Mendekati E3 2017, Berikut Rekap 5 Momen Ikonik Pembawa Hype dalam Sejarah E3!

E3 Hype

E3 selalu identik dengan momen-momen ikonik yang memancing hype. Berikut rekap 5 dari semua momen-momen E3 yang memancing reaksi meriah para gamer.

Baca Juga

Electronic Entertainment Expo, atau yang biasa dikenal dengan singkatannya E3, adalah salah satu event terbesar dalam industri gaming yang biasa diadakan di awal musim panas tiap tahunnya. E3 selalu dijadikan ajang bagi para raksasa industri gaming untuk mengumumkan dan mengiklankan proyek-proyek baru yang mereka garap, terkadang menciptakan momen yang tidak terlupakan dan memunculkan hype yang sangat besar dari kalangan gamer.

Memprediksi Menu EA Selama E3 2017, Ada Game Apa Saja?

EA siap memberikan kejutan lewat EA Play selama E3 2017 besok. Kira-kira game apa saja yang akan ditampilkan selama event yang "mencuri start" E3 2017 ini?
Baca Juga

Dari semua momen-momen-momen pencipta hype yang telah terjadi di E3 selama kurang lebih 20 tahun, penulis telah merekap 5 momen-momen yang menurut penulis sendiri ikonik dan telah menjadi dasar dalam meneliti kultur hype itu sendiri.

5

Sony $299 - E3 1995

Siapa sangka salah satu senjata besar marketing Sony Playstation hanyalah 3 digit angka…

Tahun 1995 merupakan tahun pertama diadakannya E3 secara resmi, tepatnya pada bulan Mei yang bertempat di Los Angeles Convention Center. Meskipun baru pertama kali diadakan, para raksasa industri gaming tidak membuang kesempatan ini untuk memasarkan produk-produk mereka. Di tengah ladang kompetisi ini ialah Sega dan Sony.

Ditundanya perilisan konsol terbaru Nintendo pada saat itu membuat Sega mampu memulai E3 1995 dengan meriah. Di luar dugaan, Sega mengumumkan untuk merilis Sega Saturn di hari presentasi mereka, di mana beberapa unit Saturn telah dikirim ke toko-toko yang tersebar di Amerika secara diam-diam dan dibanderol harga $ 399.

Sony yang baru masuk ke pasar konsol ternyata punya kejutan sendiri. Ketika semua orang mengira PlayStation akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding Saturn, Steve Race maju ke podium dan hanya mengutarakan satu hal, “Two ninety-nine.” Selisih $ 100 ini disambut meriah oleh auditorium dan Sony pun resmi mematenkan diri mereka di pasar konsol selama bertahun-tahun ke depannya. Berikut adalah momen diumumkannya harga resmi Sony Playstation di E3 1995.


4

Nintendo Twilight Princess - E3 2004

Legend of Zelda selalu menjadi seri yang paling ditunggu para fans, hal ini tidak berbeda dengan apa yang terjadi pada tahun 2004.

E3 tahun 2004 tidak memiliki begitu banyak momen yang ikonik. Hal ini dikarenakan tidak adanya pengumuman hardware terbaru dari Microsoft dan Sony dan beberapa game yang ditunggu-tunggu tidak dimunculkan para developer di tahun tersebut, seperti GTA San Andreas misalnya. Akan tetapi, Nintendo mengubah E3 2004 yang mayoritas adalah snoozefest menjadi acara yang lebih menarik melalui dua hal.

Yang pertama adalah diperkenalkannya Nintendo DS, handheld besutan Nintendo yang nantinya akan menjadi handheld terlaris sepanjang masa. Yang kedua adalah mengagetkan para pengunjung yang sudah hampir meninggalkan ruang konferensi dengan trailer Zelda Twilight Princess.

Legend of Zelda Wind Waker membawa perdebatan di kalangan fans Legend of Zelda dikarenakan art style-nya yang terlalu kartun. Meskipun merupakan game yang sangat bagus, beberapa fans masih menginginkan sebuah spiritual successor dari Legend of Zelda era N64, dan Nintendo mengabulkan permintaan mereka dengan ditunjukkannya Legend of Zelda Twilight Princess di detik-detik terakhir presentasi mereka, membawa para gamer ke dalam hype train. Sambutan meriah dari para pengunjung dapat dilihat sendiri dalam video berikut.


Entry nomor 3 dan 2 adalah satu contoh kompetisi yang menegangkan antar raksasa industri gaming. Penasaran? Cek halaman berikutnya!

1
2
3

SHARE
Previous articleBareng Diplo, Rich Chigga Gusur Justin Bieber dalam Lagu “Bank Roll”
Next articleDetail Assassin’s Creed: Origins Bocor, Kini Kamu Bisa Naik Unta!
Seorang mahasiswa yang memiliki hobi gaming akut. Sangat mencintai genre RPG.