Inilah 5 Alasan Penayangan Film Terpaksa Ditunda atau Bahkan Tak Jadi Dirilis

Alasan Penayangan Film Ditunda

Pernah merasa kesal karena jadwal rilis film favoritmu ditunda atau bahkan gagal tayang? Kamu harus tahu dulu alasan penayangan film ditunda berikut ini.

Mungkin kamu pernah merasakan bagaimana sebalnya film yang sudah kamu tunggu-tunggu cukup lama, malah mengumumkan jadwal penundaan rilis. Suka tidak suka, kamu pun harus kembali bersabar menunggu.

Baca Juga

Banyak faktor yang membuat kenapa beberapa film harus melakukan pengunduran jadwal rilis. Meskipun dapat mengecewakan penggemar, namun tak ada pilihan lain bagi pihak produksi mengambil langkah ini. Kalau kamu penasaran, berikut adalah lima alasan kenapa penayangan film terpaksa ditunda.

1

Persaingan

Alasan Penayangan Film Ditunda


Strategi pemasaran tentu perlu diperhatikan dalam merilis sebuah film. Salah satunya adalah dengan melihat film-film yang akan dirilis dalam waktu yang bersamaan. Ada kalanya terdapat dua film cukup ditunggu-tunggu yang dirilis hampir berbarengan. Hal ini akan berdampak pada pendapatan masing-masing film.

Alhasil salah satu pihak harus mengalah dengan menunda penayangan film. Persaingan film ini sering kita saksikan antara film superhero Marvel dan DC yang memang punya basis fan yang cukup fanatik di seluruh dunia.

2

Produksi

Alasan Penayangan Film Ditunda

Alasan penayangan film ditunda selanjutnya adalah karena faktor produksi. Tanpa manajemen yang baik, proses produksi sebuah film akan berkahir dengan buruk. Misalnya seperti dana produksi yang kurang, sampai editing film yang memakan waktu lama dan tak memuaskan.

Masalah demi masalah yang terjadi dalam sisi produksi akhirnya berujung pada film yang dijadwalkan dirilis pada waktunya harus molor sampai berbulan-bulan.

3

Bahasa

Alasan Penayangan Film Ditunda

Penerjemahan bahasa juga bisa memengaruhi penundaan film di suatu negara. Contoh nyatanya adalah film-film Hollywood yang bakal tayang di Jepang. Dimana film-film tersebut harus menjalani alih bahasa dari Inggris ke Jepang. Dan tidak hanya penerjemahan, tapi juga dubbing ke bahasa Jepang.

Tak heran, negara Jepang biasanya menjadi negara terakhir yang kebagian penayangan film-film Hollywood.

4

Human Error

Alasan Penayangan Film Ditunda

Tiada manusia yang sempurna, termasuk jajaran orang yang bekerja di balik pembuatan film. Human error atau kesalahan manusia punya dampak besar. Malah bukan sekedar penayangan film yang ditunda, tapi juga kecelakaan yang terjadi di lokasi syuting yang membuat sang artis kehilangan nyawa. Contohnya adalah Brandon Lee yang tewas dalam kecelakaan syuting pada film The Crow pada Maret 1993

5

Pencekalan

Alasan Penayangan Film Ditunda

Alasan penayangan film ditunda selanjutnya adalah masalah pencekalan. Hal ini kerap terjadi di negara-negara yang punya aturan ketat terhadap konten film yang akan dirilis. Dan tentu saja Indonesia adalah salah satunya.

Bebebrapa film Hollywood yang dianggap kurang pas dengan budaya Indonesia, akhirnya harus rela melewati proses penyensoran yang lumayan panjang. Bahkan beberapa film malah dicekal dan dilarang tayang. Contohnya seperti Noah, Balibo Five, dan Fifty Shade of Grey.

Inilah 6 Film yang Sempat Dilarang Tayang di Indonesia. Apa Kamu Pernah Menontonnya?

Ratusan film tiap tahunnya telah tersaji untuk dinikmati para penonton. Tapi apa jadinya jika film-film tersebut ternyata dilarang tayang di Tanah Air?
Baca Juga

Nah kira-kira alasan apalagi ya yang membuat sebuah film harus melakukan pengunduran jadwal tayang? Kalau kamu tahu alasan lain, sampaikan saja di kolom komentar!

Diedit oleh Fachrul Razi


 

Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia


SHARE
Previous articleAda Adegan Post-credit dalam Transformers 5, Teaser untuk Film ke-6 Nanti?
Next articleCara Mengalahkan Freya, Hero One on One Terbaik Hingga Saat Ini di Mobile Legends
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca