Bukan Cuma Oppa-Oppa Ganteng, Kamu Juga Harus Tahu 5 Sutradara Korea Terbaik Berikut Ini

sutradara korea

Bukan cuma aktornya yang tampan-tampan, sutradara Korea juga perlu kamu berikan apresiasi tinggi berkat keahliannya meramu cerita yang memukau penonton.

Dibanding dengan aktor-aktris rupawan yang wajahnya selalu ditangkap kamera, peran sutradara mungkin sedikit terlupakan. Padahal sutradara adalah otak dari seluruh ide yang ada di dalam film. Tak hanya mengarahkan film, sering kali mereka juga yang harus memilih dan merekrut penata suara, kostum, dan posisi-posisi vital lain.

Maka dari itu, jangan cuma mengidolakan akting dari oppa-oppa ganteng saja, tapi kamu juga harus tahu deretan sutradara Korea terbaik berikut ini.

1

Bong Joon-ho

sutradara korea

Bong Joon-ho merupakan sutarada Korea kelahiran 14 September 1969. Pria yang sudah punya ketertarikan terhadap industri film sejak SMP ini memulai debutnya sebagai sutradara dalam film Barking Dogs Never Bite pada tahun 2000. Film tersebut seakan menjadi gerbang kesuksesan Bong di ranah hiburan Korea.

Pada film keduanya yang berjudul Memories of Murder, Bong menduetkan Song Kang-ho dan Kim Sang-kyung sebagai duet detektif yang sukses menyedot kurang lebih lima juta penonton ke bioskop. Nama Bong semakin melambung setelah ia merilis film The Host (2016) yang berhasil meraih 10 juta penonton dan membuat Hollywood tertarik untuk me-remake.

Ia juga sempat bekerjasama dengan Chris Evans, Tilda Swinton, dan Jamie Bell dalam film fiksi ilmiah Snowpiercer (2013).

2

Park Chan-wook

sutradara korea

Park Chan-wook seperti dilahirkan untuk menjadi sutarada Korea terhebat. Hampir semua filmnya mendapat sambutan positif dari penonton atau kritikus film.

Park memulai debut sebagai sutadara pada tahun 1992 dengan merilis film berjudul The Moon is… the Sun’s Dreams. Meski secara kualitas kurang memuaskan, Park tak mau menyerah dan terus berusaha membuat film-film terbaik Korea. Hasilnya, ia sukses mencuri perhatian lewat film Joint Security Area (2001). Film tersebut juga meraih penghargaan Film Asing Terbaik dalam ajang Blue Ribbon Awards.

Sukses Park Chan-wook terus berlanjut lewat film-film berikutnya seperti Sympathy for Mr. Vengeance, Oldboy, Lady Vengeance, Thirst, dan yang terakhir The Handmaiden.

3

Kim Jee-woon

sutradara korea

Kim Jee-woon petama kali mendobrak jagat hiburan Korea berkat film horornya yang berjudul A Tale of Two Sisters (2003). Film tersebut dianggap sebagai salah satu film horor Korea terbaik yang perna dibuat. Bahkan pihak Hollywood pun tertarik untuk me-remake.

Pada tahun 2010, Kim kembali merilis film horor lainnya berjudul I Saw the Devil. Dan tentu saja, film ini juga sukses di pasaran. Kim lalu melebarkan sayapnya dengan memulai debut sebagai sutradara di film Hollywood. Ia bekerjasama dengan Arnold Schwarzenegger dalam film berjudul The Last Stand.

4

Ryoo Seung-wan

sutradara korea

Jika ingin menonton film-film aksi terbaik Korea, maka pilihan yang tepat adalah dengan menonton film garapan Ryoo Seung-wan. Sutradara Korea berusia 43 tahun ini memang punya spesialisasi dalam menciptakan film genre aksi.

Yang paling melekat tentunya adalah film Veteran pada tahun 2015. Bahkan film ini menduduki peringkat ketiga sebagai film Korea paling banyak meraup keuntungan sepanjang sejarah. Rencananya, Ryoo bakal melanjutkan kisah film tersebut pada tahun 2018 dengan judul Veteran 2.

5

Choi Dong-hoon

sutradara korea

Pria lulusan Korean Academy of Film Arts ini bisa dibilang sebagai salah satu sutradara Korea terbaik. Dia memulai debut saat menyutradarai The Big Swindle pada tahun 2004. Film ini berhasil meraup lebih dari dua juta penonton selama penayangan.

Nama Choi semakin melejit dengan film-film terbaik yang memancing banyak penonton. Sebut saja Tazza: The High Rollers (5,6 juta penonton), Jeon Woo-chi: The Taoist Wizard (6,13 penonton), The Thieves (12,9 penonton), dan Assassination (11,7 juta penonton).


 

Gimana, hebat-hebat bukan? Ada lagi sutradara Korea terbaik favoritmu yang tidak ada di daftar di atas? Sampaikan saja di kolom komentar!

Diedit oleh Fachrul Razi

Bergemilang Ketenaran, Karir 5 Artis Korea Ini Malah Hancur karena Ulahnya Sendiri

Karir artis korea ini hancur karena insiden memalukan. Mulai dari skandal seks sampai tuduhan kekerasan, telah merusak reputasinya sebagai artis papan atas
Baca Juga

Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia


SHARE
Previous articleCara Mengalahkan Freya, Hero One on One Terbaik Hingga Saat Ini di Mobile Legends
Next article10 Fakta Menarik Tentang Luffy yang Perlu Kalian Ketahui
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca