Wah, Mungkinkah Ternyata Bruce Wayne Bukan Batman di Serial Gotham?

bruce wayne bukan batman di gotham
Image credit: ScreenRant

Ada teori yang bilang bahwa Bruce Wayne bukan Batman di serial televisi Gotham. Hah? Jadi apa dong?

Kita sudah berkali-kali melihat origin story dari Batman, sampai-sampai beberapa orang mulai bosan akan hal itu. Tapi ternyata, mungkin saja kita akan melihat origin story yang berbeda dari serial televisi Gotham. Mungkin, Bruce Wayne bukan Batman di Gotham.

SPOILER ALERT

Baca Juga

6 Karakter yang Cocok Menggantikan Deathstroke sebagai Musuh di The Batman

Mulai dari penipu, sampai bekas pasangannya Batman bisa menjadi musuh menarik pengganti Deathstroke. Banyak juga ya penjahat di Gotham?
Baca Juga

Tulisan kali ini kemungkinan memiliki spoiler untuk kalian yang menonton serial Gotham.

Masalah di Serial TV Gotham

Serial televisi Gotham banyak dikritik orang-orang karena tidak mengikuti mitologi-mitologi yang sudah ada di dalam dunia Batman. Tapi lewat episode baru di musim ke-3 penayangan serial ini, muncul sebuah teori yang mengatakan bahwa mungkin memang Gotham tidak perlu mengikuti mitologi tersebut. Mereka benar-benar mengambil latar dunia alternatif.

Kesamaan Gotham dengan mitologi Batman bukannya tidak ada. Dalam serial ini, kedua orang tua Bruce tetap terbunuh, dan Gordon juga ada di kota penuh kejahatan tersebut. Tapi hanya dua itu. Selebihnya, semua orang yang ada di Gotham terasa lebih jahat atau lebih gila dibanding versi asli mereka.

Dan karenanya, ada kemungkinan bahwa Bruce Wayne bukan Batman di Gotham, tapi…

Owlman.

Siapa itu Owlman?

Owlman adalah versi Batman di universe lain, dimana ia tidak menggunakan kelelawar sebagai motifnya, tapi burung hantu. Versi Batman yang ini cukup berbeda dengan Batman yang dikenal: jauh lebih gelap dan lebih sadis.

Sama seperti Batman, Owlman juga genius dan jago berkelahi. Meski begitu, yang diburu oleh Owlman bukan hanya penjahat seperti Batman, tapi juga orang-orang yang tidak bersalah. Tujuannya adalah untuk menakut-nakuti para penduduk.

Apa hubungan Gotham dengan Owlman?

Teori yang mengatakan bahwa Bruce Wayne bukan Batman di Gotham, melainkan Owlman muncul dari hal-hal yang terjadi dalam serial ini. Dengan salah satu hal yang paling membingungkan adalah posisi Wayne Enterprise yang dipegang kendalinya oleh Court of Owls.

Court of Owls menjadi penting dalam teori Bruce Wayne bukan Batman ini, karena dalam salah satu cerita tentang Owlman, sosok penjahat burung hantu ini dibesarkan oleh kelompok bawah tanah tersebut. Tujuannya? Owlman akan dijadikan mesin pembunuh yang paling sempurna, bertugas untuk kepentingan kelompok mereka. Mirip kan, dengan cerita di Gotham?

Hal lain yang dipertanyakan adalah kenapa para penjahat di dalam serial Gotham sudah muncul sebelum Bruce Wayne cukup tua. Jika memang ini adalah Earth-3 yang lebih kacau dibanding bumi asli, tidak heran jika penjahat-penjahat di kota ini muncul lebih cepat.

Tapi, pada akhirnya Bruce Wayne bukan Batman di Gotham hanyalah sebuah teori—meskipun masuk akal, jika dipikir-pikir. Untuk mengetahui kebenarannya, kita hanya bisa menunggu bagaimana Gotham berlanjut.

Atau mungkin, memang Gotham hanyalah serial yang buruk dalam mengadaptasi mitos Batman.

Sumber: CBRdiedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleX-Men Hadir di Marvel Future Fight dalam Update Terbaru!
Next articleUps, Jepang Kekurangan Ninja Meskipun Ninja Semakin Populer!
Penulis. Menghabiskan sebagian besar waktunya membaca dan menulis hanya karena hal tersebut asyik. Bisa dihubungi lewat twitter di twitter.com/radityadji. Sering juga foto-foto dan diunggah ke instagram di instagram.com/radityadji. Harusnya, bisa diajak ngobrol kok.