Know Your Army: Dora Milaje, Bodyguard Black Panther yang Eksotis dan Mematikan!

Dora Milaje akan meramaikan film Black Panther. Siapa sebenarnya mereka?

Teaser trailer Black Panther telah rilis beberapa waktu yang lalu. Banyak hal menarik dari trailer ini, di antaranya aksi sang raja T’challa sebagai Black Panther, sosok jahat Killmonger, kerajaan misterius Wakanda, dan lainnya. Namun salah satu yang menarik adalah kemunculan Dora Milaje. Apakah Dora Milaje itu?

Baca Juga

Dora Milaje adalah istilah untuk pasukan penjaga raja di Wakanda. Awalnya pasukan elit Wakanda ini terdiri dari prajurit terlatih laki-laki dan perempuan Wakanda, namun pada tahun 90-an Dora Milaje dijadikan pasukan yang hanya terdiri dari sekumpulan elit prajurit perempuan yang bertugas untuk menjaga dan melayani raja.

Pembahasan Teaser Black Panther: Sang Raja Wakanda Kembali Unjuk Gigi!

Teaser Black Panther sudah dirilis, menampilkan kerennya Black Panther dan Wakanda, negeri yang ia kuasai! Simak pembahasan lengkapnya di artikel ini!
Baca Juga

Dora Milaje telah ada selama beberapa dekade. Bahkan mereka pernah melawan pasukan Nazi pada masa Perang Dunia II di bawah pimpinan kakek T’Challa yaitu Raja Azzari.

Pasukan elit perempuan ini memiliki ciri khas yang menarik. Sudah jadi tradisi Dora Milaje mencukur rambut dan memakai tato di bagian kepala mereka. Anggota pasukan elit ini terdiri dari 500 orang, beberapa di antaranya tidak memiliki identitas, namun sebagian memiliki nama seperti Aneka, Ayo, Okoye, Malice, dan Chanté Giovanni Brown.

Di dunia komik Marvel mereka adalah tim pasukan perempuan yang paling ditakuti dan selalu berhasil dalam melakukan misinya. Padahal lawan-lawan yang harus mereka hadapi bisa jadi adalah manusia sekelas seperti Black Widow, Storm, Namor, dan ribuan tentara musuh sekaligus.

Walaupun berasal dari Wakanda, kemampuan tempur mereka tidak hanya menguasai medan di hutan, tapi nyaris di segala medan. Dari daerah pesisir, kota metropolis, maupun pegunungan terjal, bila mereka sudah diturunkan di suatu daerah, maka medan tempur bukan masalah bagi pasukan elit ini.

Para pengawal raja Wakanda ini memang dilatih untuk membunuh. Namun Black Phanter membatasi tugas ini dan mereka hanya patuh pada perintah Black Panther.

Ada juga satu sisi Dora Milaje yang belum diketahui apa akan diadaptasi ke Marvel Cinematic Universe atau tidak. Jadi, di komik Dora Milaje tidak hanya berperan sebagai pasukan penjaga saja, namun tiap diri mereka siap dijadikan istri dari Raja Wakanda. Bisa dibilang itu adalah hak yang menarik, namun bisa jadi kontroversi tersendiri di iklim sosial politik sekarang.

Pada Marvel Cinematic Universe, salah satu anggota mereka muncul di film Captain America: Civil War. Ia Ayo yang diperankan oleh aktris keturunan Uganda-Jerman yaitu Florence Kasumba. Walaupun ia tidak banyak beraksi, namun fans Marvel terpukau dengan karena berani berhadapan dengan Black Widow dengan tagline-nya: “Move, Or you will be moved.”

Pada trailer Black Panther, pasukan Dora Milaje ini tampak lebih lengkap, di antaranya mendampingi T’Challa pada interogasi Ulysses Klaw, hingga menghadapi Erik Killmonger. Beberapa anggota Dora Milaje yang telah diketahui antara lain adalah:

Okoye

Okoye yang diperankan oleh Danai Gurira berposisi sebagai pemimpin.

Ayo

Ayo yang diperankan oleh Florence Kasumba berposisi sebagai kepala keamanan.

Nakia

Nakia diperankan oleh Lupita Nyong’o. Ia mungkin menjadi love interest bagi T’Challa.


Walaupun begitu Dora Milaje punya rekor tidak baik di dunia Black Panther. Mereka bisa memberontak pada T’Challa walaupun itu melanggar sumpah mereka. Apakah hal itu akan terjadi di filmnya nanti? Kita nantikan saja penayangannya!

Diedit oleh Fachrul Razi


 

Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia


SHARE
Previous articleRamaikan Ramadan dengan Keceriaan Komik Tuti and Friends
Next articleUps, The Evil Within 2 Tidak Diarahkan oleh Shinji Mikami!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.