada video ikan Ramayana yang berjudul Bahagianya adalah Bahagiaku kurang lebih seperti ini: Terlihat suasana keseharian, di mana ada seorang nenek yang tinggal serumah bersama anak dan menantunya. Ia tampak cerewet pada anak, menantu, dan cucunya. Berkali-kali ia mengingatkan pada anaknya soal puasa, untuk tak lupa sahur, hingga tak lupa Salat Tarawih. Saat sahur misalnya ia membangunkan seluruh keluarga dan anak laki-lakinya menjawab bahwa ia tak sahur. Hanya menantu perempuan dan cucunya yang sahur. Lalu pada saat siang hari, si cucu akan membeli makanan. Namun sang nenek langsung melarang cucunya. Si cucu menggerutu, lalu si ibu berbisik ke anaknya agar makan di belakang. Sang nenek bilang pada menantunya agar mengajari anaknya berpuasa. Lalu suatu ketika berbelanja dan banyak sekali yang dibelanjakan. Anak laki-laki bertanya kenapa banyak sekali yang dibelanjakan. Sang nenek menjawab bahwa ini sekalian untuk lebaran. Adegan selanjutnya adalah obrolan antara suami istri, antara anak lelaki dan istrinya alias menantu dari wanita tadi. Mereka membahas bahwa kalau rumah berubah setelah kehadiran si ibu dan mereka berencana membawa wanita tersebut keluar. Ternyata sang nenek di bawa ke makam suaminya. Ramadan tahun lalu bertepatan dengan meninggalnya suami sang nenek. Hal ini membuat ingatan sang nenek terhenti sehingga yang ia ingat tiap hari adalah Ramadan. Akhirnya mereka memberanikan diri untuk menyampaikan bahwa kakek telah tiada. Tujuan pembuatan iklan ini juga dijabarkan pada sinopsis video ini. Tak ada pengorbanan yang sia-sia demi kebahagiaan orang tercinta. Seperti keluarga ini, yang berkorban setiap hari demi senyuman dan kebahagiaan sang bunda. Sudahkah kamu membuat senyuman di wajah orang tercinta hari ini? Jadilah alasan di balik senyuman dan kebahagiaan orang-orang yang kamu cintai. Jangan pernah berhenti membahagiakan orang yang kita cintai karena itu.... keren.

Tak heran iklan Ramayana ini pantas jadi iklan Ramadhan of the year. Kira-kira inilah yang membuat iklan ini layak jadi iklan Ramadhan terbaik 2017. Lanjut ke halaman 2.

 [page_break no="1" title="Judul"] Judul dari iklan ini adalah Bahagianya adalah Bahagiaku. Sebuah padanan kata yang personal bagi pemirsa yang menyaksikannya. [page_break no="2" title=" Durasi"] Durasi iklan adalah 3 menit 15 detik, sebuah durasi yang pas ditayangkan di media televisi atau TVC. Tidak terasa sebentar, namun juga tidak terlalu lama, membuat biaya pemasangan iklan pun menjadi efektif. [page_break no="3" title="Tema cerita"] Tema cerita pun terasa seperti kehidupan sehari-hari kita saat bulan Ramadhan. Namun, benarkah ini terjadi di bulan Ramadhan? [page_break no="4" title="Karakter"] Semua karakter pada iklan ini mengeksekusi peran dengan baik. Dari nenek yang cerewet, ayah yang tampak terganggu dengan ulah nenek, anak yang mengeluh dengan perintah nenek, hingga ibu yang sabar menghadapi ulah nenek. Semua berperan penting membawa pemirsa mengikuti alur ceritanya. [page_break no="5" title="Alur cerita"] Alur cerita telah dijabarkan di atas, dan merupakan cerita keseharian dengan kejutan di akhir cerita. [page_break no="6" title="Antagonis palsu"] Di tengah-tengah cerita, sang ibu dan ayah berencana membawa keluar sang nenek. Saat ini, orang-orang mengira bahwa sang nenek akan dibawa ke panti jompo. Namun yang terjadi adalah... [page_break no="7" title="Plot twist"] Plot twist terbaik di sebuah iklan Ramadhan. Sang nenek dibawa ke makam suaminya untuk diingatkan bahwa ia telah tiada. Ini membuat setiap hari baginya terasa seperti Ramadhan dan menjelang Lebaran karena ingatannya tidak mengakui momen kehilangan suaminya. Pada momen ini, Penulis rasa emosi tiap penonton teraduk sedemikian rupa karena terasa mengharukan. [page_break no="8" title="Penyakit yang mungkin ada"] Penyakit yang diderita sang nenek adalah penyakit yang mungkin terjadi di dunia nyata, walau mungkin rupanya tidak serapih trauma yang diderita sang nenek. Dari bahan bacaan Penuis, kemungkinan ini adaah tipe penyakit dissosiative amnesia yakni jenis amnesia yang disebabkan oleh trauma atau stres yang menghasilkan ketidakmampuan untuk mengingat informasi pribadi yang penting. Dalam hal ini, informasi yang hilang adalah kematian sang suami dan bahwa hari berjalan seperti biasa, tidak terhenti di bulan Ramadhan. [page_break no="9" title="The Drawing Squad"] The Drawing Squad adalah agensi di balik iklan Ramayana. Kreativitas mereka kembali membuat karya yang mengagumkan melalui iklan Ramayana spesial Ramadhan ini. [page_break no="10" title="Tagline"] Tagline Ramayana pada masa kini adalah Keren Hak Segala Bangsa. Tidak heran, banyak iklan atau TVC yang membidik kawula muda serta branding dari produknya. [duniaku_adsense] Namun dalam Ramadhan ini, tagline ini di-twist menjadi. "Bahagia hak segala bangsa". Membidik nuansa kekeluargaan pada momen Ramadhan, tagline ini juga mengena dengan pas pada iklan Bahagianya adalah Bahagiaku. Menurutmu sendiri, bagaimana iklan Ramadhan yang satu ini? Apakah kalian menyukainya?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU