Inilah 5 Film Hollywood tentang Islam yang Tampilkan Citra Positif Kaum Muslim

film hollywood tentang islam

Film Hollywood tentang Islam ini menggambarkan agama Islam sebenarnya yang cinta damai dan penuh belas kasih.

Baca Juga

Istilah Islamophobia menjadi mimpi buruk bagi warga Islam yang tinggal di Amerika. Karena tragedi 9/11, citra Islam di mata warga Amerika menjadi negatif dan digambarkan sebagai teroris.

Hal in turut membuat beberapa film Hollywood mengangkat citra Islam dalam sudut pandang negatif. Beruntung tak semua film Hollywood seperti itu. Masih ada juga sejumlah film Hollywood yang menampilkan karakter orang Islam yang lebih cinta damai. Contohnya ya seperti deretan film Hollywood tentang Islam berikut ini.

1

Kingdom of Heaven

Kingdom of Heaven adalah film garapan Ridley Scot yang terkenal lewat Gladiator. Film ini mengisahkan pertempuran antara aliansi negara Kristen dan bangsa Arab yang disebut sebagai Perang Salib.

Kingdom of Heaven bisa dibilang salah satu film Hollywood tentang Islam karena mengambil sudut pandang kaum Muslim di medan perang. Tentara Muslim digambarkan sebagai pihak yang menghormati etika perang dan hak asasi manusia. Berbeda dengan tentara kristen yang disebut barbar dan keji terhadap wanita dan anak-anak.

Film ini dibilang cukup berani karena dirilis tak lama setelah tragedi 9/11 yang menimbulkan Islamophobia di AS.

2

Ali

Sama seperti Kingdom of Heaven, Ali juga adalah salah satu film Hollywood yang memotret citra Islam dalam pandangan positif. Ali merupakan film biografi yang mengisahkan masa hidup petinju legendaris Muhammad Ali. Ali memang adalah salah satu Muslim paling legendaris di dunia. Sejarah hidupnya, termasuk masa-masa dia beralih memeluk Islam, disorot di filmnya.

Lewat perannya sebagai Ali, Will Smith untuk pertama kalinya masuk nominasi Oscar sebagai Aktor Utama Terbaik di tahun 2002. Bahkan karena perannya yang begitu berkesan, Will Smith sempat dikabarkan tertarik mempelajari Islam.

Selain Will Smith, film Ali juga dibintangi oleh Jamie Foxx, Jon Voight, dan Jada Pinkett Smith.

3

Malcolm X

Malcolm X merupakan film Hollywood tentang Islam selanjutnya. Film yang dirilis tahun 1992 mengambil dua sudut pandang Islam di Amerika.

Pada awalnya, Malcolm X disajikan sebagai karakter yang keras dengan pandangan Islam yang cenderung militan. Namun setelah menjalani ibadah Haji dan melewati berbagai perkembangan hidup, Malcolm justru menyadari wajah sejati Islam yang toleran dan cinta damai.

Meski tak cukup baik di pasaran, namun film Malcolm X sukses mendapat beberapa penghargaan. Salah satunya lewat akting gemilang Denzel Washington sebagai Malcolm X yang diganjar penghargaan New York Film Critics Circle Awards dan masuk nominasi Aktor Utama Terbaik di ajang Oscar 1993.

4

Robin Hood: Prince of Thieves

Film Hollywood yang mengangkat citra Islam dalam sudut postif adalah Robin Hood: Prince of Thieves (1991). Hal ini terlihat dari karakter Azeem yang diperankan oleh Morgan Freeman. Azeem merupakan sosok Muslim yang menjadi pendamping setia Robin Hood dalam membela kebenaran. Sebagai Muslim yang taat, Azeem ditampilkan dengan begitu simpatik dan menarik. Bahkan ia juga sempat menolak tawaran minuman alkohol.

Meskipun tak sepenuhnya bercerita tentang Islam, namun dengan hadirnya sosok Azeem, bisa dibilang jika Robin Hood: Prince of Thieves adalah film Hollywood yang menjunjung tinggi rasa hormat kepada kaum muslim.

5

American East

Film Hollywood tentang Islam selanjutnya adalah American East. Menceritakan keluarga Muslim yang ingin membuka restoran khas Timur Tengah di Los Angeles, Amerika. Film ini akan menyoroti bagaimana tekanan yang dialami oleh orang Arab-Amerika lewat sudut pandang tiga karakter.

Dirilis tahun 2008, American East disutradarai oleh Hesham Issawi dan dibintangi Sayed Badreya, Tony Shalhoub, Sammy Sheik, dan Sarah Shahi.


Melihat 7 Meme Puasa Super Kocak Ini Pasti Bikin Kamu Gak Bakal Lemes Beribadah Lagi!

Deretan meme puasa ini bakal bikin kamu gak lemes dan semangat buat beribadah!
Baca Juga

Adakah film Hollywood tentang Islam favoritmu?

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleGuide YuGiOh Duel Links: Deck Doomsday Horror (Bagian 1)
Next articleWah, Semla Favorit Big Mom Ternyata Beneran Ada di Dunia Nyata, Lho!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca