Dari Hashirama sampai Naruto, Inilah Makna Nama yang Dimiliki Para Hokage

Hokage

Tahukah kamu makna nama para Hokage di Naruto ternyata sangat berhubungan dengan karakteristik mereka? Inilah pembahasan lengkapnya!

Baca Juga

Hokage adalah orang dengan posisi tertinggi di desa Konoha. Pemilik gelar ini adalah ninja terkuat yang dipercaya untuk memimpin desa. Hokage sendiri memiliki arti yaitu Bayangan Api.

Sampai saat ini, Hokage telah ikut mengiringi sejarah panjang dari desa Konoha. Sudah ada tujuh Hokage resmi dan satu Hokage sementara hingga era Boruto. Masing-masing dari mereka memiliki kekuatan dan kepribadian berbeda, tetapi satu yang sama yaitu mereka memiliki Hi no Ishi atau Semangat Api dari Konoha.

Tidak hanya kekuatan, nama mereka juga istimewa. Kishimoto tidak membuat nama para Hokage begitu saja, mereka memiliki arti dan berhubungan dengan peran mereka sendiri sebagai Hokage maupun sebagai karakter di animanga Naruto. Berikut adalah arti dari nama para Hokage.

1

Hashirama Senju

Hashirama Senju

Hashirama Senju adalah ninja dari klan Senju, salah satu klan tertua dan terkuat dari sejarah ninja. Bahkan dia dijuluki sebagai “Dewa Shinobi.”

Hashirama adalah Hokage pertama. Dialah yang telah membangun Konoha bersama teman kecil sekaligus rivalnya, Madara Uchiha.

Namanya adalah Hashirama (柱間), yang berarti “Jarak diantara pilar”, dan namanya jika dipersingkat lagi adalah Hashira () yang berarti “pilar” atau tiang penguat. Hal ini mengambarkan bahwa Hashirama adalah Hokage yang menjadi pilar atau tiang penguat untuk keamanan, kenyamanan dan pendukung desa Konoha selama ini.

Nama keluarganya, Senju (千手) berarti “Seribu Tangan”, sama seperti salah satu jurus terkuat Hashirama yaitu Senpou Mokuton Shinsuusenju dimana Hashirama mengeluarkan patung kayu raksasa dengan ribuan tangan yang bisa dia kendalikan.

2

Tobirama Senju

Tobirama Senju

Tobirama Senju adalah adik kandung dari Hashirama. Seperti kakaknya, dia juga salah satu ninja terkuat di Konoha. Dia membangun Konoha bersama dengan sang kakak, klannya dan klan Uchiha.

Arti namanya adalah Tobirama (扉間) yang berarti “Jarak diantara pintu”, jika dipersingkat menjadi Tobira (扉) yang berarti “Pintu”. Jika melihat dari kontribusinya untuk desa Konoha, dia adalah Hokage yang ‘membuka pintu’ untuk perkembangan Konoha.

Banyak inovasi yang dia berikan seperti sistem Akademi Ninja, Organisasi Anbu, dan ujian Chuunin. Dia juga mengembangkan beberapa jurus ninja yang tetap digunakan hingga era Boruto, seperti jurus seribu bayangan dan bahkan teknik Edo Tensei.

3

Hiruzen Sarutobi

Hiruzen Sarutobi

Hiruzen Sarutobi adalah Hokage ketiga, penerus dari Hokage kedua, Tobirama Senju. Hiruzen adalah Hokage yang bertugas pada era Naruto kecil. Hiruzen sendiri adalah ninja yang genius, bahkan dia dijuluki Professor karena kejeniusannya.

Namanya Hiruzen (ヒルゼン) kemungkinan diambil dari sebuah nama gunung yang memiliki hana Hiruzensanza di pulau Honsu, Jepang. Sedangkan nama keluarganya adalah Sarutobi (猿飛) yang memiliki arti “Lompatan Kera”.

Kera yang berhubungan dengan Hiruzen tentunya adalah mahluk Kuchiyose yang dia miliki yaitu Enma, si raja kera. Saru (サル) yang berarti kera juga nama panggilan yang diberikan oleh Tobirama untuk Hiruzen.


Bagaimana makna nama para Hokage di atas? Unik, bukan? Tapi masih ada Hokage lain yang perlu kamu tahu. Cek halaman selanjutnya!

1
2
3

SHARE
Previous articleInilah 5 Superhero Wanita yang Film Layar Lebarnya Patut Dinantikan
Next articleTite Kubo Menjelaskan Kenapa Bleach Memiliki Banyak Plot Hole
Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan dan superhero Amerika maupun Jepang. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.