Pembahasan Manga Attack on Titan 94: Kisah Sedih di Balik Armored Titan

Attack on Titan 94
Image credit: Attack on Titan Wiki

Manga Attack on Titan 94 menyorot lebih dalam sosok di balik Armored Titan. Siapa sangka makhluk ini menyimpan banyak tragedi?

Baca Juga

Anime Attack on Titan musim kedua telah menyorot sosok sejati di balik Armored dan Colossal Titan, dua musuh kuat Eren saat ini. Sekarang, bab Attack on Titan 94 versi manga juga menyajikan pendalaman lebih jauh lagi tentang si manusia di balik Armored Titan.

Masalahnya ya, kejadian yang akan dikupas di sini ini sudah jauh sekali dari versi animenya. Jadi untuk yang takut kena bocoran tak disarankan untuk lanjut baca. Yang memang sudah membaca atau tidak takut spoiler sih tidak masalah tentu saja.

SPOILER ALERT!!!

9 titan legendaris

1

Makna Kata-Kata Reiner

Image credit: Mangastream

Di bab sebelumnya, Reiner Braun menantang Falco. Kalau Falco tidak ingin Gabi, pujaan hatinya, terkena kutukan Titan, maka Falco harus menyelamatkan Gabi. Cara paling mudah sebenarnya adalah dengan bertindak lebih hebat dan heroik ketimbang Gabi, sehingga yang ditunjuk menjadi penerus Armored Titan adalah Falco.

Tapi apakah Reiner memiliki rencana lain? Attack on Titan 94 ini menampilkan kemungkinan tersebut. Alih-alih mengira dirinya harus melampaui Gabi menjadi pengganti Armored Titan, Falco merasa Reiner diam-diam menyembunyikan rencana untuk membebaskan kaum Eldia dari peperangan.

Memahami Konflik Marley dan Eldia, Akar dari Pertempuran Akhir Attack on Titan

Kecuali ada twist, pertempuran akhir Attack on Titan berhubungan dengan konflik Marley dan Eldia. Masih bingung sejarah dua kaum ini? Ini pembahasannya!
Baca Juga

Reiner sendiri dihantui oleh banyak kematian. Mulai dari kematian orang-orang yang seharusnya adalah kawannya (penduduk pulau Paradis), hingga kematian orang-orang yang memang adalah temannya. (Bertolt). Sudah berada di dua sisi, seharusnya Reiner adalah yang paling paham kalau kaumnya hanyalah korban.

Apakah Reiner adalah kunci konflik Marley-Eldia bisa berakhir dengan mantap? Mungkin iya, mungkin tidak.

2

Sisi Lain Perang

Image credit: Mangastream

Pembahasan Attack on Titan 93 – Konfirmasi Kematian Satu Karakter Favorit

Manga Attack on Titan 93 telah beredar. Walau tidak banyak aksi, ada sejumlah pengungkapan di sini. Termasuk konfirmasi kematian seorang karakter favorit.
Baca Juga

Mudah untuk membenci, dan bahkan membunuh, seseorang kalau kamu tidak mengenal mereka. Misalnya, mungkin ada yang senang melihat Bertolt dikunyah oleh Armin versi Titan. Saat pembunuhan itu terjadi, pembaca hanya tahu Bertolt sebagai seorang pengkhianat yang ingin memusnahkan manusia-manusia di balik tembok. Dia memang bersahabat dengan Reiner dan Annie, namun sisi lain kehidupannya tak diperlihatkan.

Attack on Titan 94 seakan dibuat oleh Hajime Isayama hanya untuk memastikan pertempuran berikutnya antara Marley dengan Paradis akan terasa semakin pahit.

Para pejuang Marley ini memiliki keluarga. Lihat saja Zeke, yang telah menyebabkan begitu banyak korban jiwa (termasuk Erwin Smith) tanpa merasa bersalah. Dia yang di Paradis terlihat sebuas wujud Titannya di sini diperlihatkan masih memiliki orang tua asuh. Dari reaksinya menyambut mereka, Zeke juga tampak peduli kepada mereka.

Bahkan Reiner sang Armored Titan pun masih memiliki ibu. Pieck si Cartman pun masih memiliki orang tua, demikian pula dengan Galliard sang Jaw Titan. Orang-orang ini sama-sama manusiawinya dengan Eren dan kawan-kawannya.

Bisa dibilang, ini adalah kejutan yang menarik. Konflik antara Paradis dan Marley terasa semakin abu-abu sekarang. Terutama karena terasa yang benar-benar jahat bukanlah pihak Zeke maupun Eren, melainkan negeri Marley yang ingin mengeksploitasi Paradis.

Tiba-tiba, konflik Attack on Titan jadi terasa lebih berat dan tidak lagi hitam-putih. Karena mereka akan datang sebagai penyerang, Reiner dan Zeke tidak akan mendapat sambutan baik dari Eren dan Armin saat mereka sampai ke Paradis. Bahkan mungkin orang seperti Gabi, Galliard, dan Pieck bisa dibunuh oleh Eren dan Recon Corps tanpa pikir panjang.


 

Cek halaman dua untuk membaca lanjutan pembahasan Attack on Titan 94 ini!

1
2

SHARE
Previous articleDissidia Final Fantasy NT, Pertarungan Para Karakter Terkuat Final Fantasy Berlanjut di PS4!
Next articleUps, Logo Umbrella Corp. Game Resident Evil Digunakan untuk Logo Klinik Kesehatan Kulit di Vietnam!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.