7 Anime untuk Menemani Perjalanan Mudik Kalian agar Tidak Bosan

Suka merasa bosan saat berada dalam perjalanan mudik? Kamu bisa menonton 7 anime bercerita ringan dan menghibur ini untuk menemani perjalanan kamu menuju kampung halaman. ------- Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia

7 Anime untuk Menemani Perjalanan Mudik Kalian agar Tidak Bosan

7 Anime untuk Menemani Perjalanan Mudik Kalian agar Tidak Bosan

Suka merasa bosan saat berada dalam perjalanan menuju kampung halaman? 7 anime ini cocok untuk menemanimu di perjalanan mudik lebaran.

[duniaku_baca_juga]

Perjalanan mudik atau kembali ke kampung halaman memang terkesan membosankan, terutama untuk kamu yang memiliki kampung halaman yang jaraknya cukup jauh. Tentunya kamu membutuhkan sebuah hiburan.

Anime bisa menjadi salah satu alternatif hiburan yang sangat efektif saat berada di dalam perjalanan mudik, entah itu saat kamu mudik menggunakan mobil, pesawat, kapal laut, atau pun dengan bis dan kereta.

Berikut ini adalah 7 anime yang bisa kamu tonton untuk menghabiskan waktu saat berada di dalam perjalanan mudik.

[page_break no="1" title="Tamako Market"]

7 Anime untuk Menemani Perjalanan Mudik Kalian agar Tidak Bosan

Kita mulai dari sebuah anime yang memiliki cerita ringan namun tetap penuh makna, yaitu Tamako Market. Anime ini bercerita tentang Tamako, seorang gadis yang tinggal di tengah-tengah distrik perbelanjaan di Jepang.

Tamako sendiri adalah putri dari keluarga penjual Mochi, yang juga berjualan di sana. Bagi sebagian orang, anime ini bisa membawa rasa "homesick", karena unsur kekeluargaan yang diangkat di anime ini sangat kuat.

Semua orang yang ada di distrik perbelanjaan seakan-akan adalah sebuah keluarga besar,. Mereka saling berbagi, saling membantu, dan peduli satu sama lain. Anime ini sangat cocok untuk kalian yang berada di perjalanan mudik, karena hanya memiliki 12 episode dengan cerita yang tidak terlalu berat.

Jangan lupa menonton Tamako Love Story, yaitu film dari anime ini. Film itu enceritakan tentang Mochizou, anak penjual mochi di depan toko milik Tamako yang selama ini selalu mencintai Tamako. Jika versi serinya lebih mengangkat sisi komedi dan kekeluargaan yang manis, di sini perasaan cinta Mochizou dan Tamako lebih ditonjolkan.

[page_break no="2" title="Bokura Wa Minna Kawaisou"]

7 Anime untuk Menemani Perjalanan Mudik Kalian agar Tidak Bosan

Satu lagi anime yang akan membawa perasaan homesick setelah menontonya, yaitu Bokura Wa Minna Kawaisou. Anime ini memiliki latar cerita di sebuah kost-kostan Jepang. Cerita dimulai saat Usa, seorang pemuda yang mencoba mandiri, tinggal di sebuah kost-kostan.

Tetapi apa yang dia harapkan selama ini, yaitu dapat tinggal sendiri dengan tenang menjadi sirna, karena penghuni kostan lain yang bisa dibilang sangat aneh. Ada Shiro, seorang pria pengangguran yang suka saat dirinya disakiti atau masokis. Ada juga dua wanita yaitu Mayumi dan Sayaka yang tidak kalah aneh.

Untungnya, sang kakak kelas yang selama ini dikagumi oleh Usa, Kawai Ritsu ternyata adalah pemilik sekaligus penghuni kostan ini. Tentu Usa menjadi sangat betah, meskipun Ritsu sendiri juga cukup aneh. Dia memiliki "dunia"-nya sendiri saat membaca buku.

Sama seperti Tamako Market, anime ini hanya memiliki 12 episode, dan setiap episodenya dipenuhi oleh kisah-kisah komedi romantis yang sangat sayang untuk dilewatkan.

[page_break no="3" title="Danshi Koukouse no Nichijou"]

7 Anime untuk Menemani Perjalanan Mudik Kalian agar Tidak Bosan

Kali ini kita akan mengingat kembali kekonyolan dan tingkah laku bersama teman saat berada di sekolah dengan anime Danshi Koukouse no Nichijou. Anime ini penuh dengan kebanyolan dan kebodohan absurd dari anak-anak sekolah laki-laki.

Tokoh utama di sini adalah Tadakuni, seorang pemuda yang bisa dibilang cukup "normal", namun dikelilingi oleh teman-teman "abnormal" seperti Hidenori si pemimpin yang selalu memberikan ide-ide konyol, Yoshitake, si bodoh yang selalu terbawa oleh ide-ide Hidenori, Motoharu si preman takut kakak, dan banyak tokoh absurd lainnya.

Kelucuan yang mereka perbuat bisa menjadi hiburan yang seru saat di dalam perjalanan, tetapi awas jangan tertawa terlalu keras dan menggangu penumpang lain ya saat menonton nanti.

[page_break no="4" title="Nichijou"]

7 Anime untuk Menemani Perjalanan Mudik Kalian agar Tidak Bosan

Mirip seperti Danshi Koukose no Nichijou, bedanya, cerita Nichijo berputar para keseharian gadis-gadis remaja SMA yang sama-sama memiliki cerita komedi yang absurd namun sukses menghasilkan gelak tawa para penontonnya.

Judulnya berarti "Keseharian Biasa", tetapi keseharian dalam anime ini sangatlah tidak biasa. Awalnya cerita ini seakan terbagi dua bagian, yaitu tentang trio Yuuko, Mio dan Mai. Mereka adalah tiga gadis SMA "biasa" yang menjalani kehidupan penuh komedi, terutama Yuuko yang suka mengucapkan kata "Selamat Pagi" dari Indonesia dibanding "Ohayou".

Bagian keduanya adalah tentang kehidupan Hakase, seorang penemu cilik yang menciptakan Nano, robot berbentuk gadis yang juga ingin memiliki kehidupan normal seperti gadis biasa, ditemani dengan Sakamoto, kucing yang bisa berbicara dengan alat temuan Hakase.

Pada akhirnya mereka semua dipertemukan karena Nano akhirnya diizinkan oleh Hakase untuk bersekolah seperti gadis normal lainnya. Anime ini memiliki berbagai cerita pendek yang sangat lucu nan menghibur, sehingga kamu tidak akan bosan dibuatnya.


Tiga anime berikutnya ada di halaman selanjutnya!

[page_break no="5" title="Barakamon"]

7 Anime untuk Menemani Perjalanan Mudik Kalian agar Tidak Bosan

Mungkin bisa dibilang, dari semua serial anime di list ini, maka Barakamon lah yang bisa sukses membuat kita semua rindu dengan kampung halaman.

Barakamon memang memiliki latar cerita di sebuah pedesaan. Plotnya tentang Seishuu Handa, seorang penulis Kaligrafi Jepang. Dia memiliki masalah emosional, yang berpuncak saat dia memukul seorang kaligrafer tua yang mengomentari hasil tulisannya.

Sejak itu, sang ayah mengirimnya pergi ke sebuah desa di luar kota agar Handa bisa lebih menjernihkan pikirannya. Di sini dia bertemu dengan Naru, seorang gadis kecil yang sering menggangu Handa.

Dalam cerita ini banyak pelajaran tentang kehidupan yang bisa kita ambil. Latar pedesaan juga membuat hati menjadi tenteram saat menontonnya, terutama di perjalanan pulang menuju kampung halaman.

[page_break no="6" title="Koe no Katachi"]

7 Anime untuk Menemani Perjalanan Mudik Kalian agar Tidak Bosan

Koe no Katachi adalah film anime yang menceritakan tentang gadis penderita tuna rungu bernama Nishimiya Shouko. Meskipun dengan kekurangan yang ia miliki, namun gadis ini tetap ingin hidup dan bergaul dengan normal dengan anak sebayanya, sayangnya dia di-bully di sekolahnya oleh pemuda bernama Ishida Shouya.

Karena merasakan dampak dari perbuatan yang ia lakukan, akhirnya Ishida sadar bahwa selama ini ia salah, dan akhirnya saat mereka sudah tumbuh menjadi anak SMA, Ishida mencoba memperbaiki hubungannya dengan Shouko.

Anime ini tidak hanya menyajikan visual yang baik, namun juga memiliki pesan untuk bisa bertoleransi, meskipun dengan orang yang "berbeda" dengan kita.

[duniaku_adsense]

[page_break no="7" title="Film-film Ghibli"]

7 Anime untuk Menemani Perjalanan Mudik Kalian agar Tidak Bosan

Memang bukan menjadi rahasia lagi bahwa film-film anime yang dibuat oleh Studio Ghibli adalah film dengan cerita-cerita terbaik. Judul-judul seperti My Neighbor Totoro, Princess Mononoke, Spirited Away, Kiki's Delivery Service, dan masih banyak lagi.

Biarpun filmnya rata-rata diproduksi pada tahun 1980-an hingga tahun 2000, tetapi cerita yang dibawakan seakan tidak pernah membuat bosan untuk selalu ditonton ulang. Selain menghibur, setiap filmnya juga memiliki makna dan pesan tersendiri.


 

Itulah 7 anime yang cocok untuk menemani perjalanan mudikmu. Bagaimana? Sudah menentukan pilihan tontonan? yang pasti selalu berhati-hati selama di perjalanan mudik, dan selamat sampai tujuan, ya.

Diedit oleh Fachrul Razi


 

Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU