Tidak Hanya Char Aznable, Inilah 6 Clone Zaku Dari Seri Gundam yang Lain!

Zaku 2

Siapa saja Zaku Clone dari serial Gundam? Yuk lihat pembahasannya!

Selain Gundam RX-78-2 atau Gundam pertama, ada satu Mobile Suit lainnya yang sangat diingat oleh para penggemar, yaitu Zaku. Karenanya, ‘Zaku’ sering muncul di seri-seri lain meskipun dengan bentuk yang berbeda.

MS-06 Zaku 2 adalah yang paling terkenal. Dia muncul pertama kali di seri Mobile Suit Gundam pada tahun 1979. Meskipun terlihat lemah karena mudah sekali dikalahkan, tetapi ada juga Zaku yang kuat seperti Zaku 2 milik Char Aznable.

Dari penampilan Zaku, yang paling ikonik dan diingat adalah mono-eye-nya. Tidak seperti Gundam, mata Zaku hanya ada satu dan menjadi kamera utama dari kokpit pilotnya.

Zaku sering muncul di dalam timeline Universal Century atau garis waktu utama dari cerita Mobile Suit Gundam. Tetapi pernahkah dia muncul di seri lain? Berikut 6 Mobile Suit di seri Gundam yang bentuknya mirip seperti Zaku, alias Zaku Clone.

1

Death Army - G Gundam

Death Army Gundam

Death Army adalah pasukan Mobile Suit milik Devil Gundam. Seri G Gundam bisa dibilang adalah salah satu seri terunik dari waralaba Gundam, karena itu Death Army sendiri tidak kalah unik. Orang yang mempiloti Death Army bukanlah pilot biasa, melainkan zombie.

Seperti Zaku, dia memiliki badan yang terlihat ‘bulat’ dengan satu mata yang menghiasi kepalanya. Bedanya, mono-eye milik Zaku terlihat seperti mata mesin kecil, sedangkan Death Army memiliki mata yang terlihat lebih besar.

Death Army tidak terlalu kuat. Satu unit Death Army bisa dikalahkan dengan mudah oleh Domon dan kawan-kawan di seri ini. Yang menjadi masalah adalah jumlahnya yang sangat banyak.

Mobile Suit ini memiliki beberapa variasi berbeda, di antaranya Death Beast yang berkaki empat, Death Birdie dengan sebuah sayap, ada juga Death Dragon dan Death Master yang meniru Dragon Gundam dan Master Gundam.

Baca Juga
2

Jenice - Gundam X

Jenice gundam X

Space War ke-7 adalah kejadian perang utama dari seri After War Gundam X. Salah satu kelompok militer yang terlibat, Space Revolutionary Army (SRA) memiliki sebuah Mobile Suit yang diproduksi masal untuk menjadi pasukan garis depan mereka, yaitu Jenice.

Jenice memiliki tubuh berwarna hijau seperti Zaku. Dia juga memiliki mata mono-eye. Senjata utama yang dia gunakan adalah machine gun, sama seperti Zaku, hanya bentuk saja yang berbeda.

Jenice adalah mobile suit untuk wilayah luar angkasa, sedangkan variasinya untuk pertarungan di darat adalah Jenice Kai.

3

Borjarnon - Turn A Gundam

Borjarnon

Zaku? Bentuknya sih boleh mirip, tapi namanya bukan. Mobile Suit ini bernama Borjarnon dari seri Turn A Gundam. Tidak hanya bentuknya yang serupa, bahkan mereka memiliki nomor seri dan nomor mesin yang sama yaitu MS-06.

Untuk mengalahkan pasukan Moonrace, maka pasukan militer Luzianna mencari sebuah Mobile Suit yang terkubur di dalam tanah. Setelah pencarian berhasil, mereka menemukan dua buah Mobile Suit yaitu MS-06 Borjarnon dan MS-05 Borjarnon Gavane Goonny Custom yang bentuknya seperti Zaku 1 dan memiliki nomor mesin yang sama dengan Zaku 1 yaitu MS-05.

Belum diketahui apakah Borjarnon adalah Zaku 2 dari era Universal Century yang terkubur selama bertahun-tahun ataukah Mobile Suit berbeda dari era lain (di kasus ini Correct Century) yang memiliki bentuk serupa.


Cek halaman selanjutnya karena akan ada Zaku Clone dari seri Gundam diatas tahun 2000!

1
2

SHARE
Previous articleKarakter One Piece Ternyata Terinspirasi dari Pegulat Profesional!
Next articleIni Dia Daftar Karakter Marvel yang Bisa Mengalahkan Thanos dengan Mudah!
Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan dan superhero Amerika maupun Jepang. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.