Karakter One Piece Ternyata Terinspirasi dari Pegulat Profesional!

Dilihat dari nama hingga penampilannya, karakter One Piece ini bisa jadi terinspirasi dari Pegulat Profesional di dunia nyata!

Banyak cara mangaka mencari inspirasi untuk karakter yang dibuatnya. Lihat saja Dragon Ball. Akira Toriyama mengaku menjadikan sayur-sayuran dan pakaian dalam sebagai nama karakter Dragon Ball. Sebut saja Vegeta (vegetable/ sayur), Kakarot (carrot/ wortel), Broly (broccoli/ brokoli), dan lainnya.

Baca Juga

Inspirasi karakter One Piece lain lagi. Mangaka Eiichiro Oda mengakui bahwa beberapa karakter One Piece ternyata terinspirasi dari dunia gulat bebas! Tak heran beberapa di antaranya memiliki nama dan penampilan mirip.

Hal ini terungkap di SBS Vol.72. Oda mengaku saat masih di sekolah dasar, ia sedang menggilai olahraga gulat ini. Jadi sebagai tribut pada olahraga gulat, Oda menggunakan para pegulat profesional sebagai referensi karakternya.

Pada umumnya karakter yang terinspirasi dari pegulat profesional adalah bangsa raksasa, namun ada juga karakter dari ras lain yang terinspirasi dari pegulat profesional. Siapa saja karakter One Piece yang terinspirasi dari pegulat profesional? Mari kita simak ulasannya di sini.

• Dorry -> Dory Funk Jr.

Dorry di One Piece adalah salah satu dari duo raksasa Elbaf yang ditemui Luffy di Little Garden. Namanya ternyata terinspirasi dari Dory Funk Jr.

Dory Funk Jr. adalah salah satu dari pasangan pegulat “The Funk Bothers” bersama dengan Terry Funk. Nah, tahukah kamu kalau nama pedang Dory ternyata adalah Terry, yang terinspirasi dari partner Dory? Itu semakin menegaskan asal inspirasi Dorry.

• Brogy -> Bruiser Brody


Brogy adalah raksasa yang sudah lama sekali bertarung dengan Dorry, hingga baik dia maupun Dorry melupakan alasan mereka berkelahi. Asal namanya adalah dari pegulat legendaris yang meninggal dengan tragis, yakni Bruiser Brody. Bruiser Brody sendiri sangat populer di Jepang, jadi tak heran Eiichiro Oda mengenalnya.

Nama Brogy dan Brody mungkin beda sedikit. Tapi mengingat nama kapak Brogy adalah Bruiser, bukan kebetulan Eiichiro Oda menamai Brogy seperti itu.

• Kashi -> Scott Casey


Kashi/Carsey adalah raksasa penjaga Ennies Lobby. Asal namanya kemungkinan dari pegulat WWF Scott Casey, anak didik dari Dory Funk Sr.

• Stansen -> Stanley “Stan” Hansen II


Stansen (yang diselamatkan Rayleigh) kemungkinan terinspirasi dari Stan Hansen. Kamu tidak mengenal Stan? Itu karena pegulat Amerika ini, secara ajaib, justru lebih terkenal di Jepang ketimbang di Amerika. Di Jepang, Hansen dikagumi karena jurus Lariat-nya yang begitu keras hingga terasa bisa memenggal kepala korbannya.

• Raideen -> James Raideen


Raideen adalah nama raksasa yang melatih Hajrudin. Namanya seperti pegulat Tokyo asal New Zealand, James Raideen.

• Road -> The Road Warriors


Road mungkin dari pasangan pegulat “Road Warriors” Hawk & “Road Warriors” Animal.

• Goldberg -> Bill Goldberg


Yang ini cukup terkenal namanya di Indonesia, pegulat legend dari WWE/WCW, Bill Goldberg.
Seperti yang telah disebutkan, tidak hanya dari bangsa raksasa saja namun banyak juga karakter lain yang namanya memiliki hubungan atau *mungkin* berhubungan dengan pegulat profesional.

• Yokozuna -> Yokozuna


Yokozuna adalah nama katak yang unjuk gigi di alur Water Seven hingga Ennies Lobby. Yokozuna sendiri adalah nama rank tertinggi di olahraga sumo. Di WWF/WWE ada juga pegulat yang bernama Yokozuna, yang dikenal dengan gaya khas sumo-nya.

• Boa Hancock -> Stacy Keibler (Miss Hancock)


WWE Diva Stacy Keibler dulu pernah memakai nama panggung Miss Hancock. Ciri khas Stacy Keibler adalah kakinya yang sangat panjang. Sekarang lihat lagi penampilan Boa Hancock, dan kamu akan menyadari kalau kesamaan nama Keibler dan Boa bukan hanya “Hancock” saja.

• Andre -> André the Giant


Di SBS 71, Oda bilang nama anggota Aliansi Shirohige ini dipilih karena ia mirip dengan pegulat WWF André the Giant. Tidak percaya? Lihat saja muka Andre dan bandingkan dengan wajah Andre the Giant.

• Abdullah & Jeet -> Abdullah the Butcher & Tiger Jeet Singh


Di SBS 72 juga sudah dikonfirmasi keduanya dari nama pegulat tersebut. Abdullah (One Piece) memiliki luka di kepala seperti Abdullah the Butcher si pegulat. Abdullah the Butcher juga suka mengintimidasi dengan garpu. Senjata itu tampaknya merupakan inspirasi dari trisula yang digunakan oleh Abdullah di One Piece.

Partner Abdullah terinspirasi dari Tiger Jeet Singh, seorang pegulat legendaris di tanah Amerika. Tiger juga suka memprovokasi lawan dengan pedangnya seperti yang dilakukan Jeet di One Piece.

• Kelly & Bobby Funk -> The Funk Brothers

Terry dan Dory Funk bukan hanya mempengaruhi Brogy dan Dorry. Mereka kembali mempengaruhi pasangan Funk Bersaudara, yang tampil di Dressrosa. Kali ini mereka bahkan sama-sama punya nama Funk, meski nama depan mereka berbeda dari Terry dan Dory.


 

Itulah contoh karakter One Piece yang terinspirasi dari pegulat profesional. Mungkin masih banyak lagi jika dicari, seperti Dice/Shirohige yang mirip Hulk Hogan, atau Spandam yang mirip Mankind. Untuk karakter yang berpenampilan ala pegulat, namun belum diketahui terinspirasi dari siapa, ada Jesus Burgess dan juga Pandaman (yang awalnya memang digambar sebagai tribut dari manga gulat Kinnikuman).

Tambahan:
– Oda adalah teman baik dan penggemar pegulat pro yang juga fans One Piece, Suzuki Minoru. Suzuki Minoru bahkan pernah mengisi suara karakter pegulat Minoru Kazeno di anime One Piece Episode 336 (Filler Chopperman).

– Pegulat Mick Foley (Mankind) pernah mengomentari gambar Spandam yang tampilannya mirip Mankind.

Sumber: One Piece Fans Club Indonesia, diedit oleh Fachrul Razi


 

Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia


SHARE
Previous article10 Fakta Tentang Roronoa Zoro yang Mungkin Belum Kalian Ketahui
Next articleTidak Hanya Char Aznable, Inilah 6 Clone Zaku Dari Seri Gundam yang Lain!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.