6 Dosa Adaptasi Transformers Versi Michael Bay!

Buat saya sih, yang paling parah karena Grimlocknya tidak asik. ----- Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia

6 Dosa Adaptasi Transformers Versi Michael Bay!

6 Dosa Adaptasi Transformers Versi Michael Bay!

Siapa yang tidak tahu seri film Transformers-nya Michael Bay? Ternyata, banyak fans berat Transformers yang tidak suka dengan film tersebut dan menurut mereka ini 6 dosa adaptasi Transformers-nya Bay.

Seri Transformers garapan Michael Bay tidak bisa dipungkiri menjadi perbincangan banyak orang—baik positif maupun negatif. Setiap ada film baru, setiap itu juga hampir seluruh kursi bioskop dipenuhi penonton. Di antara para penonton tadi, pasti akan ada yang menonton hanya untuk menambah daftar dosa adaptasi Transformers Michael Bay ini.

[duniaku_baca_juga]

Penasaran apa saja dosa adaptasi Transformers Michael Bay? Kali ini kita akan bahas beberapa yang paling kontroversial.

[page_break no="1" title="Suara Bumblebee Hilang?"]

6 Dosa Adaptasi Transformers Versi Michael Bay!

Dalam film pertama, ada bagian plot kecil di mana Bumblebee kehilangan suaranya dalam sebuah pertarungan. Karena hal tersebut, dia hanya bisa berkomunikasi dengan Sam Witwicky lewat cara-cara yang... witty.

Ini merupakan sebuah cara yang unik untuk memperlihatkan bahwa ada sebuah hubungan yang hangat antara Sam dan Bumblebee. Tapi bukan di sana dosa adaptasi Transformers kita, karena jujur saja itu adalah sebuah plot yang baik. Masalahnya adalah, dalam film kedua, suara Bumblebee kembali hilang tanpa alasan yang jelas.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/06/09/optimus-berpindah-sisi/" title="Waduh, Optimus Prime Berpindah Sisi Jadi Musuh Manusia?"]

[page_break no="2" title="Syuting dengan Skrip yang Belum Selesai?"]

6 Dosa Adaptasi Transformers Versi Michael Bay!

Menyusul kesuksesan film Transformers yang pertama, tidak butuh waktu lama untuk Michael Bay menyiapkan film keduanya. Tapi sayang, film kedua terasa sangat aneh, terutama di bagian ceritanya yang hampir tidak ada.

Ternyata, pada tahun yang sama, serikat penulis Amerika sedang mengadakan protes. Penulis mereka, Roberto Orci dan Alex Kurtzman jadi hanya menyerahkan skrip yang setengah jadi. Yang jadi dosa adaptasi Transformers di sini adalah bagaimana Bay tetap memutuskan untuk syuting dengan menambahkan aksi dan humor tanpa plot yang jelas.

[duniaku_adsense]

[page_break no="3" title="Desain Para Robot yang Berubah Total"]

6 Dosa Adaptasi Transformers Versi Michael Bay!

Ketika pertama keluar kabar bahwa Michael Bay akan menggarap adaptasi Transformers, para fans berteriak girang. Saat itu, belum ada bocoran apapun mengenai tampilan robot maupun cerita yang disajikan.

Waktu berlalu, dan akhirnya desain awal dari para robot dipamerkan.

Fans tetap berteriak. Sayang, teriakan tersebut malah teriakan penuh duka dan rasa kesal. Salah satu dosa adaptasi Transformers yang terbesar memang pengubahan secara total desain-desain robot yang selama ini sudah melekat di hati para fans.

6 Dosa Adaptasi Transformers Versi Michael Bay!

Tidak ada lagi robot warna-warni dengan desain nyeleneh. Yang ada hanya kumpulan robot dengan desain yang terlalu kompleks, ribet, dan tidak jelas. Tapi ya, biar adil, adaptasi ini kan juga memang untuk penonton umum, bukan hanya fansnya. Mungkin desain lamanya dianggap tidak hip.


Meskipun dulu dianggap dosa adaptasi Transformers terbesar, sekarang akhirnya penonton juga sudah tidak peduli dengan desainnya. Kenapa? Karena ada dosa yang lebih tidak bisa dimaafkan di halaman berikutnya.

[page_break no="4" title="Rencana Optimus yang Membahayakan manusia"]

6 Dosa Adaptasi Transformers Versi Michael Bay!

Dalam Dark of the Moon, para Autobot membuat sebuah rencana di mana mereka pura-pura hancur lebur karena pesawat ulang alik meledak. Setelah ledakan tersebut, pihak Decepticon menguasai dunia dan membunuh banyak manusia sebelum akhirnya Optimus kembali dan menyelamatkan Bumi dari para musuh.

Oleh beberapa orang, hal ini dianggap sebagai salah satu dosa adaptasi Transformers, karena harusnya Optimus tidak akan mengorbankan orang lain untuk mengalahkan para Decepticon. Yang ada juga dia akan mengorbankan diri.

Dan ngomong-ngomong soal Optimus...

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/06/09/optimus-berpindah-sisi/" title="Waduh, Optimus Prime Berpindah Sisi Jadi Musuh Manusia?"]

[page_break no="5" title="Optimus yang brutal"]

6 Dosa Adaptasi Transformers Versi Michael Bay!

Ketika fans sudah lelah menanggapi desain robot yang mereka nilai semrawut, bertambah lagi dosa adaptasi Transformers yang tidak bisa mereka maafkan sama sekali. Hal tersebut adalah sifat Optimus Prime yang amat sangat berbeda dari versi aslinya.

Mereka yang tumbuh besar dengan kartun Transformers tahu betul bahwa jika DC punya Superman dan Marvel punya Captain America. Nah, dalam Transformers, mereka punya Optimus Prime. Optimus adalah simbol harapan dan kasih sayang, serta bertarung demi kebebasan. Dia selalu mengingatkan bahwa gaya bertarung Autobot tidak boleh menjadi seperti Decepticon.

6 Dosa Adaptasi Transformers Versi Michael Bay!

Tapi nyatanya, lewat adaptasi Michael Bay Optimus semakin lama berubah menjadi semakin sadis. Dia tidak memiliki masalah mengorbankan orang banyak demi kemenangan, dan di Age of Extinction akhirnya ia membunuh manusia—meskipun bukan orang baik, membunuh tidak akan pernah terpikir oleh Optimus.

Selain Optimus, dosa adaptasi Transformers yang membuat fansnya berang juga ada di perbedaan karakter, dan kali ini datang dari...

[page_break no="6" title="Dinobots"]

6 Dosa Adaptasi Transformers Versi Michael Bay!

Dinobots adalah sekelompok robot yang sudah lebih dari 3 dekade menjadi favorit fans seri Transformers. Dan tentu saja, ada alasan untuk itu: karakter.

Dinobots dari kartun versi G1 bisa dibilang sebagai peliharaannya Autobots tapi versi keren. Cara mereka bicara juga seperti orang-orang goa yang tidak mengerti cara berbicara dengan bahasa manusia—terutama Grimlock dan frasanya terkenal seperti: “me Grimlock, not nice dino!” Coba lihat video ini dan katakan kalau kalian tidak tersenyum melihat Grimlock.

[youtube_embed id="ik3NoF-muDE"]

Dosa adaptasi Transformers garapan Michael Bay ini muncul dalam film keempat: Transformers: Age of Extinction di mana mereka memunculkan trailer yang ada Dinobotsnya.

6 Dosa Adaptasi Transformers Versi Michael Bay!

Tapi ternyata, ya... Dinobots cuma ada di bagian situ saja. Tidak ada komentar-komentar nyeleneh dari Grimlock dan kawan-kawan, meskipun memang desainnya cukup keren. Tapi apakah Dinobots yang kehilangan kepribadiannya adalah Dinobots yang baik?

[duniaku_adsense]

Nah, itu tadi adalah dosa adaptasi Transformers yang dinilai paling tidak bisa dimaafkan. Menurut kalian bagaimana? Apakah kalian justru lebih suka Transformers-nya Michael Bay?

Diedit oleh Snow


Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU