Daftar Musuh Bebuyutan di Anime yang Akhirnya Bersahabat

Tak semua konflik harus berakhir dengan kematian. Contohnya lihat saja para musuh bebuyutan di anime ini, yang pada akhirnya justru saling memaafkan!

Daftar Musuh Bebuyutan di Anime yang Akhirnya Bersahabat

Daftar Musuh Bebuyutan di Anime yang Akhirnya Bersahabat

Tak semua konflik harus berakhir dengan kematian. Contohnya lihat saja para musuh bebuyutan di anime ini, yang pada akhirnya justru saling memaafkan!

[duniaku_baca_juga]

Seorang anti-hero biasanya akan membunuh musuh utama mereka. Terutama kalau sang protagonis digerakkan oleh dendam dan amarah, sementara musuh mereka begitu kejam hingga tak ada solusi lain.

Tapi ada juga pahlawan-pahlawan unik. Dengan satu dan lain cara, musuh bebuyutan di anime dengan protagonis seperti ini justru bisa berakhir sebagai sahabat. Biasanya sih si protagonis akan menggunakan ceramah dalam pertarungan sebagai metode untuk membujuk. Antara itu atau si protagonis akan memukuli musuhnya dulu, baru khotbah kemudian.

Apa saja contoh musuh bebuyutan di anime yang pada akhirnya saling bersahabat? Inilah beberapa di antaranya!

[page_break no="1" title="Aoshi Shinomori dan Kenshin Himura"]

Daftar Musuh Bebuyutan di Anime yang Akhirnya Bersahabat

[duniaku_adsense]

Kenshin, yang tidak mau membunuh lagi setelah bertobat, berhasil bersahabat dengan sejumlah musuhnya. Bahkan Sanosuke Sagara, salah satu sekutu paling loyal Kenshin, memulai debutnya sebagai tukang pukul yang disewa untuk melawan Kenshin.

Tapi di antara semua lawan yang kemudian menjadi sahabatnya, Aoshi Shinomori adalah musuh bebuyutan di anime Rurouni Kenshin yang paling menonjol.

Aoshi debut di cerita dalam posisi yang lebih buruk dari Sano. Kalau Sano hanya tukang pukul berhati baik yang melawan Kenshin karena mengira Kenshin jahat, Aoshi sejak awal adalah tukang pukul seorang bandar narkoba. Aoshi pun bertarung dengan dingin dan tak ragu mengirim anak buahnya untuk melawan, mengintimidasi, dan menculik.

[read_more id="291921"]

Lalu Takeda Kanryu, bos Aoshi, membunuhi semua anak buah Aoshi dengan gatling gun. Ini membuat Aoshi putus asa dan menghilang. Saat dia muncul lagi, Aoshi ikut serta melawan Kenshin di markas Shishio.

Daftar Musuh Bebuyutan di Anime yang Akhirnya Bersahabat

Baru setelah pertarungan di markas Shishio ini Aoshi akhirnya memutuskan untuk melepas amarahnya. Ceramah Kenshin, dibantu oleh Amakakeru Ryu no Hirameki, akhirnya bisa menembus batin Aoshi. Saat Aoshi muncul lagi di alur cerita tersebut, dia membantu mengulur waktu dengan melawan Shishio.

Tak seperti Saito, yang sikapnya terhadap Kenshin masih menyebalkan, Aoshi benar-benar berbalik menjadi sahabat setelah konflik tersebut. Di anime bahkan ada episode di mana Aoshi dan Kenshin bersantai bareng, tanpa ada pihak yang ingin mengajak satu sama lain berkelahi.

[page_break no="2" title="Naruto Uzumaki dan Sasuke Uchiha"]

Daftar Musuh Bebuyutan di Anime yang Akhirnya Bersahabat

Untuk yang ini rasanya yang mengikuti manga dan anime Naruto tidak perlu dijelaskan lagi.

Hubungan Sasuke dan Naruto telah melewati berbagai fase. Awalnya mereka adalah teman satu tim yang merupakan rival. Lalu, lebih karena keputusan-keputusan Sasuke, mereka sempat juga disebut sebagai musuh. Mereka lalu harus kembali menjadi rekan di situasi-situasi tertentu, seperti saat mereka wajib menghadapi Kaguya. (Tak ada pilihan lain, kebanyakan shinobi tangguh sudah dilumpuhkan saat itu).

Lalu, pertarungan terakhir dari seri Naruto sendiri adalah Naruto dan Sasuke. Pertarungan seru itu akhirnya berujung dengan kedua petarung kehilangan satu lengan. Tapi, akhirnya, setelah itu Sasuke mengakui kekalahannya dari Naruto.

Dan akhirnya, setelah melalui berbagai fase, mereka pun lanjut menjadi sahabat yang saling mendukung. Naruto sebagai Hokage, sedangkan Sasuke sebagai semacam mata-mata yang mengintai ancaman dari luar.

Kesabaran Naruto terhadap Sasuke sendiri terlihat membuahkan hasil. Sasuke kemudian menjadi sosok ayah yang baik terhadap Sarada. Bahkan walau jarang pulang, Sasuke terasa lebih dekat kepada Sarada ketimbang Naruto kepada Boruto.

Sasuke sendiri pernah menyelamatkan Konoha setelah kejadian itu. Saat potongan meteor hendak jatuh menghancurkan Konoha, sampai Kakashi saja pasrah, Sasukelah yang muncul singkat untuk mengatasi persoalan itu. Itu tak akan terjadi kalau Naruto memutuskan untuk membunuh rivalnya.


 

Siapa lagi musuh bebuyutan di anime yang akhirnya menjadi sahabat? Baca lanjutannya di halaman kedua!

[page_break no="3" title="Son Goku dan Vegeta"]

Daftar Musuh Bebuyutan di Anime yang Akhirnya Bersahabat

[duniaku_baca_juga]

Sasuke memiliki sejumlah kemiripan dengan Vegeta dari Dragon Ball. Karena itu tak mengherankan kalau Vegeta sendiri masuk ke daftar ini.

Son Goku dan Vegeta sempat menjadi musuh bebuyutan di anime Dragon Ball. Vegeta sendiri debut sebagai penjahat keji yang tak ragu membunuh Nappa, rekannya yang loyal kepadanya.

[read_more id="315335"]

Seperti Sasuke, hubungan Vegeta dengan Goku juga telah melewati beragam fase. Dimulai dari musuh, lalu berlanjut menjadi rival kuat, dan - akhirnya - setelah kejadian di Buu Saga, Vegeta akhirnya mengakui kekuatan Goku. Hubungan mereka pun membaik setelah itu.

Di Dragon Ball Super, sifat Vegeta mungkin masih mirip seperti biasanya. Tapi dibandingkan sebelum-sebelumnya, Vegeta yang sudah berkeluarga ini terasa lebih lunak. Hubungannya dengan Goku pun tidak seruncing sebelumnya... walau rasanya Vegeta tetap tidak akan protes bila ia dan Goku harus berduel.

[page_break no="4" title="Daisuke Motomiya dan Ken Ichijouji"]

Daftar Musuh Bebuyutan di Anime yang Akhirnya Bersahabat

[duniaku_adsense]

Ken Ichijouji debut sebagai musuh bebuyutan di anime Digimon 2. Di sana dia ditampilkan sebagai Kaisar Digimon, yang memperbudak Digimon dengan kejam. Sikap menyebalkan dan perbuatannya yang keterlaluan ini jelas membuat Daisuke dan anak terpilih lain membencinya.

Namun setelah episode mengharukan di mana Ken akhirnya tersadar, cowok yang satu itu akhirnya bertobat. Dia lalu mencoba menebus perbuatannya dengan beraksi sendiri.

Dari semua anak terpilih, Daisuke adalah yang pertama percaya kalau Ken sudah bukan sosok keji seperti Kaisar Digimon. Anak terpilih lain, seperti Iori, memang akhirnya dapat menerima Ken. Tapi Daisuke tetap adalah anak terpilih yang paling dekat dengan Ken. Bahkan Veemon dan Wormmon, Digimon milik Daisuke dan Ken, bisa saling jogress menjadi Paildramon.


 

Siapa lagi nih musuh bebuyutan di anime yang ujung-ujungnya bersahabat? Baca lanjutannya di halaman ketiga!

[page_break no="5" title="Inuyasha dan Sesshomaru"]

Daftar Musuh Bebuyutan di Anime yang Akhirnya Bersahabat

[duniaku_baca_juga]

Sesshomaru mengawali jejaknya sebagai musuh bebuyutan di anime dan manga Inuyasha. Saudara Inuyasha ini berulang kali bertarung dengan sang tokoh utama, hingga penonton mungkin merasa konflik mereka hanya bisa berujung ke kematian salah satu tokoh.

Namun setelah menyelamatkan seorang anak bernama Rin, Sesshomaru perlahan-lahan melunak. Ia jadi lebih sering membantu kelompok Inuyasha ketimbang bertarung habis-habisan menghadapi saudaranya. Sesshomaru kemudian menjadi lebih dewasa (dan kuat) setelah menyaksikan kematian Kagura dan menghidupkan Rin kedua kalinya.

[read_more id="297349"]

Berhubung Sesshomaru dan Inuyasha adalah saudara, mungkin kurang tepat menyebut mereka sebagai sahabat. Tapi seiring dengan dewasanya Sesshomaru, ia beralih dari musuh menjadi sekutu yang bisa diandalkan. Dia bahkan membantu Inuyasha menghadapi Naraku di pertempuran terakhir.

[page_break no="6" title="Kelompok Topi Jerami dan Mr. 2"]

Daftar Musuh Bebuyutan di Anime yang Akhirnya Bersahabat

[duniaku_adsense]

Hubungan Mr. 2 dengan kelompok Topi Jerami bisa dibilang sangat unik. Kalau semua orang lain di daftar ini mengawali debut sebagai musuh, sebenarnya Mr. 2 memulai penampilannya langsung sebagai sahabat. Ya, okama aneh ini berhasil dekat dengan kelompok Topi Jerami sejak awal, berkat sifatnya yang eksentrik.

Mr. 2 lalu berseteru dengan kelompok tersebut di Arabasta. Terutama dengan Sanji, yang ia hadapi dalam duel satu lawan satu. Namun setelah kisruh tersebut berakhir, Mr. 2 pun berbalik menjadi sahabat bagi seluruh kru.

Ya, ada beberapa musuh Luffy yang sempat berujung sebagai sekutunya. Sebut saja Crocodile, Mr. 3, dan Buggy. Tapi dari semua itu, hanya Mr. 2 seorang saja yang benar-benar dianggap sebagai sahabat oleh Luffy. Tak heran mengingat Mr. 2 sampai mengorbankan diri demi keselamatan Luffy (dua kali) dan menyeret Luffy ke Ivankov saat pengguna topi jerami itu keracunan.

Untungnya sejauh ini Mr. 2 selalu berhasil bertahan hidup setelah aksi heroiknya mengorbankan diri demi sahabat. Akankah suatu saat nanti dia bergabung dengan kelompok Topi Jerami?


 

Itulah contoh enam musuh bebuyutan di anime yang berbalik menjadi sahabat. Apakah kamu tahu contoh lain yang belum disebutkan di sini? Sampaikan saja di kolom komentar!

Diedit oleh Fachrul Razi

Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU