Selamat Tinggal Greenlight, Steam Direct Segera Meluncur Seminggu Lagi!

Steam Direct

Steam Greenlight resmi “pensiun”. Sebagai gantinya, Steam Direct akan segera meluncur dalam waktu seminggu lagi!

Seperti kabar yang sudah beredar sebelumnya, Valve siap menghapus program Steam Greenlight yang selama ini menjadi pintu masuk game-game dari developer indie. Sebagai gantinya, program crowdsource tersebut akan digantikan dengan program yang diklaim lebih simpel bernama Steam Direct, yang mengambil “jalan pintas” tidak lagi mengumpulkan dukungan dari gamer agar sebuah game bisa di-greenlit dan akhirnya rilis di store.

Baca Juga

Nah, minggu lalu Valve sudah menunjukkan tanda-tanda bahwa umur Steam Greenlight sudah hampir “habis”, dan Steam Direct segera meluncur. Indikasinya, Valve sudah menetapkan besaran biaya yang harus dibayarkan developer indie yang ingin menjual game di Steam. Nominal US $100 (sekitar Rp1,3 juta) per game akhirnya dipilih oleh Valve, tentu saja dengan berbagai resiko yang bisa muncul ke depannya.

Dan prediksi tersebut memang benar. Tepat hari ini, 7 Juni 2017 Valve sudah mengonfirmasikan sudah menutup pendaftaran game baru di Steam Greenlight. Selain itu, mereka juga mengonfirmasikan Steam Direct akan segera mengudara pekan depan, tepatnya tanggal 13 Juni 2017 mendatang!

Steam Direct

Jika kamu mengunjungi halaman resmi Steam Greenlight hari ini, kamu akan melihat sebuah pop up yang menginformasikan bahwa Steam Greenlight sudah “pensiun”, termasuk voting untuk game-game baru pun sudah ditutup. Lalu, bagaimana dengan game-game yang sampai saat ini masih “antri” di program tersebut?

Dalam pernyataan resminya, Valve mengungkapkan bahwa saat ini masih ada kurang lebih 3400 game yang didaftarkan di Greenlight dan menunggu antrian. Untuk itu, Valve berjanji dalam waktu seminggu transisi dari Greenlight ke Steam Direct ini, mereka akan melakukan kurasi secara internal terhadap judul-judul tersebut. Mereka pun meminta developer untuk bersabar sembari menunggu giliran game mereka bisa tampil di halaman store Steam.

Steam Direct

Namun tidak semua judul bisa di-Greenlit. Mungkin akan ada beberapa judul yang tidak bisa mendapatkan Greenlit karena banyak faktor. Untuk judul yang tidak di-Greenlit dalam waktu seminggu ke depan, Valve mengungkapkan akan membawa judul-judul ini ke Steam Direct, dengan ketentuan game-game tersebut sudah memenuhi standar dan syarat yang ditetapkan di Steam Direct.

Program Steam Greenlight akan Dihapus, Digantikan Steam Direct. Bagaimana Masa Depannya?

Steam Greenlight akan dihapus oleh Valve, digantikan program yang lebih simpel bernama Steam Direct. Berita baik atau buruk?
Baca Juga

Developer yang sudah membayar fee Greenlight namun belum sempat mendaftarkan satu game-pun, mereka juga bisa meminta uangnya kembali lewat tim Support Steam.

Lalu, bagaimana proses pendaftaran game baru ke Steam Direct? Lanjut ke halaman 2!

1
2

SHARE
Previous articleKejutan Batman 24: Batman Akhirnya Melamar Catwoman!
Next articleApakah Sony Mencoba Menyabotase Spider-Man: Homecoming? Ini 5 Langkah Aneh dari Studio Tersebut!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.