Walaupun Terlihat Lucu, 9 Pokemon Ini Ternyata Terinspirasi Cerita Mistis!

PokemonSumber: Alpha Coders

Saat membicarakan tentang Pokemon, kebanyakan orang pasti membayangkan sekelompok makhluk lucu dan menggemaskan. Namun, apakah kamu tahu kalau ada banyak Pokemon yang ternyata dibuat berdasarkan cerita mistis?

PokemonSumber: Mazuki Tonaru

Inpsirasi bisa datang dari tempat yang kita duga, dan inilah yang terjadi kepada pencipta 151 Pokemon generasi pertama, Ken Sugimori. Dari generasi pertama hingga sekarang, Sugimori telah berhasil menciptakan berbagai monster yang unik dan terlihat jinak.

Namun, apakah kamu tahu kalau Sugimori juga menggunakan berbagai kisah misteri dari berbagai belahan dunia sebagai inspirasinya menciptakan Pokemon? Inilah 9 Pokemon yang terinspirasi cerita mistis dari seluruh dunia!

1

Frosslass

PokemonSumber: Just Japan Stuff


Jepang adalah negara yang terkenal dengan berbagai cerita mistis. Mulai dari cerita yang sudah sangat terkenal seperti Kuchisake-Onna hingga Teke Teke, Yuki-Onna adalah salah satu cerita mistis yang paling dikenal, sekaligus inspirasi dari Frosslass. Menurut cerita, Yuki-Onna adalah seorang wanita cantik yang menggunakan kimono berwarna putih dan terlihat di malam yang sangat dingin. Dia juga terlihat melayang di atas salju tanpa meninggalkan jejak kaki, dan jika kamu bertemu dengannya, maka bisa dipastikan kamu tidak akan bertahan hidup.

PokemonSumber: IMGMR

Walaupun memiliki kemampuan untuk mengendalikan salju, Yuki-Onna lebih sering menuntun seseorang yang tersesat sebelum membunuhnya secara langsung. Ditambah lagi, dia juga bisa membuka pintu rumah saat malam agar para penghuninya terbunuh disaat mereka tidur.

Penampilan Frosslass yang terlihat seperti kimono berwarna putih dan kemampuan es-nya sudah lebih dari cukup untuk menghubungkan dirinya dengan Yuki-Onna. Untungnya, dia tidak memiliki keinginan untuk membunuh dan memakan tubuh korbannya.

2

Groudon dan Kyogre

PokemonSumber: Harvard Art Museum

Game Pokemon Heboh Selanjutnya Sedang Digarap Nintendo!

Setelah mengumumkan Metroid 4, kini Nintendo tengah dalam pembuatan game Pokemon baru yang mereka sebut dengan Core Pokemon RPG.
Baca Juga

Banyak orang yang mungkin tidak menyadarinya, namun, Groudon dan Kyogre terinspirasi dari dua monster yang diceritakan dalam Kitab Perjanjian Lama, Leviathan dan Behemoth. Dalam buku tersebut, Leviathan digambarkan sebagai sosok monster raksasa yang menguasai seluruh lautan, sementara Behemoth adalah penguasa daratan yang tubuhnya terbuat dari besi dan kuningan.

Kedua sosok tersebut digambarkan sebagai simbol kekuatan alam yang sangat luar biasa, di mana hanya dengan raungan sang Behemoth, seluruh hewan dapat menjadi liar dan membunuh satu sama lain.

PokemonSumber: Gamezone

Hal yang sama kembali diceritakan dalam mitologi Pokemon saat Kyogre dan Groudon saling bertarung untuk menguasai darat dan laut. Kedua Pokemon tersebut dilambangkan sebagai kekuatan alam yang saling memperebutkan wilayah kekuasaan mereka, di mana Groudon  melambangkan kekuatan darat dan Kyogre sebagai laut. Pertarungan antara kedua Pokemon tersebut sangatlah besar, sehingga membutuhkan seekor Pokemon legendaris lainnya untuk menghentikan mereka berdua, yakni Rayquaza.

3

Golurk

PokemonSumber: Teleport City

Pada abad ke-16, populasi Yahudi di Praha terancam bahaya setelah Rudolf II memerintahkan pemusnahan masal kaum tersebut. Dalam langkah terakhir demi melindungi tempat tinggalnya, seorang pendeta berhasil menggunakan teknik misterius untuk menghidupkan sesosok patung tanah liat raksasa yang bisa mengalahkan pasukan kerajaan Roma. Patung tersebut bernama Josef dengan kekuatan yang sangat besar dan bisa menghidupkan arwah para Yahudi yang telah mati. Kedua hal tersebut membuat dirinya ditakuti oleh semua orang, termasuk penduduk Praha.

PokemonSumber: Zheng Zhou

Kekuatannya yang sangat besar terus berkembang setiap harinya, bahkan seringkali Josef tidak bisa di hentikan. Hal ini membuat sang pendeta membatasi pergerakan Josef dengan memberikannya sebuah batu khusus agar Josef dapat bergerak, dan di cabut pada hari sabtu.

Pada suatu, hari pendeta tersebut lupa mencabut batu khusus dari tubuh Josef, sehingga dirinya marah dan membunuh sebagian besar penduduk Praha. Walaupun pada akhirnya sang pendeta berhasil mencabut batu tersebut, Josef telah membunuh terlalu banyak orang, sehingga sang pendeta membiarkan tubuh Josef hancur berjatuhan sampai tiba waktu untuk membangkitkannya kembali.

Walaupun sebelumnya franchise Pokemon telah menggunakan sosok golem sebagai inspirasi mereka, bentuk tubuh Golurk yang unik sangat menyerupai patung Josef yang terlihat di Praha. Ditambah lagi, jika lambang yang berada di dadanya dicabut, maka Golurk tidak dapat mengendalikan seluruh tubuhnya, sama seperti Josef. Namun, para penggemar Pokemon bisa sedikit bernafas lega karena Golurk tidak memiliki nafsu untuk membunuh seperti Josef.

4

Sabeleyes

Sumber: Cryptic Wiki

Jika kedua Pokemon sebelumnya dibuat berdasarkan cerita mistis, kali ini Sugimori menggunakan kasus supernatural yang terjadi pada tahun 1955 sebagai inspirasinya. Kasus yang lebih dikenal sebagai “Hopkinsville Goblin” ini berawal dengan sebuah keluarga yang melaporkan bahwa peternakan mereka diserang oleh sekelompok makhluk kecil, dan semua anggota keluarganya telah berusaha untuk menembaki makhluk tersebut agar tidak memasuki rumah mereka.

Mendengar cerita tersebut, sekelompok orang pergi untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi di peternakan tersebut, namun, saat tiba di lokasi, mereka tidak menemukan apapun selain tembok dan pintu yang penuh bekas tembakan.

PokemonSumber: Pokemon Wikia

Menurut keluarga tersebut, makhluk yang menyerang mereka bertubuh kecil dengan mata yang bersinar terang seperti berlian. Ditambah lagi, semua tembakan keluarga tersebut tidak ada yang berhasil melukai tubuh makhluk tersebut.

Saat mendengar cerita di atas, para penggemar Pokemon pasti langsung membayangkan makhluk seperti Sableyes, seekor Pokemon dengan tubuh kecil dan mata yang bersinar. Jepang memang terkenal karena komunitas occult-nya yang memiliki ketertarikan dengan hal misterius dari seluruh dunia, jadi tidak heran jika Sugimori terinspirasi dari cerita tersebut.


Ingin tahu lebih banyak Pokemon yang diciptakan berdasarkan mitologi dan legenda kuno? Yuk lanjut ke halaman berikutnya!

1
2

SHARE
Previous articleIni Dia Daftar Karakter Marvel yang Bisa Mengalahkan Thanos dengan Mudah!
Next articleMusim Lanjutan American Gods Dijanjikan Akan Lebih Asik!
Katanya sih suka main game, makan, suka main musik dan kayak manusia normal lainnya.