Ini Rahasia Manga Dragon Ball yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

Ada rahasia manga Dragon Ball yang membuatnya sangat menarik untuk dijadikan bahan koleksi. Apakah itu?

Dragon Ball adalah salah satu manga shonen legendaris. Sepak terjang Son Goku dan kawan-kawan dalam mengumpulkan tujuh bola naga untuk mengabulkan permintaan, diiringi petualangan dan pertarungan yang seru, sukses memikat imajinasi pembaca. Karya epik Akira Toriyama ini pun disadur menjadi anime dan film Hollywood.

Baca Juga

Wajar saja para fan mengoleksi manga Dragon Ball. Selain untuk mengikuti ceritanya, ada rahasia manga Dragon Ball yang membuatnya layak dikoleksi. Rahasia tersebut ada di bagian punggung (spine) sampul. Akira Toriyama menyematkan gambar bersambung yang menyatu jika dijejerkan. Seperti apakah desain unik punggung manga Dragon Ball?

Terbitan Asli


Desain ini juga muncul di manga Dragon Ball terbitan Elex Media Komputindo. Karakter yang muncul di sini antara lain adalah: Shenlong, Son Goku, Oolong, Kuririn, Yamcha, Kame-Sennin, Pu’er, Bulma, Piccolo, Yajirobe, Karin, Umigame, Lunch, Son Gohan, Dende, Yajirobe, Ginyu, Frieza (1st Form), Vegeta, Kaiō-sama, Cell (Perfect Form), No. 17, No. 18, No. 16, dan Son Goku (Super Saiyan).

Pembahasan Dragon Ball Super 95: Kekuatan Penuh Golden Frieza Dipamerkan! Ternyata Dia Sekuat Goku?

Sudah diketahui dari episode 94 dan preview kalau Golden Frieza akan pamer kekuatan. Namun Dragon Ball Super 95 menunjukkan dia sudah jadi sangat kuat!
Baca Juga

Hal yang unik adalah, Akira Toriyama mengakui kesalahan dengan memunculkan Yajirobe dua kali! Walaupun Son Goku juga muncul dua kali, namun itu memang sengaja dari bagian desain Akira Toriyama. Ia mengumumkannya di edisi tankōbon volume 29 bagian daftar isi.

Kalau kamu perhatikan, ada juga easter egg dari karya lain Akira Toriyama di gambar ini. Gaya Kaio-sama yang memegang tongkat dengan kotoran di ujung merupakan gaya khas Arale di Dr. Slump, yang juga merupakan manga buatan Akira Toriyama. Bedanya hanya kotoran di tongkat Kaio-sama tidak berwarna pink dan memiliki wajah.

Terbitan “Refresh

Jika kamu adalah kolektor sejati, maka kamu harus mengoleksi cetakan asli di Jepang yang memiliki variasi desain sampul Dragon Ball. Salah satunya adalah edisi refresh yang terbit Mei 2009. Di sini Akira Toriyama mendesain ulang bagian punggung hingga mencakup karakter dari Majin-Bu arc.

Karakter yang muncul pada desain punggung ini antara lain: Oolong, Bulma, Puar, Kamesennin, Kuririn, Pilaf, MC Tenka’ichi Budōkai, Chiaotzu, Shuu, Shenlong, Chi-Chi, Son Gohan, Bubbles, Freeza, Kaiō-sama, Yajirobe, Karin, Son Goku, Dende, Bee, Piccolo, Mister Popo, Vegeta, Trunks, Majin-Bu, Gotenks, dan Mister Satan.

Terbitan Kanzenban

Versi Kanzenban menghadirkan karakter Dragon Ball tampak mengikuti balap mobil. Namun Son Goku dan Kuririn justru malah berlari di jalur sirkuit.

Karakter yang ikut balapan antara lain adalah: Son Goku dan Kuririn (berlari), Yamcha, Kame-Sen’nin, Piccolo Daimaō, dan Vegeta (dalam kendaraan)

Sedangkan karakter yang menonton balapan adalah Sno, Android No. 8, Ninja Murasaki, Pu’er, Bulma, Oolong, Lunch (baik), Umigame, Gyūmaō, Chi-Chi, Pilaf, Shuu, dan Mai.

Dalam art asli, sebenarnya Tien Shin Han dan Chiaotzu juga ikut menonton, namun bagian ini terpotong.

Dragon Ball Super

Dragon Ball Super pun tak kalah menariknya dalam desain cover. Namun karakter yang muncul baru sedikit, di antaranya adalah Son Goku (Super Saiyan Blue), Vegeta (Super Saiyan Blue), dan Beerus.

 

 

Akankah desain punggung manga Dragon Ball Super akan semenarik sebelumnya? Rasanya itu patut untuk dinantikan. Lalu, apakah kamu mengetahui rahasia manga Dragon Ball lain yang tak kalah menarik? Sampaikan saja di kolom komentar!

Diedit oleh Fachrul Razi


Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia


SHARE
Previous articleReview Musim Pertama American Gods: Persiapan Untuk Hal yang Lebih Besar
Next articleGak Bikin Bosan, Inilah 5 Film yang Selalu Tayang di Hari Libur Lebaran

Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.